Seperti diketahui, sistem kekebalan tubuh memang memiliki kaitan erat dengan asupan gizi. Ya, menu makanan yang kaya akan nutrisi, termasuk vitamin – tentu dapat mengoptimalkan kinerja imun tubuh, sehingga lebih kuat untuk melindungimu dari berbagai macam ancaman penyakit, termasuk virus corona.

Berkaitan dengan pola makan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tak heran kalau semakin banyak orang yang mengonsumsi makanan sehat selama pandemi. Jadi, tak sekedar mementingkan perut kenyang, tapi juga harus bisa menjaga kesehatan tubuh.

Dilansir dari CNN Indonesia, menurut seorang ahli gizi klinis, Eva Maria Christine mengatakan bahwa makanan yang sehat merupakan makanan yang kaya akan gizi lengkap dan seimbang. Idealnya, karbohidrat memiliki porsi paling banyak – tapi, disarankan karbohidrat kompleks. Selain itu, nutrisi lainnya seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral pun perlu didapatkan.

Terkait dengan asupan gizi seimbang yang dapat menjaga imun tubuh, berikut ini ada sejumlah tips yang dapat dilakukan – untuk memastikan diet harianmu sudah bernutrisi.

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Makan Secara Teratur, Penting Diterapkan

Credit Image - klikdokter.com

Yang pertama, pastikan kamu sudah makan secara teratur. Dalam sehari, asupan makan terdiri dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Usahakan sejumlah nutrisi penting dapat terpenuhi di setiap waktu makan ya.

Makronutrien – yang diperlukan dalam jumlah besar akan menjadi sumber energi utama. Sementara, mikronutrien yang jumlahnya lebih sedikit, tetap dibutuhkan untuk membantu metabolisme tubuh. Selain itu, asupan cairan juga tentunya diperlukan.

Kemudian, perlu diketahui bahwa dalam satu porsi santapan, sebaiknya terdiri dari 45-65 persen karbohidrat – di mana mencakup serat sebesar 25-30 gram, dan gula yang jumlahnya dibatasi. Kemudian, protein 10-20 persen, dan lemak 20-25 persen.

 

Konsumsi Buah Secara Rutin

Serat merupakan salah satu asupan penting yang mesti dipenuhi setiap harinya. Nutrisi tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah – yang juga baik dijadikan sebagai camilan sehat. Idealnya, tubuh perlu diberi asupan tiap tiga jam sekali.

Untuk itu, di sela jam makan besar, kebutuhan nutrisi dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan selingan. Nah, kamu direkomendasikan makan buah – baik beberapa saat setelah makan besar, maupun dijadikan sebagai snack sehat. Setidaknya, konsumsi sebanya 3-5 porsi per hari.

 

Hindari Makanan Olahan Ya!

Credit Image - idntimes.com

Kemudian, yang tak boleh dilupakan, yaitu sebisa mungkin konsumsi makanan alami, bukan olahan. Makanan alami – merupakan jenis makanan yang masih memiliki bentuk sesuai asalnya dengan nutrisi yang masih terjaga.

Sedangkan makanan olahan biasanya sudah mengalami proses pengolahan sehingga sudah jauh dari bentuk asli dan kandungan nutrisinya pun jauh berkurang. Selain itu, jenis makanan ini juga cenderung mengandung gula, garam, dan lemak yang tinggi. Jika dikonsumsi berlebih dalam jangka panjang, dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya.

 

Perhatikan Pula Proses Pengolahan Makanan

Sejatinya, kamu bebas mengolah bahan makanan sesuai selera. Namun, disarankan untuk menghindari teknik memasak deep fried – alias menggoreng dengan minyak berlimpah. Selain itu, kamu juga disarankan tidak mengolah makanan dengan cara di bakar secara berlebihan.

Makanan yang diolah dengan cara deep fried dapat merusak kandungan protein dan menghilangkan vitamin. Sementara, teknik mengolah makanan dengan dibakar – pun dapat merusak nutrisi, dan meningkatkan risiko kanker usus yang cukup tinggi.

 

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Credit Image - orami.co.id

Baik makronutrien maupun mikronutrien sekalipun dapat diserap oleh tubuh secara maksimal, ketika asupan cairan sudah cukup. Selain itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi – juga termasuk salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh.

Setidaknya penuhi kebutuhan cairan sebanyak 8 sampai 10 gelas setiap harinya – yang juga setara dengan 2 liter air. Dengan memenuhi kebutuhan asupan cairan, maka hal ini juga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi.

 

Selain menerapkan sejumlah tips pola makan sehat di atas, kamu juga dianjurkan untuk melengkapinya dengan rutin mengonsumsi suplemen atau multivitamin – yang memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat berikan perlindungan ekstra.

Bagi yang punya aktivitas padat, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk bantu menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah – dan tentunya, dapat bantu mengoptimalkan sistem imun.

 

Itulah kelima tips pola makan bergizi seimbang yang dapat bantu meningkatan imun selama pandemi Covid-19. Jadi, sudahkah kamu menerapkan sejumlah hal tersebut?

 

 

Featured Image - moslemjourney.com

Souce - cnnindonesia.com