Waspadai! Ini 7 Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi Saat Kekurangan Vitamin C

Waspadai! Ini 7 Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi Saat Kekurangan Vitamin C

font size A Ǎ

Tahukah kamu bahwa Vitamin C merupakan jenis vitamin yang tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh? Ya, kebutuhan Vitamin C tubuh selalu diperoleh dari sumber makanan, maupun suplemen – yang rutin dikonsumsi setiap hari. Perlu diketahui, asupan vitamin ini sangat dibutuhkan sehingga seluruh fungsi tubuh dapat dijalani secara maksimal.

Vitamin C diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh, memperbaiki jaringan yang rusak – termasuk tulang, kulit, dan gigi. Lalu, bagaimana kalau kekurangan vitamin tersebut? Hati-hati, sejumlah masalah kesehatan dapat dialami.

Sebenarnya, kekurangan Vitamin C termasuk masalah kesehatan yang langka, lho. Namun, memang ada beberapa kelompok tertentu yang sangat rentan mengalami kekurangan asupan Vitamin C. Nah, untuk mengetahui sejumlah tanda defisiensi Vitamin C, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

 

Mudah Sakit: Merupakan Masalah Kesehatan yang Paling Umum

Waspadai! Ini 7 Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi Saat Kekurangan Vitamin C

Credit Image - tribunnews.com

Apakah tubuhmu menjadi lebih mudah terserang penyakit? Hal ini mesti diwaspadai! Bisa jadi, masalah kesehatan yang satu ini – menjadi tanda utama kekurangan asupan Vitamin C. Seperti diketahui, Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan. Jika imun sudah kuat – maka risiko terhadap berbagai macam penyakit akan berkurang.

Sebaliknya, kalau tubuh kekurangan Vitamin C, tentu saja kekebalan pun akan melemah ya. Akibatnya, kamu lebih gampang sakit. Jadi, selalu penuhi kebutuhan Vitamin C – terutama di masa pandemi, imunitas punya peran yang besar, lho!

 

Kulit Gampang Memar

Masalah kesehatan selanjutnya, yang kerap dialami ketika kekurangan Vitamin C, yaitu kulit menjadi mudah memar. Biasanya, ini termasuk tanda yang juga paling umum ditemui – pada seseorang yang alami defisiensi Vitamin C. Memar terjadi karena hancurnya pembuluh darah merah kecil di pinggir kulit.

Asupan Vitamin C yang kurang ternyata dapat menyebabkan pembuluh kapiler melemah dan pecah. Lalu, apa akibatnya? Memar pun lebih mudah terjadi pada kulit. Kalau kamu sedang mengalami kondisi serupa – coba, perhatikan kembali asupan Vitamin C harian ya.

 

Proses Penyembuhan Lebih Lama

Waspadai! Ini 7 Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi Saat Kekurangan Vitamin C

Credit Image - klikdokter.com

Sebagian dari kamu mungkin sudah tahu bahwa proses penyembuhan akan lebih lama ketika tubuh kekurangan asupan Vitamin C. Nah, jika kamu mengalami masalah kesehatan ini – bisa jadi disebabkan kebutuhan Vitamin C tidak terpenuhi.

Vitamin C berperan penting dalam menghasilkan kolagen kulit – sel ini berfungsi untuk menutup luka dalam proses penyembuhan. Sementara, defisiensi Vitamin C akan menghambat produksi kolagen, sehingga penyembuhan luka pun menjadi lebih lama.

 

Gusi Mudah Berdarah dan Sariawan

Masalah kesehatan yang satu ini juga tak boleh disepelekan! Sering mengalami gusi berdarah atau sariawan – juga termasuk tanda tubuh kekurangan Vitamin C. Pasalnya, defisiensi Vitamin C akan mengganggu produksi kolagen – yang akhirnya tidak bisa menjaga kesehatan gusi secara maksimal.

Untuk itu, gusi yang rusak maupun sariawan yang sering muncul bisa jadi disebabkan oleh kekurangan asupan vitamin ini. Wah, mesti segera diatasi – sehingga tidak semakin memburuk, serta masalah kesehatan lainnya juga tidak bermunculan.

 

Rambut Mudah Rontok dan Terasa Kering

Waspadai! Ini 7 Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi Saat Kekurangan Vitamin C

Credit Image - health.detik.com

Sebenarnya, rambut mudah rontok dan kering – umumnya, disebabkan oleh kekurangan Zinc. Tapi, ini juga dipengaruhi oleh kekurangan Vitamin C, lho. Mengapa demikian? Vitamin C berperan untuk meningkatkan penyerapan Zinc – mineral penting yang juga punya andil dalam menjaga kesehatan rambut.

Maka dari itu, kekurangan Vitamin C akan menyebabkan proses penyerapan mineral tidak efektif. Jadi, tidak heran kalau defisiensi Vitamin C – juga menjadi penyebab rambut mudah rontok, hingga terasa lebih kering.

 

Mudah Alami Mimisan

Perlu kamu ketahui, 90 persen dari darah yang keluar akibat mimisan berasal dari pembuluh kapiler di hidung, lho. Dalam kata lain, pembuluh kapiler yang melemah – sangat mungkin terjadi karena tubuh kekurangan asupan Vitamin C.

Akibatnya, darah pun keluar dari hidung – kondisi ini juga sering disebut sebagai mimisan. Apakah kamu juga mengalami hal tersebut? Bisa jadi karena kekurangan Vitamin C nih. Yuk, perhatikan kembali jumlah asupan Vitamin C yang kamu konsumsi!

 

Pembengkakan dan Nyeri Pada Sendi

Waspadai! Ini 7 Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi Saat Kekurangan Vitamin C

Credit Image - halodoc.com

Masalah kesehatan lainnya yang juga sering muncul karena defisiensi Vitamin C, yaitu pembengkakan dan nyeri pada sendi. Umumnya, sendi mengandung banyak jaringan ikat – yang kaya akan kolagen. Jika tubuh tidak mendapat Vitamin C cukup, tentu saja jumlah produksi kolagen pun ikut berkurang.

Lalu, akibatnya nyeri dan bengkak pada sendi pun seringkali terjadi. Tidak main-main, bahkan masalah kesehatan yang satu ini – juga dapat menyebabkan risiko fatal, seperti pincang, hingga kesulitan berjalan.

 

Bagaimana Cara Atasinya?

Tak perlu khawatir, sejumlah masalah kesehatan tersebut dapat dihindari – asalkan kamu sudah mengonsumsi asupan Vitamin C yang cukup ya. Vitamin C dapat diperoleh dari berbagai sayur dan buah, seperti jeruk, kiwi, jambu biji, mangga, nanas, stroberi, brokoli, kubis, dan kembang kol.

Tapi, kamu harus tahu bahwa memenuhi kebutuhan Vitamin C dari sumber makanan saja belum tentu cukup, lho. Perlu dibantu dengan konsumsi suplemen secara rutin!

Untuk itu, direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks dapat optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi – dapat diubah menjadi sumber energi. Jadi, tak perlu khawatir tubuh kekurangan energi ketika beraktivitas ya.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C. Maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan mampu berikan perlindungan ekstra.

Untuk yang punya aktivitas padat, disarankan minum Enervon Active dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuhmu!

 

Jadi, sudah jelas ya ulasan mengenai masalah kesehatan yang dapat timbul jika tubuh kekurangan Vitamin C. Untuk itu, selalu perhatikan asupan Vitamin C dengan baik – sehingga kesehatan secara keseluruhan pun dapat terjaga!

 

 

Featured Image - honestdocs.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!