Kabar Baik! Usai Terinfeksi Covid-19, Antibodi Bisa Bertahan Sampai 10 Bulan

Kabar Baik! Usai Terinfeksi Covid-19, Antibodi Bisa Bertahan Sampai 10 Bulan

font size A Ǎ

Kabar baik di tengah pandemi Covid-19 kembali muncul! Belum lama ini, sebuah penelitian meyatakan bahwa kekebalan tubuh terhadap virus corona dapat bertahan hingga 10 bulan lamanya. Tentu saja, hal ini berlaku bagi para penyintas Covid-19.

Waktu kekebalan tubuh dapat bertahan setelah terinfeksi memang merupakan hal yang cukup mengkhawatirkan bagi orang yang pernah positif Covid-19. Belum lagi, adanya risiko reinfeksi yang kian mengintai. Sebelumnya, ada penelitian yang menunjukkan kekebalan tubuh dapat bertahan sampai 9 bulan.

Namun, saat ini sudah muncul penelitian baru yang memperbaharui penelitian tersebut, dan menyatakan bahwa antibodi Covid-19 dapat bertahan sampai 10 bulan mengalami gejala virus corona. Untuk ulasan lengkapnya mengenai hal ini – berikut informasi lengkapnya.

 

 

Antibodi Covid-19: Bisa Bertahan Sampai 10 Bulan

Kabar Baik! Usai Terinfeksi Covid-19, Antibodi Bisa Bertahan Sampai 10 Bulan

Credit Image - kompas.com

Dilansir dari Instagram @adamprabata – antibodi setelah terinfeksi virus corona dapat bertahan secara stabil hingga 10 bulan. Hal ini pun diungkapkan oleh penelitian dari Vanshylla tahun 2021 – dinyatakan bahwa kadar antibodi penetralisir dan IgG realtif stabil dalam darah hingga lebih dari 10 bulan, terhitung sejak bergejala.

Meski demikian, ada berbagai kondisi yang dapat menyebabkan kemampuan penetralisir antibodi Covid-19 lebih tinggi. Misalnya, bagi penyintas yang dirawat di rumah sakit, karena gejala berat – serta lansia, maka kemampuan penetralisir antibodi pun akan lebih tinggi.

 

Tetap Waspada Akan Risiko Reinfeksi!

Kabar Baik! Usai Terinfeksi Covid-19, Antibodi Bisa Bertahan Sampai 10 Bulan

Credit Image - suara.com

Meskipun antibodi virus corona dapat bertahan sampai 10 bulan, namun risiko reinfeksi akan tetap mengintai! Saat ini, sudah banyak kasus reinfeksi yang terjadi – walau pasien tersebut pernah terdeteksi memiliki antibodi.

Hingga sekarang, belum diketahui kadar antibodi yang cukup untuk mencegah infeksi virus corona. Untuk itu, masyarakat tetap diimbau agar terus waspada terhadap segala risiko yang ada – salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin, sekaligus menjaga kesehatan tubuh yang dapat bantu mempertahankan sistem kekebalan.

 

Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Kesehatan Tubuh Tetap Optimal

Kabar Baik! Usai Terinfeksi Covid-19, Antibodi Bisa Bertahan Sampai 10 Bulan

Credit Image - saniter.co.id

Di masa pandemi, masyarakat sangat dianjurkan untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara disiplin – mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, hingga menghindari keramaian.

Sejumlah protokol kesehatan tersebut pun tetap perlu dijalani, meski nantinya sudah mendapatkan vaksinasi. Ingat, vaksin bukan berarti kamu sudah kebal 100 persen dari risiko infeksi virus!

Selain itu, terapkan pula berbagai kebiasaan sehat, seperti menjalani pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga, miliki waktu tidur berkualitas, hingga mengelola stres dengan baik. Dan, yang tak boleh dilupakan – memenuhi kebutuhan vitamin harian yang penting untuk menjaga imun tubuh.

Sejumlah jenis vitamin, termasuk Vitamin C memiliki peran penting dalam membantu memperkuat serta menjaga kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh pun tidak mudah terserang berbagai macam penyakit, termasuk virus corona.

Tak hanya dari makanan, Vitamin C juga bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti dari Enervon.

Konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Atau, kamu dapat konsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

 

Itulah ulasan mengenai antibodi terhadap Covid-19 yang mampu bertahan sampai 10 bulan lamanya. Meskipun antibodi bisa bertahan lebih lama – serta program vaksinasi yang makin gencar dilakukan, tapi jangan biarkan dirimu lengah!

Tetap laksanakan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin, sehingga diri dan keluarga dapat terlindungi dari ancaman penularan virus corona.

 

 

Featured Image - ksrpmi.uns.ac.id

Source - instagram.com/@adamprabata


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!