6 Tips Tingkatkan Metabolisme Untuk Berikan Energi Bagi Tubuh

6 Tips Tingkatkan Metabolisme Untuk Berikan Energi Bagi Tubuh

font size A Ǎ

Seperti diketahui, sistem metabolisme merupakan kemampuan tubuh dalam mencerna makanan, sekaligus membakar kalori untuk diubah menjadi energi. Selain untuk menjaga stamina – agar tahan lebih lama, metabolisme yang baik juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Semakin tinggi proses metabolisme tubuh, maka semakin cepat pula kalori dapat terbakar. Nah, proses pembakaran inilah yang berperan penting dalam mengurangi bobot tubuh. Lantas, sebaliknya, kalau metabolisme sedang melemah – maka proses pembakaran lemak dapat terganggu. Bahkan, metabolisme yang tidak baik, bisa membuat tubuh gampang lemah, lho.

Tak jarang, tubuh yang mudah lemah dan lemas pun dapat memengaruhi produktivitas harian, bahkan membuat imunitas menurun. Padahal, kekebalan yang optimal sangat penting, terutama di masa pandemi. Ketika kekebalan sudah kuat, maka risiko terinfeksi virus corona akan berkurang.

Lalu, bagaimana sih cara tepat untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh? Berikut ini 6 tips yang bisa kamu terapkan.

Yuk, simak selengkapnya sampai habis ya!

 

 

Konsumsi Protein Jadi Cara Paling Jitu

6 Tips Tingkatkan Metabolisme Untuk Berikan Energi Bagi Tubuh

Credit Image - klikdokter.com

Hal pertama yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan metabolisme, yaitu dengan rutin mengonsumsi protein. Asupan yang satu ini dapat ditemukan pada berbagai jenis makanan, seperti dada ayam, kacang, maupun telur – yang sudah pasti dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Asupan makanan tinggi protein dapat mempercepat proses metabolisme, bahkan sampai 15-30 persen, lho. Selain itu, memperbanyak asupan protein juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama yang dapat mendukung program penurunan berat badan, sekaligus menjaga energi tubuh.

 

Lakukan Latihan Intensitas Tinggi

Tahukah kamu bahwa melakukan latihan intensitas tinggi juga berpengaruh terhadap peningkatan proses metabolisme tubuh? Ya, jenis latihan seperti high-intensity interval training alias HIIT merupakan olahraga yang dianjurkan untuk diet. Karena, dampaknya yang dapat mempercepat proses pembakaran kalori.

Semakin rutin kamu melakukan olahraga HIIT, maka efek baiknya untuk pembakaran lemak pun semakin cepat dirasakan. Adapun latihan intensitas tinggi yang dapat dilakukan, yaitu lari, push-up, squat, plank, dan wall-sit.

 

Angkat Beban Juga Bisa Jadi Pilihan Latihan Lainnya

6 Tips Tingkatkan Metabolisme Untuk Berikan Energi Bagi Tubuh

Credit Image - health.detik.com

Selain melakukan latihan intensitas tinggi, kamu juga dianjurkan melakukan latihan angkat beban – sebagai salah satu cara efektif untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh, lho. Angkat beban atau latihan kekuatan otot juga tergolong mudah untuk dilakukan kok. Yang penting, kamu perlu konsisten ya!

Tidak hanya dapat lebih cepat untuk membakar kalori tubuh, latihan yang satu ini juga berguna untuk membangun otot tubuh. Jadi, apakah kamu sedang dalam program diet? Bisa lakukan cara ini untuk mempercepat metabolisme tubuh ya!

 

Perbanyak Pula Kegiatan Fisik Lainnya

Melakukan berbagai kegiatan fisik lainnya juga sangat dianjurkan untuk bantu mempercepat proses metabolisme tubuh. Dengan rutin bergerak, maka pembakaran lemak pun akan semakin meningkat. Ingat, terlalu lama duduk dan kurang aktivitas fisik – dapat memperlambat metabolisme.

Untuk itu, kamu sangat disarankan untuk banyak melakukan kegiatn agar proses pembakaran dapat terjadi. Adapun kegiatan yang bisa dilakukan, yaitu berjalan kaki, membersihkan rumah, bersepeda, atau sekedar naik-turun tangga.

 

Jangan Lupa, Tidur yang Cukup!

6 Tips Tingkatkan Metabolisme Untuk Berikan Energi Bagi Tubuh

Credit Image - cantik.tempo.co

Kemudian, yang tidak boleh dilupakan, yaitu mencukupi waktu tidur harian – agar metabolisme dapat semakin meningkat. Memang sudah cukup terkenal bahwa salah satu cara meningkatkan metabolisme dalam program diet – adalah dengan tidur yang cukup, selama 7-9 jam setiap hari.

Jika kamu mengalami kesulitan untuk tidur, cobalah kurangi paparan sinar biru, perhatikan asupan makanan, mandi sebelum pergi tidur, buatlah suhu ruangan yang nyaman, dan rutin berolahraga – yang juga bisa membuat tidur lebih nyenyak.

 

Lengkapi Asupan Vitamin B Kompleks

Perlu diketahui bahwa Vitamin B Kompleks merupakan salah satu vitamin yang berperan penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Sejumlah jenis Vitamin B Kompleks – berfungsi untuk memproses karbohidrat, kemudian memecahnya menjadi glukosa dan diubah menjadi energi untuk tubuh.

Lalu, bagaimana caranya memenuhi kebutuhan vitamin tersebut? Vitamin B Kompleks dapat diperoleh dari sumber makanan, seperti daging sapi, susu dan produk olahannya, telur, bayam, tempe, sayuran berdaun hijau, kerang, dan hati.

Selain dari makanan, Vitamin B Kompleks juga bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C – yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk optimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi bagi tubuh.

Dan, pastinya kandungan Vitamin C dalam Enervon-C dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit ya.

Konsumsi Enervon-C baik dalam bentuk tablet – yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat berikan perlindungan ekstra.

Bagimu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk bantu menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah – dan tentunya, dapat bantu mengoptimalkan sistem imun.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah jelas ya ulasan mengenai tips meningkatkan metabolisme, agar tubuh memiliki energi yang lebih tahan lama, sekaligus dapat membantu menurunkan berat badanmu. Jadi, sudahkah kamu menerapkan sejumlah cara tersebut?

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!