Moms, faktanya memberi apresiasi terhadap Si Kecil punya peranan penting, terutama dalam proses tumbuh kembangnya. Apakah kamu sudah mengetahui hal ini? Dengan memberi penghargaan terhadap usaha yang dilakukan anak – maka ia merasa dirinya lebih dihargai, bahkan mampu memicu peningkatan rasa peduli dalam dirinya.

Memang, apresiasi merupakan sebuah proses penilaian – atau disebut juga sebagai penghargaan positif yang dilakukan oleh seseorang terhadap sesuatu hal. Dilansir dari Popmama – prinsip terdalam sifat manusia, yaitu memiliki keinginan untuk dihargai atas kontribusi dan pencapaiannya, lho.

Begitu pula dengan anak, yang tentu ingin diberi apresiasi atas segala tindakan baik yang dilakukannya. Tentu saja, hal tersebut pun dapat mendatangkan berbagai manfaat baik – termasuk yang terkait dengan perkembangan Si Kecil.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa diperoleh dengan sering memberi apresiasi pada anak? Berikut ini lima di antaranya.

 

 

Beri Apresiasi: Bisa Motivasi Semangat Belajar Anak

Credit Image - banksinarmas.com

Kalau moms selalu meluangkan waktu untuk memberikan apresiasi kepada anak – maka hal ini dapat bantu meningkatkan rasa semangat dan hasratnya dalam belajar, lho. Sebuah apresiasi dipercaya bisa membangun kepercayaan diri, sehingga anak mau belajar lebih keras lagi.

Pastinya, setiap anak menginginkan sedikit apresiasi dalam hidup. Tentu Si Kecil juga merasakan hal serupa ya? Bentuk penghargaan yang diberikan orangtua – akan menunjukkan bentuk kepedulian terhadap anak. Dengan sering memberi apresiasi, ini bisa menjadi motivasi belajar – bahkan hingga 10-20 tahun lamanya.

 

Membangun Kreativitas dan Keterampilan

Manfaat berikutnya, dapat dirasakan pada tingkat kreativitas dan keterampilan anak. Bagi orangtua yang punya anak kreatif – jangan pernah ragu untuk memberi apresiasi bagi setiap karya yang dibuatnya ya. Dengan adanya bentuk pujian, Si Kecil pun akan berusaha untuk meningkatkan kreativitas dalam berkarya, lho.

Selain itu, memberikan anak sebuah penghargaan juga merupakan cara yang baik dalam membangun keterampilan – terutama, jika Si Kecil belum dapat berbicara. Jadi, jika anak membuat sesuatu hal – berilah apresiasi untuk menghargai usahanya, meskipun karya tersebut masih jauh dari kata sempurna.

 

Meningkatkan Rasa Bahagia dan Menghindari Stres

Credit Image - sehatq.com

Rajin memberi apresiasi pada anak – juga dapat meningkatkan rasa bahagia, sekaligus menghindarinya dari rasa stres, lho. Penghargaan atau pujian akan menunjukkan bahwa orangtua menghargai apa yang dilakukan oleh anak. Ketika merasa dihargai – Si Kecil pun otomatis merasa senang.

Sebuah apresiasi dipercaya dapat memberikan emosi positif. Hal tersebut akan menjadikan anak lebih bahagia – serta terhindar dari stres, hingga mengurangi risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan mental, seperti depresi. Atmoster bahagia memang sangat penting bagi anak, terutama di masa pertumbuhannya ya.

 

Membantu Si Kecil Belajar Mandiri

Apakah anak sudah melakukan kebaikan beberapa waktu terakhir ini? Kalau begitu, sudah saatnya moms memberikan sebuah penghargaan – misalnya dalam bentuk hadiah. Dilansir dari Forbes, apresiasi termasuk tentang berbagai hal yang perlu dilakukan orangtua. Apresiasi memiliki manfaat yang luar biasa bagi kualitas hidup anak, lho.

Memberi apresiasi pada Si Kecil juga mampu meningkatkan kemandiriannya, sehingga ia selalu berusaha melalukan hal yang baik setiap harinya. Kegiatan positif tersebut pun akan dilakukan anak tanpa adanya paksaan – bahkan, keinginan tersebut datang dari dirinya sendiri, tanpa harus disuruh dahulu.

 

Mempererat Hubungan Anak dan Orangtua

Credit Image - uzone.id

Memberikan penghargaan juga termasuk bagian penting yang dapat membuat hubungan anak dan orangtua semakin erat. Cobalah untuk melakukan kebiasaan berterima kasih – serta memberi apresiasi, untuk membangun hubungan yang kuat dengan Si Kecil.

Sebuah apresiasi memang merupakan salah satu dari banyak ungkapan emosi positif. Hal ini dapat mempercepat proses dalam menjalin hubungan antar anak dan orangtua, serta meningkatkan kesan yang baik, lho.

 

Dukung Tumbuh Kembang Anak, Berikan Ia Nutrisi Lengkap!

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memberikan apresiasi pada Si Kecil – memang dapat memberikan banyak manfaat baik, termasuk dalam proses tumbuh kembangnya ya. Agar semakin maksimal, moms juga tetap perlu mengoptimalkannya dengan memberi nutrisi lengkap.

Selain dari menu makan bergizi seimbang, nutrisi anak juga dapat dipenuhi dengan memberinya multivitamin dengan kandungan lengkap, lho. Tapi, seperti apa multivitamin yang direkomendasikan?

Moms, dapat memberi anak Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang dapat memaksimalkan proses tumbuh kembang Si Kecil, bantu memenuhi kebutuhan nutrisi, hingga menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit.

 

Jadi, apakah moms sudah rajin memberikan apresiasi pada anak? Ingatlah bahwa sekecil apapun hal positif yang dilakukan Si Kecil – hal tersebut sangat pantas untuk diberi penghargaan. Dengan rutin memberinya apresiasi, maka sejumlah manfaat baik di atas pun bisa dirasakan.

 

 

Featured Image - klikdokter.com