Terlalu lama menatap layar laptop atau gadget dalam waktu yang lama memang dapat menyebabkan mata menjadi lelah dan nyeri. Sepertinya, kondisi yang satu ini seringkali dialami – terutama bagimu yang masih menjalani work from home.

Apakah kamu mengalami hal serupa? Wah, perlu diwaspadai ya! Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan mata lebih sensitif, hingga terasa kurang nyaman. Dilansir dari Psychiatry Journal – mata lelah merupakan suatu gangguan di indera penglihatan yang disebabkan oleh menatap layar terus menerus dan tanpa istirahat.

Adapun berbagai ciri-ciri kelelahan mata, yaitu terasa nyeri, mata berair, penglihatan yang berbayang, serta kesulitan berkonsentrasi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Yuk, simak tipsnya berikut ini!

 

 

Hindari Menatap Layar Terlalu Dekat

Credit Image - tribunnews.com

Kunci utama untuk menghindari mata lelah, yaitu jarak penggunaan gadget. Pastikan kamu menerapkan jarak pandang dengan gadget yang masih berada dalam batas aman, yaitu sekitar 50-60 cm. Jika kurang atau terlalu jauh, mata akan mudah terasa lelah – sebab ada berada dalam posisi cembung dan cekung terus menerus.

Selain itu, pencahayaan dari layar juga mesti diperhatikan. Sebaiknya, atur cahaya layar gadget berada dalam tingkat yang nyaman. Hindari layar yang terlalu gelap – karena membuat mata lelah. Dan, layar terlalu terang – yang juga bisa menyilaukan mata.

 

Perhatikan Cahaya Ruangan Juga Penting

Selanjutnya, memperhatikan cahaya ruangan ketika menggunakan gadget juga penting diterapkan. Usahakan untuk tidak membuat cahaya terlalu terang – sebab, hal ini akan menyebabkan cahaya layar meredup, dan mata pun harus bekerja ekstra. Tapi, bukan berarti boleh bekerja di kegelapan juga, lho. Tetap sesuaikan dengan tingkat kenyamanan ya!

Dilansir dari Healthline, cahaya yang baik berasal dari bagian belakang tubuhmu, terlebih ketika melakukan aktivitas seperti membaca. Untuk itu, perhatikan cahaya yang datang dari depan – sehingga tidak terlalu terang.

 

Terapkan Metode 20-20-20

Credit Image - journal.sociolla.com

Salah satu metode yang sering digunakan untuk mencegah mata lelah, yaitu 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit kamu menatap layar – usahakan berhenti, lalu menatap ke arah lain sejauh 20 meter selama 20 detik. Jadi, 20 menit untuk 20 kaki selama 20 detik. Lakukan cara ini secra rutin untuk mencegah kelelahan mata.

Dalam menerapkan metode ini, kamu perlu memperhatikan ruangan kerja. Kemudian, kamu dapat duduk di posisi dekat jendela atau kursi, sehingga sewaktu-waktu dapat membuang pandangan ke arah lainnya – ketika ingin mengistirahatkan mata.

 

Selalu Jaga Kelembapan Ruangan

Tahukah kamu bahwa kelembapan ruangan juga berpengaruh pada kelelahan mata yang dialami? Kalau kamu terlalu lama menghabiskan waktu dalam ruangan yang lembap – maka maka juga bisa mudah lelah, lho. Udara yang terlalu panas atau dingin sangat tidak baik untuk kesehatan mata.

Untuk mengatasinya, kamu dapat gunakan humidifier atau pelembap udara – yang bisa ditemukan di pasaran. Selain mencegah mata lelah, benda tersebut juga bisa mencegah kulit terlalu kering. Intinya, sesuaikan suhu ruanganmu ya. Hindari terlalu ekstrem!

 

Sesuaikan Penggunaan Kacamata Atau Lensa Kontak

Credit Image - sayabelajar.id

Kalau kamu pengguna kacamata atau lensa kotak – dan mesti terus menatap layar, coba mintalah lensa yang dirancang khusus untuk mengurangi kelelahan pada mata, misalnya kacamata anti-radiasi. Tapi, sebelum membelinya – konsultasikan lensa tersebut ke dokter spesialis ya.

Lalu, jika kamu memiliki mata minus, plus, atau silinder pastikan pula ukurannya sesuai. Sebab, kacamata atau lensa kontak yang tidak sesuai dengan kondisi mata – dapat membuatnya semakin mudah lelah, lho.

 

Nah, itulah kelima tips yang bisa diterapkan untuk menghindari mata lelah. Yuk, terapkan sejumlah kiat tersebut – agar kesehatan mata tetap terjaga!

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - idntimes.com