Tak hanya dapat membantu bakar kalori dan lemak, tetapi olahraga juga memberikan berbagai manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenis olahraga yang paling diminati – dan tentunya punya banyak dampak positif, yaitu latihan kardio. Apakah kamu juga suka menyukai aktivitas fisik yang satu ini?

Latihan kardio dikenal sebagai kegiatan olah tubuh yang bertujuan untuk memperkuat kinerja jantung dan paru-paru. Selain itu, jenis olahraga ini juga dapat meningkatkan produksi oksigen tubuh, memperbaiki denyut jantung, hingga baik untuk pernapasan.

Saat ini, sudah banyak sekali lho jenis latihan kardio yang dapat kamu lakukan, mulai dari yang paling sederhana seperti jalan kaki, naik-turun tangga, berlari – hingga bersepeda, maupun berenang. Rutin melakukan sejumlah olahraga tersebut, dapat bantu optimalkan kesehatan tubuhmu.

Selain berdampak besar pada kesehatan jantung, latihan kardio juga memiliki banyak manfaat baik lainnya – terutama kalau dilakukan di bulan puasa ini. Apa saja ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya sampai habis!

 

 

Latihan Kardio: Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Credit Image - sehatq.com

Kalau manfaat yang satu ini, mungkin kamu juga sudah mengetahuinya ya. Latihan kardio dapat membantu menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan – jika dilakukan dengan intensitas dan durasi yang tepat. Bagi pemula, sebaiknya pilih olahraga yang ringan terlebih dahulu, lalu lakukan selama 30 menit di setiap sesinya.

Dalam penelitian yang membandingkan dua kelompok wanita yang aktif melakukan latihan kardio – dengan kelompok yang tidak pernah berolahraga, terlihat perbedaan yang sangat signifikan. Kelompok wanita yang rajin berolahraga, punya sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Tak hanya itu, kelompok yang tidak aktif melakukan olahraga juga cenderung memiliki tingkat stres lebih tinggi. Nah, stres sendiri merupakan salah satu faktor yang dapat melemahkan sistem kekebalant tubuh.

 

Bantu Menurunkan Stres

Olahraga memang dikenal sebagai salah satu aktivitas yang mampu mengurangi rasa stres – ini juga termasuk latihan kardio ya. Jenis olahraga ini memiliki manfaat yang bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang. Hal tersebut dikarenakan latihan kardio – mampu melepas hormon endorfin yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood.

Dilansir dari Alodokter, sebuah penelitian pernah mengungkapkan bahwa dengan rutin berolahraga jalan kaki selama 30 menit dalam waktu 15 hari – terbukti dapat mengurangi rasa stres dan menurunkan risiko gejala depresi.

 

Kardio Juga Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Credit Image - halodoc.com

Apakah kamu sedang mengalami gangguan tidur? Coba atasi masalah tersebut dengan melakukan latihan kardio secara rutin. Olahraga ini diklaim dapat bantu membuat tidur lebih nyenyak – sekaligus mengatasi masalah tidur yang sering dialami.

Berdasarkan penelitian, dengan rutin melakukan latihan kardio, dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur lebih lelap. Tapi, sebaiknya hindari melakukan olahraga berdekatan dengan waktu tidur ya – sebab, hal ini akan membuatmu justru sulit tidur.

Jadi, lebih baik batasi waktu latihan kardio, misalnya 2 jam sebelum waktu tidurmu.

 

Menjaga Kadar Gula Darah

Wah, ternyata latihan kardio juga punya manfaat baik untuk menjaga kadar gula dalam darah nih! Hal yang satu ini pun juga sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian, lho. Masih dilansir dari Alodokter – latihan kardio yang dilakukan secara rutin dapat bantu mencegah diabetes tipe 2 serta mengurangi gejalanya.

Mengapa demikian? Karena, olahraga mampu memperbaiki cara tubuh dalam menggunakan gula darah, sekaligus dapat menurunkan resistensi terhadap insulin. Jadi, masih mau melewatkan olahraga? Dijamin banyak manfaat baik yang menunggumu, lho!

 

Bantu Menurunkan Kolesterol dan Berat Badan

Credit Image - pfimegalife.co.id

Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol, yaitu dengan rutin melakukan latihan kardio. Para peneliti percaya bahwa melakukan aktivitas fisik seperti ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik – serta menurunkan kolesterol jahat.

Selain itu, latihan kardio yang rutin juga mampu menurunkan berat badan pada penderita obesitas. Dengan demikian, tubuh pun dijamin makin sehat dan bugar ya.

 

Imbangi Olahraga Dengan Kebiasaan Sehat Lainnnya Ya!

Selain rutin melakukan latihan kardio – agar kesehatan tubuh semakin terjaga, pastikan kamu sudah mengimbanginya dengan berbagai kebiasaan sehat lainnya. Lantas, apa saja hal lain yang perlu diterapkan?

Kamu disarankan menerapkan pola makan sehat, cukupi kebutuhan cairan tubuh, istirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik. Tapi, tak hanya itu saja nih – kamu juga sebaiknya memenuhi kebutuhan vitamin harian yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh.

Untuk kebutuhan vitamin harian yang paling penting, yaitu Vitamin C dan Vitamin B Kompleks. Keduanya memang dapat bantu menjaga sistem kekebalan tubuh – sekaligus mengoptimalkan proses metabolisme, lho.

Selain dari sumber makanan, kedua vitamin tersebut dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C.

Enervon-C tablet mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kemudian, kandungan Vitamin B Kompleksnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, sehingga makanan yang dikonsumsi – dapat diubah menjadi sumber energi. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lemas ya!

Nah, untukmu yang ingin perlindungan ekstra – direkomendasikan minum Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

 

Itulah lima manfaat yang dapat kamu peroleh, jika rutin melakukan latihan kardio – termasuk selama bulan puasa. Yuk, mulai sekarang rajin untuk berolahraga agar kesehatan tubuh semakin terjaga!

 

 

Featured Image - theconversation.com