Setiap orangtua pasti setuju kalau kesehatan anak merupakan prioritas, terutama di masa pandemi Covid-19. Mengingat, virus tersebut dapat menyerang siapa saja, termasuk Si Kecil – sehingga, perlindungan ekstra mesti diberikan. Seperti diketahui juga, virus hanya dapat dilawan oleh kekebalan tubuh yang kuat.

Dalam membantu meningkatkan imunitas, orangtua dapat menerapkan diet peningkat kekebalan – seperti menambah asupan makan buah dan sayur – yang tentu kaya akan vitamin dan mineral, sekaligus memberi sumber protein terbaik.

Selain membantu mencengah anak tertular virus, hal tersebut juga dapat membantu proses pemulihan lebih cepat – jika saja anak terinfeksi. Tetapi, apa saja sih makanan yang sebaiknya dikonsumsi dalam diet peningkat imunitas tersebut?

Simak informasinya di bawah ini ya, moms!

 

 

Berikan Anak Yogurt atau Kefir

Credit Image - hot.liputan6.com

Makanan pertama yang dapat diberikan pada anak – agar sistem imunitasnya senantiasa kuat dan optimal, yaitu yogurt maupun kefir. Kedua jenis makanan tersebut pun sebaiknya dijadikan bagian dari menu sehari-hari lho.

Dilansir dari guffnews.com, seorang Ahli Gizi Klinis di India Gate, bahkan merekomendasikan memberikan yogurt dan kefir pada anak – untuk meningkatkan sistem pencernaan, dan kekebalan tubuh. Agar lebih nikmat, moms bisa tambahkan satu sendok teh madu – yang juga punya banyak manfaat baik.

 

Biji Chia yang Disajikan Dengan Air Hangat

Selain buah dan sayuran, penting sekali untuk menambahkan biji-bijian ke dalam makanan Si Kecil lho. Ini termasuk biji chia – yang bisa dikonsumsi bersama air hangat di pagi hari. Biji chia baik untuk kesehatan anak, sebab mengandung asam lemak Omega 3, berlaku sebagai antioksidan, dan sumber serat.

Tak hanya dapat meningkatan kekebalan tubuh saja, lemak esensial dalam biji chia dapat membantu perkembangan otak, penglihatan, sekaligus meningkatkan konsentrasi anak. Untuk olahan yang lebih nikmat – tambahkan biji chia ke dalam susu, atau dijadikan sebagai puding ya!

 

Makanan Kaya Zinc Juga Direkomendasikan

Credit Image - timesofindia.indiatimes.com

Selanjutnya, makanan kaya akan kandungan zinc juga sangat direkomendasikan – untuk membantu meningkatkan imun tubuh Si Kecil, sekaligus membantu perlawanan tubuhnya terhadap peradangan akibat infeksi virus.

Menyertakan sumber zinc ke dalam makanan anak – penting dilakukan, sebab selain mampu meningkatkan kekebalan tubuh, zinc juga dapat membantu menghasilkan antibodi virus. Adapun makanan yang mengandung zinc, yaitu susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

 

Buah Tinggi Vitamin C: Jadi Asupan Penting Bagi Anak

Menyajikan kudapan kaya akan vitamin C, seperti buah – juga sangat penting bagi tubuh anak, terutama yang sedang menghadapi serangan virus. Sejumlah buah-buahan, seperti jeruk, lemon, stroberi, dan sayuran berdaun hijau merupakan sumber vitamin C yang baik, lho.

Dilansir dari guffnews.com, orangtua juga direkomendasikan memberi 3 buah kurma setiap hari. Sebab, buah ini diklaim juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil. Sajikan kurma dalam bentuk bar sehat – dengan mencampurkannya dengan selai kacang maupun biji chia.

Atau, moms juga bisa membuat camilan sehat, yang terdiri dari buah-buahan kaya vitamin C yang disajikan bersama oatmeal.

 

Sajian Sup Kaldu Sayur yang Mampu Tingkatkan Pertahanan Tubuh

Credit Image - sajiansedap.grid.id

Sup kaldu sayuran berisi brokoli, seledri, kembang kol, zucchini, wortel, serta bawang merah dan bawang putih – juga bisa dijadikan sebagai sajikan yang mampu membantu meningkatkan pertahanan tubuh anak terhadap infeksi virus.

Moms, dapat sajikan menu yang satu ini dengan nasi, kacang-kacangan, atau beras merah kecambah – yang memiliki nilai gizi tinggi, mudah dimasak, dan mampu menambah napsu makan anak lho. Apakah kamu tertarik menyajikan menu ini pada anak?

 

Optimalkan Perlindungan Tubuh Anak, Beri Ia Asupan Multivitamin

Untuk memaksimalkan perlindungan tubuh Si Kecil terhadap virus – selain memberinya sejumlah makanan di atas, pastikan moms juga melengkapinya dengan multivitamin yang dapat bantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Adapun multivitamin yang direkomendasikan, yaitu Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut sudah pasti dapat membantu menjaga imun tubuh anak, bantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, memelihara kesehatan anak selama masa pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, dan bantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

 

Nah, itulah kelima jenis makanan yang dapat menjaga sekaligus membantu kekebalan tubuh Si Kecil dalam melawan infeksi virus. Yuk, berikan sumber makanan di atas – lalu, optimalkan dengan asupan multivitamin sehingga kesehatan anak makin terjaga!

 

 

Featured Image - friutsnflowers.wordpress.com

Source - popmama.com