Setiap pekerja tentu ingin memiliki hubungan kerja yang baik dengan rekan, maupun atasannya. Ya, dalam menyelesaikan tugas, sudah pasti membutuhkan kerja sama yang baik – termasuk antar anggota tim. Apakah kamu setuju?

Jika sudah punya hubungan kerja yang baik, tujuan yang sudah ditetapkan pun dapat dicapai secara maksimal. Hal ini juga akan berpengaruh pada kesuksesan, sekaligus menguntungkan pihak karyawan dan perusahaan ya.

Meski demikian, memiliki hubungan kerja yang baik dengan rekan kerja bukanlah hal yang mudah, lho. Mengingat, setiap orang punya cara pikir yang berbeda. Tapi, yang perlu diketahui, memiliki komunikasi yang baik di kantor punya andil penting dalam perkembangan karir ke depannya, lho.

Membangun hubungan kerja yang nyaman dan baik – juga sangat diperlukan, terutama bagimu yang lebih sering menghabiskan waktu di kantor, daripada di rumah. Lalu, apa saja sih yang perlu dilakukan – sehingga kehidupan di kantor lebih lancar dan kamu semakin betah?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Tetap Rendah Hati: Kunci Utama Bangun Hubungan Kerja Baik

Credit Image - futuready.com

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan, yaitu tetap rendah hati ke semua rekan kerja. Poin yang satu ini merupakan kunci utama dalam membangun hubungan kerja yang baik, lho. Ingatlah bahwa tidak ada orang yang mau bekerja dengan seseorang yang sombong!

Kalau kamu bertingkah sombong, rekan kerja sudah pasti enggan bekerja denganmu ya? Untuk itu, sangat penting membuat orang-orang di sekitar merasa lebih nyaman. Selain itu, jangan lupa selalu mengucapkan terima kasih kepada rekan kerja yang membantumu, terutama dalam urusan pekerjaan.

Sejumlah hal tersebut merupakan kesempatan terbaik untuk membangun hubungan kerja positif dan saling menguntungkan.

 

Jujur dan Transparan, Meski Sulit Tapi Harus Dilakukan

Credit Image - careerlink.com

Kalau kamu sudah bekerja cukup lama di sebuah perusahaan – kemungkinan sudah tahu soal baik dan buruknya interaksi dengan rekan-rekan kerja, maupun atasan. Bisa jadi, ada beberapa kesalahan yang pernah kamu lakukan, sehingga hubungan kerja pun renggang atau kurang hangat.

Untuk itu, kamu mesti bisa memperbaiki hubungan tersebut. akui kesalahan yang pernah dilakukan dan bertanggung jawab. Hindari menghalihkannya – dan justru menyalahkan orang lain ya. Tidak ada kata terlambat untuk meminta maaf lho, walapun kejadiannya sudah cukup lama.

 

Miliki Ekspektasi yang Jelas

Credit Image - halodoc.com

Ketika membangun hubungan kerja, kamu juga mesti punya goal dan ekspektasi yang jelas serta spesifik. Misalnya, bagi manajer yang mencari cara untuk meningkatkan budaya perusahaan – bisa mengambil langkah-langkah kecil, tapi hindari mengharapkan hasil yang terlalu tinggi.

Pastikan tim kerja sudah memahami – hal apa yang kamu harapkan dari mereka. Semakin jelas pemahaman, maka semakin percaya diri pula rekan kerjamu dalam memberikan apa yang diminta. Sebaliknya, jika ekspektasi kurang jelas, maka mereka tidak dapat instruksi yang jelas untuk membantu mencapai keberhasilan.

 

Ingatlah, Setiap Individu Pasti Berbeda

Credit Image - idntimes.com

Sekarang ini, berusaha untuk membangun hubungan kerja yang hangat – terkadang bisa menjadi tantangan, atau bahkan hal yang mengintimidasi. Karena, terkadang kamu masih sulit mengetahui apa yang pantas disampaikan – dan tindakan apa yang perlu dilakukan.

Tapi, aturan umumnya adalah selalu terapkan rasa hormat dan peduli kepada setiap orang – serta melihat mereka sebagai individu, bukan sekedar rekan kerja. Pahamilah bahwa setiap orang punya latar belakang dan pengalaman berbeda. Jadi, tetap hormati setiap perbedaan yang ada ya!

 

Nah, itulah keempat tips yang bisa diterapkan untuk memiliki hubungan kerja yang nyaman dan baik. Apakah kamu sudah mulai menerapkan sejumlah cara tersebut?

 

 

Featured Image - glints.com