Belum lama ini, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan adanya kasus dugaan alat tes swab Antigen bekas pakai di Bandara Kualanamu. Tentu saja, masalah tersebut menyita perhatian publik, mengingat banyaknya yang melakukan tes Antigen – sebagai langkah screening Covid-19. Sungguh mengejutkan, ya?

Kasus tersebut diawali dengan Polda Sumatera Utara yang mendapatkan informasi terkait banyak keluhan calon penumpang – yang hasil tesnya positif. Alat tes yang seharusnya digunakan untuk memastikan keamanan masyarakat – malah berubah menjadi ancaman. Bahkan, kasus tersebut bisa menyebabkan banyak orang justru takut untuk melakukan tes Covid-19.

Dilansir dari CNN Indonesia – tes swab seharusnya melibatkan tiga komponen, yaitu petugas tes swab, alat tes, dan orang yang akan dites. Untuk orang yang akan dites – tidak memiliki persyaratan khusus. Sedangkan, dua komponen lainnya mesti memenuhi standar.

Adapun standar bagi orang yang akan melakukan pemeriksaan alias petugas – harus sudah memiliki sertifikasi dan terlatih. Kemudian, ada pula standar bagi alat tes – yang mesti diperhatikan secara seksama oleh masyarakat.

Lalu, apa saja sih hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tes swab yang aman dan memenuhi standar? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Pertama, Pastikan Kamu Tes di Tempat Terpercaya

Credit Image - halodoc.com

Hal pertama yang wajib kamu perhatikan, yaitu pastikan melakukan tes di laboratorium terpercaya – atau fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit yang menyediakan layanan tersebut. Mengapa tes sebaiknya dilakukan di kedua tempat itu? Sebab, di sini alat tes masih terkontrol – atau diawasi, mulai dari penyediaan, penggunaan, hingga pembuangannya.

Berkaca dari kasus di Bandara Kualanamu, alat tes mungkin sudah memenuhi standar – tapi sayangnya, ada ‘oknum’ nakal yang memanfaatkan alat tes bekas. Nah, di laboratorium maupun rumah sakit – hal tersebut bisa dihindari. Sebab, ada prosedur pembuangan sampak infeksius dan tidak berpotensi didaur ulang.

 

Kedua, Cek Alat yang Akan Digunakan

Credit Image - saccounty.net

Tips berikutnya yang juga tidak boleh dilewatkan, yaitu pastikan kamu sudah mengecek alat tes swab yang akan digunakan. Periksa kembali apakah alat tersebut masih dalam kondisi tersegel. Agar lebih yakin – kamu dapat meminta petugas untuk memperlihatkan alat tes lho, ini sangat tidak masalah kok!

Kalau alat tes swab bisa dipastikan baru dan masih disegel, kamu pun merasa lebih aman untuk melakukan tes Covid-19 tersebut, kan? Jadi, jangan lupa untuk menerapkan poin yang satu ini – ketika akan melalukan swab Antigen maupun PCR ya.

 

Nah, itulah kedua hal yang wajib kamu perhatikan – terutama dalam memilih tes swab yang aman dan memenuhi standar.

Selama pandemi Covid-19, pastikan kamu dan anggota keluarga terus menerapkan langkah pencegahan secara ketat, sehingga risiko infeksi virus dapat diminimalisir. Stay safe and Healthy, Enervoners!

 

 

Featured Image - voi.id

Source - cnnindonesia.com