Apakah kamu termasuk orang yang selalu disibukkan dengan kegiatan yang padat setiap harinya? Jika iya, kamu harus cermat dalam memilih cara yang tepat untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain dengan istirahat yang cukup dan makan bergizi, sebaiknya imbangi juga dengan rutin mengonsumsi vitamin C dan zinc.

Pentingnya mengonsumsi zinc dan vitamin C dengan bersamaan

Credit: Detik Health

Karena padatnya aktivitas yang harus kamu jalani setiap hari, kamu harus menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit. Terlebih lagi jika pola makanmu tidak teratur, ada kemungkinan satu atau dua zat gizi yang tidak dapat tercukupi. Kondisi inilah yang nantinya dapat menimbulkan masalah kesehatam, termasuk melemahnya sistem kekebalan tubuh. Namun, tidak perlu khawatir disinilah peran zinc dan vitamin C akan membantu meningkatkan pertahanan tubuh.

Berikut beberapa fungsi dari zinc dan vitamin C:

1. Fungsi zinc

  • Mengatur fungsi sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah serangan flu
  • Mencegah pneumonia atau infeksi sistem pernapasan lainnya

2. Fungsi vitamin C

  • Mencegah penurunan sistem kekebalan tubuh
  • Menurunkan risiko penyakit jantung
  • Mencegah komplikasi dari flu yang lebih parah, seperti pneumonia dan infeksi paru
  • Mempercepat penyembuhan dari infeksi atau radang

Setelah kamu mengetahui fungsi dari zinc dan vitamin C, bisa disimpulkan bahwa kombinasi dari kedua zat ini dapat sangat membantu dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuhmu.

Kenapa zinc diperlukan dalam membantu penyerapan vitamin C dalam tubuh?

Credit: Republika

Sebagian orang hanya mengutamakan sumber asupan vitamin C, tanpa memperhatikan asupan zinc. Padahal, zinc bisa membantu penyerapan vitamin C dengan baik bila dikonsumsi secara bersamaan.

Zinc dalam tubuh berguna untuk mengaktifkan sel T (limfosit T). Sel ini sendiri bekerja dalam tubuh melalui du acara, yaitu dengan mengendalikan respon imun dan menyerang sel yang membawa kuman penyakit. Jadi, ketika tubuhmu kekurangan zinc, maka kekebalan tubuhmu pun ikut terganggu.

American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa orang yang kekurangan zinc akan mudah terserang berbagai macam bibit penyakit. Selain itu, kekurangan zinc juga dapat mempengaruhi sistem pencernaanmu. Dengan sistem pencernaan yang tidak optimal, penyerapan gizi lainnya termasuk vitamin C pun ikut terganggu.

Oleh karena itu, kamu perlu mencukup asupan zinc harian agar tubuh bisa menyerap vitamin C secara maksimal.

Apa saja sumber zinc dan vitamin C?

Credit: Fox News

Ada banyak makanan sumber zinc dan vitamin C yang mudah kamu temui. Seperti jeruk, jambu biji, papaya, kiwi, stroberi, nanas, mangga, brokoli, dan kembang kol. Sedangkan sumber makanan yang mengandung zinc yaitu daging sapi, kacang Panjang, kacang polong, kacang pecan, bayam, daging ayam atau bebek, serta berbagai macam makanan laut.

Selain dari makanan, kamu juga bisa memperoleh sumber vitamin C dan zinc dari multivitamin Enervon Active. Kandungan vitamin C dan zinc-nya aman di lambung dan mampu menjaga daya tahan tubuhmu agar tetap aktif sepanjang hari. 

 

Featured Image - Whole Foods Magazine