Anak Tetap Rajin Belajar Saat Puasa, Bagaimana Ya Cara Memotivasinya?

Anak Tetap Rajin Belajar Saat Puasa, Bagaimana Ya Cara Memotivasinya?

font size A Ǎ

Moms, pasti setuju kalau saat menjalani ibadah puasa, rasa lemas dan malas memang kerap kali menghampiri. Tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa saja – tapi, kondisi ini juga dialami oleh anak-anak tengah berpuasa. Tak bisa dipungkiri, Si Kecil malah sering malas belajar. Apalagi, proses belajar daring yang masih terus belangsung – wah, bisa-bisa ia juga gampang bosan!

Belum lagi, anak-anak yang masih berusia dini – terkadang, anak diusia tersebut tergolong lebih sulit untuk disuruh melakukan sesuatu hal. Jika diberitahu, alih-alih jadi rajin belajar – anak justru bisa semakin malas nih. Hal tersebut terjadi karena anak belum mengetahui apa sebenarnya manfaat dari belajar.

Nah, di sinilah peran orangtua, moms. Orangtua mesti memiliki berbagai cara untuk meningkatkan rajin belajar Si Kecil. Salah satunya, dengan memberi motivasi, serta bimbingan yang tepat sehingga ia merasa tidak dipaksa untuk belajar. Tapi, bagaimana cara melakukannya?

Berikut ini 5 tips untuk memotivasi anak agar rajin belajar, termasuk saat berpuasa. Simak ulasannya sampai habis ya!

 

 

Beri Dukungan Pada Anak

Anak Tetap Rajin Belajar Saat Puasa, Bagaimana Ya Cara Memotivasinya?

Credit Image - kumparan.com

Hal pertama yang bisa dilakukan orangtua, agar Si Kecil semakin rajin belajar meski sembari berpuasa – yaitu, memberinya dukungan penuh. Perlu diketahui, dukungan dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap pola pikir anak, lho.

Untuk itu, orangtua sangat perlu memberi dukungan terhadap anak dalam bentuk apapun – baik melalui perkataan, maupun perlakuan. Selain dapat meningkatkan rajin belajar anak – dengan diberi dukungan, anak pun merasa lebih disayang orang di sekitarnya.

 

Jelaskan Manfaat Belajar Juga Penting Lho!

Apakah moms sudah pernah melakukan cara yang satu ini? Kalau belum, kamu boleh mencobanya ya. Memberikan penjelasan mengenai manfaat belajar – ternyata dapat meningkatkan motivasi, sekaligus rasa semangat anak.

Misalnya, beri tahu anak kalau dengan rajin belajar – ia bisa menjadi seseorang yang penuh dengan wawasan penting, dan lain sebagainya. Jika anak sudah tahu manfaatnya, dijamin semangat belajarnya pun akan bertambah.

 

Luangkan Waktu Untuk Melakukan Hobi

Anak Tetap Rajin Belajar Saat Puasa, Bagaimana Ya Cara Memotivasinya?

Credit Image - orami.co.id

Memang, belajar itu penting – tapi melakukan kegiatan yang disukai juga tidak kalah pentingnya. Perlu diketahui, bahwa sekolah, les, dan pekerjaan rumah seringkali membuat anak merasa tertekan, bahkan ia menjadi malas belajar.

Nah, agar anak semakin termotivasi untuk rajin belajar, cobalah berikan ia waktu untuk melakukan hobinya. Karena, dengan keseimbangan antara hobi dan studi – dapat membuat keefektifan belajar semakin meningkat.

 

Jangan Lupa, Beri Anak Pujian

Agar Si Kecil semakin rajin belajar – orangtua juga bisa memberinya pujian, lho. Selain dalam bentuk kalimat, pujian pun bisa berupa hadiah. Tapi ingat, berikan ini hanya ketika anak berhasil belajar dengan baik ya!

Selain itu, hindari terlalu sering memberikan hadiah, apalagi jika tanpa adanya usaha untuk rajin belajar. Hal ini justru akan menyebabkan Si Kecil menjadi manja dan mudah merengek. Moms, pasti tidak ingin buah hatinya menjadi seperti ini, kan?

 

Hindari Fokus ke Nilai Saja

Anak Tetap Rajin Belajar Saat Puasa, Bagaimana Ya Cara Memotivasinya?

Credit Image - rencanamu.id

Tips yang satu ini masih sering diabaikan nih – ya, orangtua perlu tidak terlalu fokus terhadap nilai yang diperoleh anak dalam pelajaran. Ingatlah bahwa setiap anak itu berbeda. Masing-masing anak punya skill dan kecerdasan di bidang yang berbeda pula.

Jadi, hindari langsung memarahi dan menghakimi kalau saja si Kecil mendapatkan nilai yang jelek di suatu mata pelajaran ya. Sebab, bisa jadi ia kurang unggul dalam bidang tersebut – tetapi, justru lebih menguasai pelajaran lainnya.

Mungkin saja Si Kecil merasa berhitung merupakan hal yang sulit dilakukan, tapi kecerdasannya malah tinggi di bidang ilmu sosial. Misalnya, anak lebih suka belajar bahasa, geografi, maupun ekonomi.

 

Beri Multivitamin Untuk Optimalkan Proses Belajar Anak

Anak Tetap Rajin Belajar Saat Puasa, Bagaimana Ya Cara Memotivasinya?

Credit Image - mamapapa.id

Berkaitan dengan motivasi anak agar rajin belajar – tentu, orangtua juga perlu memberi dukungan berupa asupan nutrisi yang tepat. Sebab, hal ini juga berperan dalam tumbuh kembang Si Kecil, termasuk terkait kecerdasannya.

Untuk itu, moms perlu mengoptimalkannya dengan menyediakan asupan nutrisi yang tepat, seperti memberinya multivitamin khusus anak. Tapi, suplemen apa yang direkomendasikan?

kamu bisa berikan multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Nah, itulah kelima tips yang bisa dilakukan orangtua – untuk memotivasi anak agar rajin belajar. Apakah moms sudah menerapkan sejumlah kiat di atas? Selamat mencoba!

 

 

Featured Image - kumparan.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!