Selama pandemi Covid-19, sebagian perusahaan ada yang menerapkan risiko terjadinya penularan virus corona. Meski demikian, ada pula pekerja yang tidak bisa mendapatkan keuntungan tersebut. Walaupun pemerintah telah mengeluarkan syarat ketat untuk bekerja di kantor, tapi risiko penularan masih ada.

Bahkan, belum lama ini klaster perkantoran di DKI Jakarta dikabarkan terus meningkat, padahal sebagian besar karyawan kantor tersebut sudah mendapatkan vaksinasi. Untuk itu, jangan sampai lengah! Sudah divaksin belum tentu menjamin terhindar dari infeksi virus. Jadi, penerapan protokol kesehatan masih harus dilaksanakan.

Selain itu, perhatikan pula beberapa hal yang berisiko menularkan virus corona di kantor. Setidaknya ada tiga penyebab – yang sayangnya masih jarang disadari banyak orang. Apa saja faktor tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

Berkerumun di Area Dapur Ketika Sedang Mengambil Makanan

Credit Image - magazine.job-like.com

Sebagian kantor mungkin ada yang menyediakan makan siang untuk karyawannya. Menjelang waktu makan siang, bisa saja terjadi kerumunan ketika mengambil makanan yang tersedia. Atau, bahkan ada pula yang makan sembari berdekatan.

Meski hanya membuka masker sebentar saja, namun penularan virus tetap dapat terjadi. Orang yang membuka masker – bisa mengeluarkan droplet yang kemungkinan mengandung Covid-19. Kemudian, virus tersebut akan menyebar melalui udara di ruang kantor, dan tentu menulari sejumlah karyawan yang berada di sana.

Hal tersebut bisa semakin diperburuk, jika ruangan tidak memiliki ventilasi – maupun sirkulasi udara yang baik.

 

Memesan Makan Siang Juga Tinggi Risiko Penularan

Credit Image - canr.msu.edu

Ketika karyawan tidak memiliki waktu untuk menyiapkan makanan – pasti, cenderung memilih untuk memesannya dari luar. Hal tersebut juga bisa menjadi faktor penyebab penularan virus yang masih jarang disadari.

Memeasan makanan dari luar dapat menularkan virus, karena belum tentu terjamin kebersihan dan keamanan makanan yang dipilih. Apakah kudapan tersebut sudah higienis? Atau, apakah proses pengemasannya sudah memenuhi protokol kesehatan? Lalu, apakah pelayan yang menyediakan makanan memakai masker? Sejumlah hal ini mesti diwaspadai.

Belum lagi, ketika makan siang di kantor bersama dengan rekan kerja – membuat kemungkinan semakin tinggi. Ketika makan, masker akan dilepas dan cenderung mengobrol. Kegiatan ini tentu saja akan meningkatkan risiko penularan virus.

Untuk itu, imbauan makan siang jaga jarak, makan di meja masing-masing, serta sebaiknya membawa makanan dari rumah – perlu diterapkan!

 

Memaksakan Diri Pergi ke Kantor

Credit Image - halodoc.com

Jika kamu merasa sedang tidak enak badan, namun tidak mengalami gejala Covid-19 – ada kemungkinan, dirimu tetap memutuskan untuk pergi ke kantor. Padahal, tanpa disadari, tindakan ini bisa menjadi penyebab penularan virus corona di perkantoran.

Kondisi tubuh yang sedang tidak bugar sangat rawan terserang virus. Kemudian, mungkin saja penularan terjadi ketika di perjalanan. Untuk itu, ketika sedang merasa tidak enak badan – sebaiknya pilih opsi bekerja dari rumah.

 

Selama pandemi, terus pencegahan penularan virus dengan menjalani protokol kesehatan secara lengkap dan ketat, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

Selain menerapkan protokol kesehatan dan mendapat vaksin, imunitas tubuh juga tetap harus dipertahankan, sehingga infeksi virus tidak mudah terjadi. Kamu dianjurkan menjalani hidup sehat, seperti menjalani pola makan sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan lengkapi dengan rutin konsumsi multivitamin.

Untuk multivitamin, disarankan memilih yang memiliki kandungan Vitamin C dan Vitamin B Kompleks – kombinasi keduanya secara maksimal dapat bantu menjaga kekebalan tubuh, sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

Adapun multivitamin yang direkomendasikan, yaitu Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – kombinasi sejumlah vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dengan rasa yang segar dan berkhasiat untuk memelihara daya tahan tubuh.

Untuk yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - cnnindonesia.com