7 Hal yang Mesti Segera Dilakukan Ketika Alami Serangan Panik

7 Hal yang Mesti Segera Dilakukan Ketika Alami Serangan Panik

font size A Ǎ

Sepertinya, kondisi di mana seseorang mengalami serangan panik sudah terdengar familiar, bahkan tak sedikit orang yang merasakan hal tersebut. Tapi, apakah itu serangan panik? Ini merupakan munculnya rasa takut atau gelisah yang berlebihan secara mendadak. Rasa panik tersebut ditandai dengan detak jantung berdebar cepat, sesak napas, pusing, sampai tubuh gemetaran.

Nah, perlu diwaspadai nih – serangan panik dapat berlangsung cepat atau lama. Tak jarang juga terjadi berulang kali dalam jangka panjang. Seseorang berisiko mengalami serangan panik, kalau merasa stres jangka panjang, suasana hati berubah ekstrim, mengalami trauma psikis – atau  ada riwayat keluarga dengan kondisi serupa.

Tapi, tak perlu khawatir, semakin sering kamu mempelajari mengenai kondisi yang satu ini – maka, serangan panik tidak akan terlihat semenakutkan itu, kok. Lantas, apa saja sih hal yang perlu dilakukan ketika alami serangan panik?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Ambil Napas Panjang Terlebih Dahulu

7 Hal yang Mesti Segera Dilakukan Ketika Alami Serangan Panik

Credit Image - blog.roomme.id

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika mengalami serangan panik, yaitu tarik napas panjang – cobalah untuk fokus pada pernapasanmu. Tips ini merupakan salah satu cara terbaik untuk bantu memperlambat reaksi tubuh terhadap rasa panik, lho.

Dengan melatih pernapasan, maka semakin cepat pula kamu dapat menenangkan diri dari serangan panik. Ambil napas perlahan dan dalam – kemudian, ulangi beberapa kali. Hal ini akan merusak sistem respons stres dan membuat diri lebih rileks.

 

Pergi ke Ruangan yang lebih Tenang

Apakah kamu kerap mengalami serangan panik? Selain mengambil napas panjang, cara lain untuk mengatasinya – kamu dapat pergi ke ruangan yang lebih sepi, sehingga dapat merasa tenang. Hal ini juga baik diterapkan bagi orang yang mudah panik ketika berada di tempat umum.

Nah, cobalah untuk pergi ke ruangan yang lebih tenang, kemudian lakukan teknik pernapasan seperti poin yang sudah disebutkan sebelumnya. Dengan kedua cara tersebut – serangan panik dapat segera diatasi.

 

Bayangkan Hal yang Menenangkan

7 Hal yang Mesti Segera Dilakukan Ketika Alami Serangan Panik

Credit Image - kids.grid.id

Kemudian, kamu juga dapat mengatasi serangan panik dengan membayangkan berbagai hal yang menenangkan, lho. Coba pikirkan, kira-kira suasana apa yang membuatmu lebih rileks? Seperti berada di alam bebas – atau lain sebagainya.

Dengan memvisualisasikan hal-hal yang menangkan, ini dapat membantu melibatkan sistem saraf parasimpatis. Sistem saraf tersebut akan membuat tubuh beristirahat dai berbagai perasaan – seperti stres dan cemas yang ditimbulkan oleh serangan panik.

 

Dapat Mencoba Terapi Relaksasi Otot Progresif

Cara yang satu ini melibatkan penegangan dan pelepasan otot – yang dapat membantu mengatasi serangan panik. Misalnya, kamu dapat menegangkan jari kaki, kemudian tahan selama beberapa detik, dan lepaskan.

Teknik terapi relaksasi otot progresif akan memberi tahu tubuh mengenai perbedaan yang dirasakan otot – baik ketika tegang dan rileks. Dengan teknik terapi ini, kamu akan menyadari bagaimana perasaan tubuh saat ini.

 

Ketahui Status Kesehatan Fisikmu

7 Hal yang Mesti Segera Dilakukan Ketika Alami Serangan Panik

Credit Image - sehatq.com

Perlu diketahui, bahwa status kesehatan fisik juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan fisik, lho. Jadi, cobalah untuk mengetahui kondisi kesehatan, sehingga kamu bisa tahu – apakah tengah mengalami gejala serangan panik, atau justru mengalami gejala penyakit lain yang lebih serius.

Selain itu, serangan panik juga dapat memengaruhi sistem daya tahan tubuh – yang ini wajib kamu perhatikan. Ketika  serangan panik terjadi dalam jangka panjang, kondisi ini dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh – termasuk dapat melemahkan sistem kekebalan. Nah, hal tersebut biasanya ditandai dengan demam dan flu.

 

Ingat, Everything is Gonna be Okay!

Serangan panik seringkali berlangsung selama beberapa menit – tapi, tak sedikit pula yang terjadi dalam waktu cukup lama. Cara lain untuk membantu mengatasi kondisi ini, yaitu menenangkan dengan memberi dukungan pada diri sendiri.

Katakan bahwa kamu mengalami serangan panik – dan ini bukanlah masalah besar. Ingatlah, bahwa semuanya akan baik-baik saja. Tanpa disadari, cara tersebut dapat mengurangi tingkat kecemasan yang dirasakan.

 

Terapkan Kebiasaan Hidup Sehat

7 Hal yang Mesti Segera Dilakukan Ketika Alami Serangan Panik

Credit Image - health.detik.com

Tahukah kamu bahwa kebiasaan hidup sehat juga berpengaruh terhadap serangan panik yang dialami? Ya, menerapkan pola hidup sehat – seperti makan dengan baik, istirahat yang cukup, stres olahraga teratur dapat mengurangi risiko terjadinya serangan panik.

Selain itu, melakukan latihan aerobik, seperti berlari, bersepeda, atau latihan kardio lainnya juga berperan besar dalam mengurangi gejala kecemasan, lho. Sementara, sejumlah gaya hidup tak sehat, baik konsumsi kafein berlebihan, maupun merokok – justru bisa memicu terjadinya rasa panik yang timbul mendadak.

Tentunya, memenuhi kebutuhan nutrisi juga menjadi bagian dari kebiasaan hidup sehat – yang wajib kamu lakukan. Nutrisi, termasuk vitamin dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan, sekaligus rutin konsumsi multivitamin.

Untuk multivitamin, direkomendasikan konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Dengan rutin mengonsumsi Enervon-C – tubuh dapat memperoleh sumber energi yang tahan lama nih. Sebab, kandungan Vitamin B Kompleks dapat meningkatkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi energi untuk beraktivitas.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg. Tapi, apapun pilihamu – kedua jenis Enervon-C tersebut dapat bantu menjaga kesehatan, terutama imun tubuh.

Untuk kamu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah – sekaligus optimalkan kekebalan tubuhmu.

 

Nah, itulah ketujuh cara yang dapat dilakukan untuk bantu mengatasi serangan panik. Jadi, ketika kamu mengalami kondisi tersebut – segera lakukan sejumlah tips di atas ya!

 

 

Featured Image - honestdocs.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!