5 Tips Ampuh Tingkatkan Fokus Kerja Selama Berpuasa

5 Tips Ampuh Tingkatkan Fokus Kerja Selama Berpuasa

font size A Ǎ

Apakah kamu sering susah fokus bekerja, terutama selama menjalani ibadah puasa? Wah, sepertinya hal yang satu ini kerap dialami – apalagi, jika harus bekerja di rumah alias work from home. Tapi ingat, berpuasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan ya.

Banyak orang yang lebih senang memilih untuk berleha-leha selama berpuasa – padahal, hal ini justru membuat diri makin tidak produktif, lho. Selain itu, pekerjaan pun jadi terbengkalai, bahkan menumpuk akibat kamu terlalu malas mengerjakannya. Jadi, yuk, atasi rasa malas – dan tetap fokus bekerja!

Jika kamu merasa kesulitan fokus bekerja selama berpuasa, mengingat kurangnya asupan minum dan makanan – terutama di siang hari. Nah, kali ini Enervon sudah menyediakan sejumlah tips untuk bantu mengatasinya.

Apa saja ya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

 

 

1. Cobalah Untuk Kerja Sepagi Mungkin

5 Tips Ampuh Tingkatkan Fokus Kerja Selama Berpuasa

Credit Image - achematlistrik.id

Selama berpuasa, coba untuk mengerjakan sebagian besar dari pekerjaanmu sepagi mungkin. Kalau biasanya kamu mulai bekerja pukul 9-10 pagi – di bulan Ramadhan ini, sebaiknya bekerja lebih pagi lagi, atau jika memungkinkan mulailah kerja usai melaksanakan shalat Subuh.

Di pagi hari, pikiran dan badan cenderung lebih segar, terutama sesudah makan. Untuk itu, jangan ragu mengubah jadwal kerja menjadi sepagi mungkin – sehingga kamu tetap produktif bekerja. Selain itu, kerja lebih pagi juga bisa mengurangi distraksi, lho – sebab di waktu tersebut orang-orang akan kembali tidur.

Jika sudah menyelesaikan pekerjaan di pagi hari, maka kamu bisa bekerja lebih santai lagi di siang hari, sembari menunggu waktu berbuka puasa. Terdengar lebih efisien, kan?

 

2. Minum Air Putih yang Cukup Saat Sahur dan Berbuka

Ingat, berpuasa bukanlah alasan untuk tidak cukup minum air putih, lho. Hal ini bisa menghindari dehidrasi, sekaligus membantu menjaga tingkat konsentrasi. Cukup kadar minum harian di waktu sathur dan berbuka ya.

Konsumsi air yang cukup memang dapat membantu kinerja otak semakin maksimal – karena, sirkulasi darah pun ikut lancar. Selain itu, cukup minum saat sahur – juga membuatmu cukup segar selama menjalani aktivitas. Jadi, tidak akan kebayang-bayang rasa haus deh!

 

3. Hindari Membicarakan Makanan

5 Tips Ampuh Tingkatkan Fokus Kerja Selama Berpuasa

Credit Image - asiasociety.org

Siapa di sini yang suka membicarakan soal makanan – apalagi di siang hari? Memang sih, obrolan yang satu ini kerap kali muncul. Karena, terkadang di benakmu memikirkan makanan apa saja yang ingin dikonsumsi saat berbuka nanti. Nah, pemikiran dan pembicaraan soal makanan inilah yang malah bikin sulit fokus kerja.

Sebaiknya, pikirkan saja hal-hal yang menyenangkan – selain makanan. Atau fokus terhadap pekerjaan saja. Ingatlah bahwa ada tugas yang perlu diselesaikan, pikirkan gaji, dan THR yang akan segera datang. Lebih menyenangkan, ya?

 

4. Berhenti Lihat Jam Terus-Menerus!

Terlalu sering melihat jam juga dapat mengganggu konsentrasi saat bekerja, lho. Mengurangi sejumlah gangguan yang tidak penting – memang harus dilakukan, sehingga pekerjaan pun lebih mudah diselesaikan. Jadi, cobalah untuk tidak terobsesi dengan menghitung kapan waktu berbuka akan tiba.

Selain itu, terlalu sering bermain sosial media juga perlu dihindari. Sebab, waktu akan habis dengan kegiatan yang kurang penting. Akhirnya, waktu berbuka sudah tiba – tapi pekerjaan masih menumpuk. Kamu tak mau kan kalau buka puasa sembari dikejar deadline?

 

5. Konsumsi Multivitamin Untuk Menjaga Stamina Tubuh

5 Tips Ampuh Tingkatkan Fokus Kerja Selama Berpuasa

Credit Image - vitafoodsinsights.com

Nah, selama berpuasa kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin – yang berperan untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lemas. Dengan demikian, pikiran tetap fokus dan pekerjaan pun dapat terselesaikan secara maksimal.

Adapun multivitamin yang dianjurkan, yaitu Enervon Active – mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu – sehingga tak gampang terserang penyakit.

Kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon Active dapat bantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi – bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak heran kalau kamu makin produktif selama bulan puasa ini!

 

Jadi, tunggu apa lagi? Biar tetap fokus selama bekerja di bulan puasa – yuk, terapkan sejumlah tips di atas. Selamat mencoba, Enervoners!

 

 

Featured Image - honestdocs.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!