Sebagian besar orang pasti setuju kalau rutin berolahraga dapat bantu menjaga kesehatan tubuh – sekaligus membantu bakar kalori dan lemak. Dari sekian banyaknya jenis aktivitas fisik yang dapat dilakukan, latihan kardio menjadi olahraga yang paling diminati.

Latihan kardio dikenal sebagai kegiatan olah tubuh yang bertujuan untuk memperkuat kinerja jantung dan paru-paru. Selain itu, jenis olahraga ini juga dapat meningkatkan produksi oksigen tubuh, memperbaiki denyut jantung, hingga baik untuk pernapasan.

Jenis olahraga tersebut tentu memiliki banyak manfaat lainnya, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, bantu menurunkan stres, menjaga kadar gula darah, hingga membuatmu tidur lebih nyenyak, lho. Tapi, untuk mendapatkan sejumlah manfaat tersebut – pastikan kamu melakukan latihan kardio secara rutin ya!

Nah, untuk jenis latihan kardio pun tak hanya lari saja – melainkan ada beragam macam lainnya yang juga bisa kamu lakukan di rumah maupun di pusat kebugaran. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Lompat Tali: Latihan Kardio Paling Digemari

Credit Image - orami.co.id

Selain lari, latihan kardio dalam bentuk lompat tali juga digemari banyak orang, lho. Apakah kamu salah satunya? Lompat tali merupakan olahraga yang mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Alat yang dibutuhkan pun hanya satu, yaitu tali.

Penelitian menunjukkan olahraga lompat tali selama 10 menit, ternyata sama dengan 30 menit jogging, lho. Bahkan, ada pula studi yang menyatakan bahwa kalori yang dibakar ketika melakukan lompat tali selama 10 menit – setara dengan kalori yang dibakar saat berlari 1,6 km dalam waktu 8 menit.

Nah, latihan kardio yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mempertahankan berat badan ideal, maupun yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

 

Boxing, Olahraga yang Sedang Nge-Tren

Boxing alias tinju memang menjadi latihan kardio yang sedang populer di kalangan masyarakat. Selain menjadi olahraga yang banyak peminatnya, boxing juga dapat membantu mempercepat pembakaran kalori, lho. Jadi, cocok untukmu yang sedang diet!

Selain itu, latihan kardio yang satu ini termasuk dalam aktivitas fisik – untuk melatih otot lengan atas agar lebih kuat. Boxing memang olahraga yang seru, menantang, dan efektif untuk menjaga kesehatan tubuh – karena melibatkan banyak gerakan tubuh dalam tempo cepat.

 

Senam Juga Bisa Jadi Pilihan Lainnya

Credit Image - blog.elevenia.co.id

Ingin olahraga yang lebih energik? Kamu bisa melakukan latihan kardio dalam bentuk senam di rumah. Misalnya, senam tari seperti Zumba. Jenis senam tersebut juga sedang digemari banyak orang, terutama di kalangan perempuan. Latihan tersebut dapat bantu menurunkan berat badan, serta menguatkan otot di bagian pinggang dan tangan.

Dengan melakukan latihan kardio – dalam bentuk senam setidaknya tiga kali dalam seminggu, maka otot tubuh dapat semakin kencang, bantu mempertahankan berat badan, hingga membuat tubuh lebih terasa bugar.

 

Moving Planks Untuk Bantu Perbaiki Postur Tubuh

Selanjutnya, latihan kardio moving plank juga bisa menjadi pilihanmu nih. Plank merupakan olahraga kardio yang bisa dilakukan di rumah – dan dapat menguatkan tubuh bagian tengah, serta memperbaiki postur tubuh. Rutin merlakukan olahraga ini juga bisa mengkuatkan otot punggung, lengan, bahu, dan paha, lho.

Untuk melakukannya juga mudah – cukup siapkan matras yang panjangnya sesuai dengan tinggi badan. Tapi ingat, hindari melakukan plank di atas lantai tanpa matras, sehingga risiko tergelincir dan cedera dapat dihindari.

 

Bersepeda Bisa Bantu Melatih Pernapasan

Credit Image - republika.co.id

Kamu juga dapat memilih bersepeda sebagai bentuk latihan kardio – tapi, lakukan secara rutin ya agar manfaat baiknya dapat benar terasa! Ketika mengayuh sepeda, kamu menggunakan hampir semua kelompok otot utama tubuh. Nah, selain itu dengan rutin bersepeda – pernapasan dan otot tubuh pun semakin terlatih.

Lakukan olahraga sepeda selama 20 hingga 60 menit setiap harinya. Meski biasanya kalori sudah terbakar di menit ke-20, tetapi sebaiknya kamu tetap lanjutkan latihan kardio hingga menit ke-60. Tips ini penting diperhatikan – apalagi, jika sedang menjalani program penurunan berat badan.

 

Tetap Imbangi Olahraga Dengan Pola Hidup Sehat Lainnya!

Selain rutin melakukan latihan kardio – agar kesehatan tubuh semakin terjaga, pastikan kamu sudah mengimbanginya dengan berbagai kebiasaan sehat lainnya. Lantas, apa saja hal lain yang perlu diterapkan?

Kamu disarankan menerapkan pola makan sehat, cukupi kebutuhan cairan tubuh, istirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik. Tapi, tak hanya itu saja nih – kamu juga sebaiknya memenuhi kebutuhan vitamin harian yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh.

Untuk kebutuhan vitamin harian yang paling penting, yaitu Vitamin C dan Vitamin B Kompleks. Keduanya memang dapat bantu menjaga sistem kekebalan tubuh – sekaligus mengoptimalkan proses metabolisme, lho.

Selain dari sumber makanan, kedua vitamin tersebut dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C.

Enervon-C tablet mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kemudian, kandungan Vitamin B Kompleksnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, sehingga makanan yang dikonsumsi – dapat diubah menjadi sumber energi. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lemas ya!

Nah, untukmu yang ingin perlindungan ekstra – direkomendasikan minum Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Dan bagi kamu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan untuk minum Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk bantu menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas!

 

Jadi, latihan kardio mana nih yang ingin segera kamu lakukan? Jangan lupa, selalu lakukan pemanasan sebelum mulai berolahraga – serta pendinginan selama 5-10 menit di akhir latihan ya. Selamat berolahraga!

 

 

Featured Image - mensjournal.com