Memulai Usaha Dari Nol? Bukan Masalah! Ini Cara Tepat Melakukannya

Memulai Usaha Dari Nol? Bukan Masalah! Ini Cara Tepat Melakukannya

font size A Ǎ

Enervoners, kamu pasti setuju kalau memulai usaha tidak semudah membalikkan telapak tangan. Benar, kan? Tapi, bukan berarti yang ingin mulai bisnis – boleh langsung berputus asa, lho! Apakah kamu ingin punya restoran sendiri? Atau, membuat clothing line pribadi? Tentu bisa, asalkan tahu bagaimana caranya untuk memulai usaha.

Dalam memulai usaha, sudah pasti dibutuhkan langkah yang tepat. Hal ini berlaku pada semua jenis bisnis, termasuk bisnis digital, lho. Agar usaha bisa sukses dan terus berkembang, sejumlah strategi tepat pun sangat dibutuhkan, terutama kalau kamu ingin mulai usaha dari nol.

Nah, untuk kamu yang sedang berencana memulai usaha dari nol – tak perlu khawatir, sebab sejumlah tips berikut ini dapat membantu, agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya sampai habis ya!

 

 

Temukan Dahulu Bisnis yang Tepat

Memulai Usaha Dari Nol? Bukan Masalah! Ini Cara Tepat Melakukannya

Credit Image - entrepreneurcamp.id

Langkah pertama yang wajib dilakukan dalam rangka memulai usaha, yaitu temukan dahulu bisnis yang ingin dijalani. Mulailah dengan mencari ide – misalnya, hal apa yang sedang sulit didapati masyarakat? Atau, hal apa saja sih yang paling sering dibutuhkan oleh orang disekitar?

Bisa saja lho sejumlah ide yang kamu pikirkan – merupakan jawaban dari kebutuhan banyak orang. Seperti, mungkin saja di kotamu ada banyak tempat wisata, namun tidak memiliki tour guide yang resmi – dan lain sebagainya.

Nah, dari sekian banyaknya opsi yang terlintas dipikiran, tentukan dan pilihlah jenis bisnis yang paling diminati. Jadi, ketika memulai usaha tersebut – kamu sudah siap untuk berkomitmen penuh, karena menjalani hal yang paling disukai.

 

Cari Tahu Juga Calon Kompetitor

Berikutnya, yang tidak boleh dilewatkan dalam memulai usaha, yaitu cari tahu siapa saja calon kompetitor dari bisnis yang akan dijalani. Misalnya, kamu ingin membangun restoran burger dengan tema gluten- free – lihatlah ada berapa banyak restoran serupa dalam jarak 10 kilometer dari lokasimu.

Lalu, perhatikan pula – apakah ada yang memiliki konsep gluten-free juga? Kalau tidak ada, ide tersebut boleh dicoba. Tapi ketahuilah bahwa kamu tetap harus berkompetisi dengan restoran lainnya – terutama yang ada dalam jarak tersebut. Jadi, pastikan kamu memiliki kelebihan yang berbeda ya!

 

Apakah Usaha Tersebut Menguntungkan?

Memulai Usaha Dari Nol? Bukan Masalah! Ini Cara Tepat Melakukannya

Credit Image - cimbniaga.co.id

Yes, kamu perlu tahu juga bahwa seberapa menguntungkannya bisnis yang akan dijalani. Ingat, memulai usaha tak boleh sembarangan lho – mesti direncanakan sematang mungkin. Sebuah studi dari University of Virginia, menemukan bahwa 78% bisnis yang gagal bisanya disebabkan oleh tidak adanya rencana yang baik.

Jadi, kamu perlu melakukan research – dapat berupa informasi mengenai bisnis yang serupa. Dan, jangan lupa untuk membuat  estimasi awal mengenai usahamu, misalnya terkait modal yang dibutuhkan, serta berapa angka yang sekiranya mampu dihasilkan.

 

Persiapkan Dana Sebaik Mungkin Ya

Memulai usaha tentu diperlukan modal berupa uang. Semuanya pasti setuju, kan? Untuk membangun bisnis – kamu dapat menggunakan dana pribadi sebagai modal awal perusahaan. Jadi, jika kamu memiliki tabungan yang cukup banyak – sepertnya, membiayai bisnis sendiri bukanlah hal yang terlalu sulit ya.

Namun, bagaimana kalau dana terbatas? Tak perlu berkecil hati, kamu tetap bisa mendapatkan modal untuk memulai usaha kok. Misalnya, menggunakan dana pinjaman dari bank. Dilansir dari Cosmopolitan – berdasarkan data dari Bank Indonesia, besaran kredit yang diberikan pada UMKM angkanya akan selalu meningkat setiap tahun, lho.

 

Lakukan Berbagai Persiapan Utama!

Memulai Usaha Dari Nol? Bukan Masalah! Ini Cara Tepat Melakukannya

Credit Image - economy.okezone.com

Dalam memulai bisnis, terkadang ada saja poin yang sering dianggap sepele – padahal, wajib dipersiapkan secara matang. Seperti mencari nama bisnis yang menarik, mempersiapkan semua dokumen, hingga proses pemasaran yang akan dilakukan.

Terdengar sepele, bahkan bisa saja dilakukan belakangan ya? Ini merupakan anggapan yang salah, lho. Sejumlah hal-hal kecil tersebut – justru juga perlu dipersiapkan secara matang. Dengan demikian, usaha dapat berjalan lebih lancar, tanpa adanya hambatan!

 

 

Nah, itulah kelima tips yang dapat diterapkan – jika kamu sedang ingin memulai usaha dari nol. Apakah kamu salah satu yang ingin membuka bisnis? Yuk, coba terapkan sejumlah kiat di atas. Selamat mencoba ya!

 

 

Featured Image - pintek.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!