Mengatur Jam Kerja yang Tepat Bikin Makin Produktif, Ini 5 Caranya!

Mengatur Jam Kerja yang Tepat Bikin Makin Produktif, Ini 5 Caranya!

font size A Ǎ

Siapa di sini yang kesulitan dalam mengatur jam kerja, sehingga sering kurang produktif? Wah, hal yang satu ini sepertinya kerap menjadi permasalahan banyak orang, terutama para pekerja ya. Seperti diketahui, produktivitas acapkali terhambat akibat pengaturan jam kerja yang buruk.

Padahal, manajemen waktu sangat diperlukan, sehingga kerja dapat lebih efektif dan efisien. Jadi, jangan sampai kerja kerasmu selama ini tidak berbuah hasil maksimal – hanya karena terhalang produktivitas, terutama karena kurang mampu mengatur jam kerja. Ingat, kerja keras mesti diimbangi dengan kerja cerdas, lho.

Selain soal mengatur jam kerja, ada berbagai hal lain yang bisa menghambat produktivitasmu, misalnya konsentrasi yang gampang terganggu, kondisi fisik kurang fit, maupun asupan makanan dan minum yang tidak tepat. Berbagai faktor tersebut – ternyata punya andil besar dalam rutinitas harianmu.

Lalu, bagaimana cara tepat untuk mengatur jam kerja, sehingga produktivitas pun tetap maksimal? Tanpa perlu berlama-lama, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Multitasking: Kebiasaan yang Perlu Dihindari

Mengatur Jam Kerja yang Tepat Bikin Makin Produktif, Ini 5 Caranya!

Credit Image - klikdokter.com

Langkah pertama untuk memiliki manajemen waktu yang baik, yaitu hindari kebiasaan multitasking. Memang, hal tersebut sering dianggap dapat membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Tapi sayangnya, anggapan itu salah besar! Nyatanya, multitasking hanya akan menghambat produktivitas, sekaligus mengganggu jam kerja, lho.

Mengacu pada New York Times, multitasking dinyatakan sebagai suatu hal yang mustahil dalam menjaga produktivitas. Mengapa demikian? Multitasking sangat tidak efektif, karena kemampuan memori otak manusia terbatas. Selain itu, cara kerja tersebut cenderung membatasi kreativitas dan memperbesar terjadinya kesalahan.

Jadi, untuk memiliki jam kerja yang maksimal – ada baiknya kamu hindari melakukan multitasking. Disarankan agar mengerjakan tugas yang berat terlebih dahulu, barulah beralih ke pekerjaan yang lainnya.

 

Terapkan Metode Two Minute Rule

Apakah kamu sudah pernah mendengar metode yang satu ini? Ya, two minute rule merupakan salah satu metode yang diklaim mampu meningkatkan produktivitas, sekaligus membantumu memiliki jam kerja yang baik, lho.

Dilansir dari Forbes, metode two minute role mengajak kamu untuk memulai pekerjaan dengan dua menit efektif. Artinya, kalau kamu bisa mengerjakan pekerjaan dalam dua menit atau kurang – segera lakukan. Ini bukan berarti boleh terburu-buru dan wajib selesai dalam 120 menit. Melainkan, terbiasa untuk memulai pekerjaan secara taktis, tanpa distraksi, dan menunda.

Wah, metode yang satu ini sepertinya patut dicoba ya!

 

Batasi Waktu Bekerja Bisa Tambah Produktivitas, Masa Sih?

Mengatur Jam Kerja yang Tepat Bikin Makin Produktif, Ini 5 Caranya!

Credit Image - sleekr.co

Membatasi waktu kerja, ternyata juga berperan dalam meningkatkan produktivitas – sekaligus membantumu memiliki jam kerja yang baik, lho. Masa sih? Bagaimana bisa? Berdasarkan penelitian dari Florida State University – diungkapkan bahwa sejumlah pekerja bisa berlatih maksimal dalam waktu 90 menit.

Nah, hal tersebut dapat kamu tiru dengan membatasi waktu kerja, selingi dengan berbagai aktivitas lainnya usai bekerja selama 90 menit. Jangan sampai merasa stres, akibat tidak memberi tubuh dan otak istirahat ya. Sebab, terlalu memaksakan bekerja – justru bisa mengambat produktivitas!

 

Konsumsi Makanan dan Camilan Sehat

Selain mengatasi perut yang keroncongan, makanan termasuk camilan memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas – yang tentunya akan berdampak baik pada jam kerja ya. Beberapa orang menjadikan camilan sebagai teman bekerja untuk mengurangi rasa ngantuk.

Hal ini tidak salah kok, asalkan kamu memilih camilan yang bernutrisi, seperti buah, kacang sangrai atau rebus, hingga berbagai camilan sehat lainnya. Jadi, jangan mementingkan asal kenyang saja – tapi, asupannya harus diperhatikan agar tidak berdampak buruk pada kesehatan.

Camilan yang sehat dapat meningkatkan konsentrasi dalam bekerja, sehingga kamu tidak mudah mengantuk dan lesu. Nah, karena saat ini sedang bulan puasa – jadi, sebaiknya konsumsi menu sahur yang sehat, sehingga aktivitas harianmu tidak terganggu ya.

 

Lengkapi Dengan Konsumsi Multivitamin

Mengatur Jam Kerja yang Tepat Bikin Makin Produktif, Ini 5 Caranya!

Credit Image - truelemon.com

Kamu pasti tahu bahwa mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap – dapat bantu memenuhi kebutuhan vitamin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, tapi multivitamin, terutama yang mengandung Vitamin B Kompleks – juga berfungsi untuk menjaga stamina tubuh, lho.

Tapi, multivitamin seperti apa sih yang direkomendasikan? Kamu disarankan mengonsumsi Enervon Active – pilihan tepat untuk temani aktivitas padat!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kamu dapat konsumsi Enervon Active dua kali sehari – tanpa perlu khawatir perut menjadi sensitif ya. Sebab, kandungan non-acidic Vitamin C aman dan terasa nyaman di lambung!

 

Nah, itulah kelima tips yang bisa kamu terapkan untuk bantu mengatur jam kerja – sehingga produktivitas pun terjaga. Yuk, coba ikuti berbagai kiat di atas, agar kamu semakin aktif. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image - alvawater.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!