Moms, apakah di bulan Ramadhan tahun ini mendukung perkembangan anak, dalam segi sikap dan kepribadiannya.

Memberikan apresiasi atas usaha anak, termasuk keinginannya dalam belajar berpuasa – dapat membuat Si Kecil merasa dihargai, serta ia pun menganggap kerja kerasnya tersebut merupakan hal berharga. Secara tidak langsung, ini bisa meningkatkan semangat dan usaha anak di masa mendatang, moms.

Sudahkah moms memberikan apresiasi pada anak? Tidak sulit kok untuk melakukannya, bahkan tidak memerlukan hadiah yang mahal pula. Yang penting, kamu bisa mengungkapkan rasa bangga atas usaha yang dilakukannya. Jadi, bagaimana cara tepat memberi apresiasi anak – yang berhasil belajar puasa?

Berikut ini ulasan lengkapnya!

 

 

Apresiasi Si Kecil Dengan Pujian

Credit Image - review.bukalapak.com

Cara pertama, dan tentunya mudah dilakukan, yaitu memberi apresiasi Si Kecil dalam bentuk pujian. Orangtua perlu mengatakannya dalam hal positif, misalnya ketika anak berhasil bangun sahur tanpa rewel – maka kamu bisa memberi pujian. Atau, ia mampu puasa full selama satu bulan ini – tentunya, kamu mesti memberi apresiasi ya.

Meskipun pujian merupakan hal sederhana dan mudah dilakukan, tapi orangtua tidak boleh meremehkan kehebatan pujian bagi Si Kecil, lho. Cara ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan anak, seperti meningkatkan percaya diri dan memberi motivasi.

Namun perlu diperhatikan nih, sebaiknya beri pujian yang terarah pada proses bukan hasil ya! Jadi, hindari pula terlalu sering memuji anak, sebab hal tersebut akan menumbuhkan sifat tinggi hati dalam dirinya.

 

Berikan Apresiasi Secara Fisik Juga Penting Dilakukan

Selain dalam bentuk lisan, apresiasi juga bisa dilakukan dalam bentuk sentuhan secara fisik, lho. Pasti moms sudah mengetahuinya juga, ya? Faktanya, apresiasi fisik perlu dilakukan sejak kecil, karena akan mempengaruhi anak ketika dewasa.

Nah, orangtua dapat melakukan apresiasi fisik dengan melakukan pelukan atau kecupan sederhana. Bentuk pujian yang satu ini dapat membuat anak merasa perhatian orangtua lebih dari ucapan atau pujian saja. Jadi, apakah moms sudah menerapkan bentuk apresiasi yang satu ini?

 

Berikan Hal Sederhana yang Berkesan

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Tidak dapat dipungkiri – hadiah memang merupakan salah satu bentuk apresiasi yang sangat disukai anak. Orangtua pasti sudah paham betul dengan hal yang satu ini! Mengapa tidak? Ada banyak anak-anak yang meminta orangtuanya memberikan benda tertentu, ketika berhasil meraih suatu pencapaian, termasuk dalam belajar berpuasa.

Nah, bagi moms yang ingin memberi apresiasi Si Kecil dalam bentuk hadiah – tidak ada salahnya kok. Namun, hindari melakukannya secara terus-menerus ya. Lalu, sebaiknya berikan ia hal-hal sederhana yang berkesan.

 

Habiskan Waktu Berkualitas Bareng Anak

Moms, terkadang bentuk apresiasi yang sebenarnya dibutuhkan Si Kecil – hanyalah kesediaanmu dalam meluangkan waktu untuk melakukan berbagai aktivitas dengannya. Sayangnya, di zaman sekarang, tidak banyak orangtua yang bisa melakukan hal seperti ini, lho.

Nah, cobalah untuk meluangkan waktumu bersama anak. Dengan begitu, ia pun merasa lebih dihargai, bahkan lebih dari diberi pujian maupun kalimat motivasi yang kamu berikan. Intinya, kehadiran orangtua sudah berarti banyak bagi anak. Hal tersebut juga merupakan bukti kalau kamu menyayanginya.

 

Jangan Lupa, Tunjukkan Rasa Sayangmu!

Credit Image - id.theasianparent.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kasih sayang orangtua merupakan bentuk apresiasi yang paling penting bagi anak. Moms, dapat memujinya, menemani berbagai aktivitasnya, bahkan memberikan hadiah. Cara ini juga berlaku bagi Si Kecil yang berhasil belajar berpuasa di bulan Ramadhan ini, lho.

Tapi, pastikan kamu melakukannya dengan rasa sayang ya. Sebab, jika tidak – pastinya anak juga tidak akan menganggap perbuatan apresiatifmu. Jadi, tunjukkan kasihmu kepada Si Kecil pada setiap perbuatan positifnya. Orangtua juga cukup melakukan hal sederhana – agar membuat anak merasa dihargai.

 

Lengkapi Kebutuhan Nutrisi Anak, Juga Termasuk Bentuk Apresiasi

Yang perlu diketahui, memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil – juga termasuk bentuk apresiasi baginya, lho. Tindakan ini juga dapat membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang anak, agar dapat berjalan maksimal.

Salah satu nutrisi yang perlu dipenuhinya, yaitu vitamin yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, terutama terkait kerja sistem kekebalan. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin – imunitas anak pun lebih kuat dan terjaga.

Ada berbagai jenis vitamin yang mesti didapatkan Si Kecil, seperti vitamin A – untuk meningkatkan kesehatan mata, lalu ada pula vitamin B kompleks yang berfungsi memaksimalkan perkembangan otak anak. Kemudian, vitamin C – yang sudah pasti dapat menjaga daya tahan tubuh, serta vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Tak sulit kok untuk mencari makanan kaya akan sejumlah vitamin tersebut, moms. Misalnya, dari daging-dagingan, susu dan produk olahannya, buah dan sayuran, hingga produk olahan ikan.

Selain dari sumber makanan, moms bisa lengkapi kebutuhan vitamin anak dengan memberinya multivitamin Enervon-C Plus Sirup nih! Multivitamin lengkap yang satu ini tentu memiliki banyak manfaat baik untuk anak.

Enervon-C Plus Sirup mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang dapat mengoptimalkan proses perkembangan anak, menjaga daya tahan tubuhnya, meningkatkan napsu makan, hingga menjaga kesehatan tulang dan gigi Si Kecil.

 

Jadi, sudahkah kamu memberi apresiasi pada Si Kecil? Cukup menunjukkan perbuatan sederhana – yang tentunya dilakukan dengan tulus, maka anak pun akan merasa dihargai.

 

 

Featured Image - appletreebsd.com