5 Langkah Kembangkan Minat dan Bakat Si Kecil Sejak Usia Dini

5 Langkah Kembangkan Minat dan Bakat Si Kecil Sejak Usia Dini

font size A Ǎ

Setiap orangtua pasti setuju kalau minat dan bakat Si Kecil mesti dikembangkan sejak ia berusia dini. Tapi, agar hal tersebut dapat dicapai secara maksimal – moms juga perlu melakukan sejumlah langkah tepat untuk mendukungnya ya. Apakah kamu sudah mulai menerapkan berbagai cara, agar minat dan bakat anak semakin berkembang?

Perkembangan minat dan bakat anak biasanya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, lho – termasuk adanya motivasi dan dukungan dari lingkungan sekitarnya. Jika diterapkan secara konsisten, perkembangan Si Kecil pun bakal makin terasah, bahkan hingga ia beranjak dewasa.

Sebagai langkah awal minat dan bakat – sudah pasti orangtua punya andil yang besar dalam hal tersebut. Lantas, apa saja sih berbagai langkah dan upaya yang perlu ditempuh tiap orangtua – untuk bantu mengembangkan minat dan bakat anak?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

 

Berusaha Menerima Bakat Si Kecil Ya, Moms

5 Langkah Kembangkan Minat dan Bakat Si Kecil Sejak Usia Dini

Credit Image - ibudanbalita.com

Ketika anak mengatakan “ini bakat aku” – maka hal terbaik yang bisa dilakukan orangtua, yaitu menerima dan mendukungnya. Meskipun bakat yang ia miliki tidak sesuai dengan yang kamu inginkan – tapi hindari malah memojokkan Si Kecil ya, tetap berikan terbaik untuknya.

Jangan sampai moms juga menolak, serta merasa minat dan bakat anak hanya akan membuang-buang waktu saja. Hal tersebut dapat membuat ia merasa tertekan, lho. Selain itu, anak merasa tidak menikmati, ketika ia harus mengerjakan sesuatu – hanya untuk menuruti keinginan orangtuanya.

Jika dibiarkan lama waktu lama, bisa saja Si Kecil memberotak, karena merasa tidak ingin di atur. Jadi, sebagai orangtua, kamu seharusnya dapat memberikan kesempatan agar anak dapat mengasah minat dan bakatnya ya – asalkan masih di jalur yang positif.

 

Berikan Fasilitas yang Sesuai

Mendukung minat dan bakat dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk memberi anak fasilitas yang tepat dan memadai. Tanpa disadari, ketika orangtua sudah memberikan dukungan berupa fasilitas – anak pun akan semakin yakin dan bersemangat dalam meningkatkan bakatnya tersebut.

Misalnya, jika Si Kecil gemar menggambar – kamu dapat membelikannya media gambar, seperti kanvas. Selain mendukung, anak juga dapat mengeksplor kemampuannya sendiri, sehingga mampu berkembang lebih baik lagi.

Selain itu, moms juga bisa memasukan anak ke dalam sanggar seni – atau menyediakan pengajar agar anak semakin terdorong untuk menekuni keahliannya, lho!

 

Sadari Kemampuan Non-Kognitif Anak

5 Langkah Kembangkan Minat dan Bakat Si Kecil Sejak Usia Dini

Credit Image - tiniwinibiti.id

Perlu diketahui, memaksimalkan minat dan bakat anak bukan hanya menyangkut akademis saja – tetapi ada kemampuan lainnya yang perlu dikembangkan. Apa sih kemampuan tersebut? Nah, yang satu ini dikenal juga sebagai non-kognitif – yang perlu sesekali diasah, karena bisa menjadi bekal untuk perkembangan anak, hingga ia dewasa nanti.

Kemampuan non-kognitif meliputi ketekunan, pantang menyerah, bersemangat, hingga kemampuannya untuk bangkit dari kegagalan. Sejumlah keahlian ini tidak dapat diukur dari berbagai jenis tes IQ ya, moms.

Ingat, mengembangkan minat dan bakat tidak boleh hanya terpaku dengan hasil ujian saja, tapi dari proses pembentukan karakter Si Kecil sejak dini.

 

Sesekali Ajak Anak ke Acara Minat dan Bakat

Selain sejumlah cara di atas, orangtua juga boleh lho sesekali mengajak Si Kecil pergi ke sebuah acara minat dan bakat. Alternatif yang satu ini – menjadi salah satu cara yang patut dicoba. Tapi, selama pandemi Covid-19 – ketika kamu mengajak anak pergi, pastikan sudah menerapkan protokol kesehatan yang tepat ya.

Dengan melihat berbagai aktivitas, anak akan terpacu dalam mengasah kembali bakatnya. Tanpa disadari, ia juga akan mendapatkan berbagai pelajaran baru – hanya dengan datang ke sebuah acara minat dan bakat.

 

Dukung Dengan Penuhi Kebutuhan Nutrisinya

5 Langkah Kembangkan Minat dan Bakat Si Kecil Sejak Usia Dini

Credit Image - nakita.grid.id

Memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil – juga berperan besar dalam mengembangkan minat dan bakatnya, lho. Sebab, hal tersebut juga berperan dalam tumbuh kembang anak, termasuk terkait kecerdasannya dalam berbagai bidang.

Untuk itu, moms perlu mengoptimalkannya dengan menyediakan asupan nutrisi yang tepat. Tak hanya dengan menyajikan menu makanan bergizi, kebutuhan nutrisi juga bisa diperoleh dengan memberi Si Kecil multivitamin. Tapi, suplemen apa yang direkomendasikan?

Moms bisa berikan multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Wah, bagaimana nih? Ternyata membantu mengembangkan minat dan bakat Si Kecil – bukan perkara sulit ya. Jadi, apakah moms sudah mulai menerapkan sejumlah cara untuk dukung perkembangan bakat anak?

 

 

Featured Image - sompokini.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!