Posisi Duduk yang Salah Saat Kerja Bisa Rusak Postur Tubuh Lho, Kok Bisa?

Posisi Duduk yang Salah Saat Kerja Bisa Rusak Postur Tubuh Lho, Kok Bisa?

font size A Ǎ

Tahukah kamu bahwa ketika bekerja seringkali tidak disadari bahwa kamu berada dalam posisi duduk yang salah? Ya, kebiasaan yang satu ini kerap dilakukan para pekerja – mungkin termasuk kamu, lho. Hati-hati, jika dilakukan dalam jangka panjang, hal tersebut dapat merusak postur tubuh!

Ketika kamu menerapkan posisi duduk yang salah – ada berbagai masalah kesehatan yang dapat dialami, salah satu tandanya, yaitu sering nyeri sendi. Apakah kamu mengalami kondisi serupa? Perlu diketahui, posisi duduk perlu melibatkan penyesuaian jarak antara tubuh dengan komputer.

Posisi duduk yang salah biasanya tidak memperhatikan faktor jarak yang tepat. Atau, bisa juga pengaturan posisi kursi dan meja yang kurang seimbang – serta, posisi kepala dan mata ketika melihat layar yang tidak tepat.

Jika kamu sering menerapkan posisi duduk yang salah – hal ini mesti segera diperbaiki! Sebab, ada berbagai efek buruk yang bisa ditimbulkan, jika kebiasaan tersebut terus menerus dilakukan – termasuk merusak postur tubuh, lho.

Lebih lanjut mengenai dampak buruk dari menerapkan posisi duduk yang salah, berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Dapat Mengubah Postur Tulang Belakang

Posisi Duduk yang Salah Saat Kerja Bisa Rusak Postur Tubuh Lho, Kok Bisa?

Credit Image - honestdocs.id

Posisi duduk yang salah dapat berakibat fatal terhadap postur tulang belakang – apalagi, jika kamu melakukan kebiasaan tersebut dalam waktu yang cukup lama, misalnya bertahun-tahun. Bukan tidak mungkin, perubahan postur tulang akan dialami.

Hal tersebut akan membuat tulang belakang mendapat banyak tekanan dan bisa menjadi bungkuk. Jika kondisi ini terjadi – maka perubahan postur tubuh yang buruk juga dapat menimbulkan rasa sakit jangka panjang. Wah, mesti diwaspadai ya!

 

Mudah Lelah? Bisa Jadi Dipicu Oleh Posisi Duduk yang Salah

Posisi duduk yang salah juga dapat menyebabkan badan mudah merasa kelelahan dan pegal. Hal ini biasanya termasuk gejala yang paling umum terjadi – dari menerapkan posisi duduk yang tidak tepat. Nah, coba perhatikan kembali, kalau kamu sedang gampang lelah – bisa jadi akibat posisi duduk yang buruk saat bekerja, lho.

Untuk mencegahnya, kamu dapat mengurangi durasi duduk dan memperbanyak bergerak. Atau, kamu juga dapat mencoba berdiri – misalnya, ketika harus menerima telepon. Selain itu, bisa juga atur posisi berdiri sekian jam sekali ketika bekerja.

 

Menyebabkan Rasa Tidak Nyaman dan Stres

Posisi Duduk yang Salah Saat Kerja Bisa Rusak Postur Tubuh Lho, Kok Bisa?

Credit Image - halodoc.com

Ternyata, menerapkan posisi duduk yang salah – terutama dalam durasi waktu yang lama juga bisa menimbulkan rasa stres, yang diawali dengan ketidaknyamanan! Meski terlihat sepele, tapi kamu juga wajib memperhatikannya ya.

Posisi duduk yang salah dapat menyebabkan pernapasan menjadi buruk. Lantas, bagaimana kalau hal tersebut terjadi? Tentu saja sistem saraf akan ikut terpengaruhi. Inilah yang membuat kondisi sangat tidak nyaman – dan akhirnya meningkatkan stres.

 

Sistem Pencernaan Ikut Terganggu

Akibat dari posisi duduk yang salah – dan diterapkan dalam waktu lama, juga bisa menyebabkan gangguan pada organ pencernaan, lho. Dampak buruk yang satu ini mungkin masih jarang diketahui banyak orang ya.

Tetapi, hal tersebut memang benar adanya. Duduk dalam posisi yang tidak tepat dapat menjadi penyebab organ pencernaan terganggu – salah satunya fungsi kerja pencernaan menjadi kurang efisien. Kalau kondisi ini dialami dalam waktu lama, bisa menimbulkan masalah sembelit dan ketidaknyamanan saat buang air besar.

 

Lalu, Bagaimana Cara Menghindari Kebiasaan Ini?

Posisi Duduk yang Salah Saat Kerja Bisa Rusak Postur Tubuh Lho, Kok Bisa?

Credit Image - fk.unair.ac.id

Usai mengetahui dampak buruk dari menerapkan posisi duduk yang salah – sekarang, sudah saatnya kamu menghindari kebiasaan tersebut! Dilansir dari Medical News Today, berikut ini cara yang bisa diterapkan untuk menghindari posisi duduk tersebut.

  • Layar komputer lurus dengan pandangan mata

    Pertama, pastikan pandangan mata sudah lurus dengan layar komputer. Selain lurus – kepala juga tidak boleh menunduk, menengadah, atau memandang terlalu dekat ya. Karena, ketika posisi kepala kurang tepat – maka leher bisa mudah pegal.
  • Gunakan kursi yang sesuai

    Faktor kursi juga ikut mempengaruhi, lho. Kamu disarankan menggunakan kursi yang nyaman dan benar ketika bekerja. Selain itu, bisa juga pilih kursi dengan sandaran punggung – sehingga kegiatan bekerja bisa lebih nyaman.
  • Atur jarak duduk

    Penting untuk mengupayakan posisi duduk yang tepat ketika bekerja – mengingat, kamu akan duduk dalam waktu yang cukup lama. Jika tidak, efek buruk bagi kesehatan dan postur tubuh dapat dialami.
  • Jangan duduk terlalu lama!

    Duduk dalam durasi terlalu lama juga sangat tidak disarankan. Setidaknya beri jeda untuk berdiri setiap satu jam sekali saat bekerja – atau, bisa diselengi dengan kegiatan lainnya yang memerlukan pergerakan tubuh. Selain itu, dapat lakukan peregangan juga ya.

 

Wah, itulah berbagai dampak buruk yang bisa dialami – jika kamu menerapkan posisi duduk yang salah. Apakah kamu punya kebiasaan serupa? Yuk, jangan anggap sepele masalah ini! Segera atasi agar sejumlah masalah kesehatan dapat dihindari.

 

 

Featured Image - ciputramedicalcenter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!