6 Cara Buat Rutinitas Kerja Lebih Sehat. Patut Dicoba!

6 Cara Buat Rutinitas Kerja Lebih Sehat. Patut Dicoba!

font size A Ǎ

Siapa di sini yang sering menghabiskan waktunya untuk duduk dan bekerja hampir seharian penuh? Rutinitas yang padat kerap dimiliki masyarakat di era modern, tak terkecuali para generasi milenial. Tampaknya, tampilan layar monitor komputer – atau tumpukan berkas dan perlatan kantor menjadi pemandangan sehari-hari ya.

Memang sih, sebenarnya kondisi tersebut wajar dialami. Namun, sayangnya sedikit banyak dari rutinitas yang padat dapat memengaruhi kesehatan tubuh, lho. Jadi, tak hanya membosankan – hal yang monoton bisa berdampak pada kondisi fisik, mempengaruhi gairah kerja, dan mampu mengurangi rasa kebahagiaan.

Untuk menghindari hal tersebut, setidaknya ada enam cara yang dapat dilakukan – sehingga rutinitas harian dan bekerja pun menjadi lebih sehat. Dengan menerapkan tips ini, dijamin suasana hati pun dapat meningkat!

Penasaran apa saja? Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Pertama, Buatlah Rutinitas yang Sehat

6 Cara Buat Rutinitas Kerja Lebih Sehat. Patut Dicoba!

Credit Image - cermati.com

Semakin banyak orang yang bekerja dari rumah – bukan berarti semuanya sudah melakukan dengan cara paling sehat atau produktif, lho. Justru, bekerja dari rumah seringkali membuatmu lupa waktu – dan jam kerja menjadi kebablasan, bisa melebihi jam kantor!

Untuk itu, coba biasakan mematikan laptop di pukul 7 malam setiap harinya – atau bisa disesuaikan kembali dengan jam kerja. Tujuannya, agar kamu memiliki waktu istirahat yang cukup, sehingga aktivitas di pagi hari bisa dijalani dengan maksimal.

 

Letakkan Tanaman di Meja Kerja

Ini bukan berarti kamu bisa meletakkan tanaman dalam ukuran besar, lho. Cukup menaruh tanaman pada pot kecil – hal ini sudah dapat membuat suasana hati terasa menyenangkan. Apalagi, jika kamu seseorang yang menyukai hal berbau alami – menaruh tanaman kecil di meja kerja bukanlah sesuatu hal yang salah ya.

Tanaman dipercaya dapat memperbaiki suasana hati seseorang – yaitu dengan membantu menyaring udara di sekitarmu. Jadi, selain membuat rutinitas kerja terasa lebih menyenangkan, kesehatan tubuh pun akan lebih terjaga – karena udara ruangan yang tetap segar, berkat kehadiran tanaman.

 

Komitmen Untuk Rajin Bergerak? Siapa Takut!

6 Cara Buat Rutinitas Kerja Lebih Sehat. Patut Dicoba!

Credit Image - today.line.me

Rutinitas bekerja akan terasa lebih sehat, jika kamu mulai rutin untuk bergerak. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat – cukup dengan berkomitmen sederhana untuk berjalan sejauh 1,6 kilometer saat jam makan siang, atau di waktu yang memungkinkan. Kalau siang hari terlalu panas, bisa dilakukan di sore hari ya.

Berjalan kaki sembari menghirup udara di luar ruangan – dapat membuat tubuh terasa lebih segar, lho. Selain itu, badan pun menjadi lebih sehat, karena gerakan berjalan kaki – memang memiliki banyak manfaat baik, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Yuk, Luangkan Waktu Untuk Meditasi Pagi

Tahukah kamu bahwa meditasi merupakan salah satu aktivitas yang dapat menciptakan suasana hati senang – hingga mampu memperbaiki mood? Ya, jadi tidak heran kalau banyak orang yang memilih melakukan kegiatan ini sebagai sarana relaksasi.

Coba luangkan waktu selama beberapa menit di pagi hari untuk bermeditasi. Selain bisa membuat rileks, kegiatan ini juga mampu meningkatkan produktivitas. Kamu dapat memilih jam berapa pun untuk melakukan meditasi – sesuaikan dengan rutinitas harian saja ya!

 

Melakukan Sosialisasi Dengan Orang Lain

6 Cara Buat Rutinitas Kerja Lebih Sehat. Patut Dicoba!

Credit Image - journal.sociolla.com

Menciptakan kedekatan dengan orang lain, termasuk rekan kerja – merupakan hal yang perlu dilakukan. Seperti diketahui, manusia tidak bisa hidup tanpa adanya komunikasi. Jadi, selain dapat mempengaruhi produktivitas kerja – bersosialisasi juga bisa bantu menjaga kesehatan tubuh.

Jika di jam kerja kamu masih terlalu sibuk dengan pekerjaan yang mesti diselesaikan, maka tidak ada salahnya untuk mengajak rekan kerja mengobrol di luar jam kerja, lho. Tapi ingat, tetap terapkan protokol kesehatan ya – mengingat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

 

Penuhi Nutrisi Harian Tubuh

Agar rutinitas dapat berjalan dengan baik – sudah pasti perlu didukung dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian ya. Selain karbohidrat, protein, dan serat – kamu juga mesti memperoleh asupan vitamin yang cukup, sehingga imun tubuh tetap terjaga dan rutinitas bisa dilakukan tanpa hambatan.

Tapi, vitamin seperti apa sih yang paling dibutuhkan – untuk menjaga kekebalan? Dari sekian banyaknya jenis vitamin, tubuh membutuhkan Vitamin C dan Vitamin B Kompleks yang merupakan kombinasi tepat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selain dari sumber makanan, kamu juga direkomendasikan memenuhi kebutuhan vitamin dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk membantu jaga stamina agar tidak mudah lelah – serta menjaga daya tahan tubuh.

Dengan rutin minum Enervon Active, proses metabolisme pun akan semakin optimal. Sebab, kandungan Vitamin B Kompleks dapat mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi sumber energi lebih tahan lama.

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat rutinitas bekerja menjadi lebih sehat. Jadi, apakah kamu sudah menerapkan sejumlah cara di atas?

 

 

Featured Image - pintek.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!