Setiap orangtua pasti mendambakan Si Kecil dapat tumbuh sehat, pintar, dan kuat. Apakah moms juga merasakan hal serupa? Untuk mewujudkannya, banyak cara yang dilakukan – demi menjaga kesehatan anak.

Yang sudah sering diterapkan, yaitu dengan suplemen pelengkap. Dari sekian banyaknya jenis nutrisi, termasuk vitamin yang dibutuhkan – Vitamin B Kompleks termasuk yang terpenting.

Kamu pun pasti sudah mendengar jenis vitamin yang satu ini kan? Vitamin B Kompleks sering disebut sebagai salah satu vitamin penting, untuk menunjang pertumbuhan otak, saraf, kulit, mata, dan jaringan tubuh lainnya. Dalam kata lain, vitamin ini dapat membantu menjaga kesehatan anak secara keseluruhan.

Vitamin B kompleks terdiri dari 8 jenis vitamin yang memiliki fungsinya masing-masing dalam menjaga kesehatan anak. Lebih lanjut mengenai hal tersebut – yuk, simak manfaat Vitamin B Kompleks untuk anak, sekaligus cara memenuhinya.

 

 

Vitamin B1: Untuk Mengubah Gula Menjadi Energi

Credit Image - helena-thai.com

Vitamin B kompleks pertama, yaitu Vitamin B1 – atau disebut juga Thiamin yang bertanggung jawab mengubah gula dan karbohidrat menjadi energi pada tubuh anak. Selain itu, vitamin ini juga berfungsi melindungi sistem saraf dari kerusakan, serta menyampaikan pesan dari otak atau sistem saraf ke organ tubuh lainnya.

Jadi, tak heran ya kalau Vitamin B yang satu ini sangat penting – alasannya juga berkaitan dengan metabolsime, sekaligus kesehatan anak secara keseluruha, lho. Bahkan, manfaatnya tak dirasakan dalam jangka pendek saja, melainkan akan berdampak jangka panjang untuk menentukan kecerdasan anak di masa mendatang.

 

Vitamin B2, Menjaga Kesehatan Mata, Kulit, dan Saraf

Vitamin B2 alias Riboflavin – juga menjadi jenis Vitamin B Kompleks yang penting untuk mendukung kesehatan anak. Vitamin yang satu ini  berfungsi membantu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Vitamin B2 bekerja sama dengan Vitamin B lainnya untuk menjaga kulit, saraf, mata, dan sel darah merah. Penting diperhatikan, kekurangan asupan Riboflavin – dapat terjadi terhadap orang yang mengalami kondisi tertentu, seperti infeksi berkepanjangan, penyakit saluran cerna, penyakit liver, atau kanker.

 

Vitamin B3 yang Berperan Mengubah Lemak Jadi Energi

Credit Image - jovee.id

Selanjutnya, tak ketinggalan Vitamin B3 atau Niacin – yang bertugas dalam mengubah lemak dan karbohidrat menjadi energi yang dapat digunakan Si Kecil ketika beraktivitas. Dengan begitu, anak pun tak mudah merasa lelah akibat kekurangan energi ya, moms.

Selain itu, Vitamin B3 juga terlibat dalam meningkatkan kesehatan sistem saraf, sistem pencernaan, bahkan kulit anak. Jadi, pastikan asupan Vitamin B Kompleks yang satu ini – sudah dipenuhi secara maksimal oleh Si Kecil.

 

Vitamin B5 Untuk Metabolisme Lemak dan Karbohidrat

Vitamin B5 – alias Asam Pantotenat juga menjadi asupan penting yang mesti dipenuhi untuk menjaga kesehatan anak. Kalau jenis Vitamin B yang satu ini akan berperan untuk mengoptimalkan proses metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh Si Kecil.

Asam Pantotenat akan terlibat dalam pengubahan nutrisi makro, seperti protein, karbohidrat, dan lemak, menjaga produksi sel darah merah, dan sintesis koenzim A. Selain itu, Vitamin B5 juga membantu tubuh untuk memproduksi Vitamin B lainnya – terutama Vitamin B2, lho.

 

Vitamin B6: Membantu Proses Metabolisme Asam Amino

Credit Image - sehatq.com

Tentunya, kehadiran Vitamin B6 tak kalah penting dari jenis Vitamin B lain yang dapat mendukung kesehatan Si Kecil. Disebut juga sebagai Piridoksin – Vitamin B6 diperlukan untuk mengubah asam amino, sehingga dapat menjalankan fungsi organ-organ tubuh, antara lain fungsi sistem saraf, kardiovaskular, fungsi otak, sistem pencernaan, hingga mengatur suasana hati anak.

Moms juga pasti sudah tahu ya manfaat asam amino untuk tumbuh kembang Si Kecil? Nutrisi yang satu ini berperan untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh, serta sebagai salah satu sumber energi yang dibutuhkan agar anak bisa beraktivitas dengan baik.

 

Vitamin B7 yang Juga Dapat Membantu Metabolisme Lemak dan Karbohidrat

Hampir mirip dengan Vitamin B5, jenis Vitamin B yang satu ini  juga berperan dalam membantu proses metabolisme lemak dan karbohidrat, lho. Vitamin B7 termasuk dalam keluarga Vitamin B Kompleks yang penting untuk proses metabolisme tersebut.

Dikenal juga sebagai Biotin, Vitamin B7 bertugas untuk menjaga kesehatan rambut, kuku, dan sistem saraf. Bahkan, Vitamin B7 juga bermanfaat bagi pengidap diabetes tipe-2 untuk mengontrol kadar insulin lho, moms.

 

Vitamin B9 – Berperan Dalam Pembentukan Sel Darah Merah

Credit Image - sehatq.com

Selanjutnya, Vitamin B Kompleks yang tak kalah penting, yaitu Vitamin B9 alias Asam Folat yang mampu menjaga kesehatan anak, bahkan sejak ia berada di dalam kandungan. Seperti diketahui, Vitamin B9  dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan tubuh – termasuk memproduksi sel darah merah.

Wajib diperhatikan nih, kekurangan Vitamin B9 akan menyebabkan anak anemia dengan salah satu gejalanya, yaitu kelelahan. Jadi, pastikan Si Kecil sudah memenuhi kebutuhan Vitamin B9 dengan baik ya.

 

Vitamin B12 Untuk Membantu Fungsi Otak dan Saraf

Yang terakhir, ada Vitamin B12 yang penting untuk Si Kecil. Jangan salah, asupan satu ini juga sangat baik bagi orang dewasa, lho. Vitamin B12 – merupakan jenis Vitamin B yang dibutuhkan untuk proses sintesis DNA.

Selain itu, Vitamin B12 dapat meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf – pada orang dewasa, vitamin ini dapat mencegah terjadinya demensia, membantu produksi sel darah merah, hingga mampu menghambat menghambatkan perkembangbiakan virus HIV.

 

Lalu, Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin B Kompleks pada Anak?

Credit Image - kumparan.com

Setelah mengetahui manfaat Vitamin B Kompleks untuk mendukung pertumbuhan, sekaligus menjaga kesehatan anak – lalu, bagaimana caranya untuk memenuhi kebutuhan vitamin tersebut pada Si Kecil?

Mudahnya, moms bisa memberikan berbagai makanan sehat kaya akan Vitamin B – yang tentu dapat diolah menjadi menu harian anak. Adapun beberapa sumber makanan tersebut, yaitu:

  • Susu
  • Telur
  • Ikan
  • Daging merah
  • Kacang-kacangan
  • Sayuran hijau

Selain dengan memberi anak asupan makanan kaya akan Vitamin B Kompleks, moms juga disarankan untuk memberi multivitamin – agar kebutuhan nutrisinya semakin terpenuhi. Berikan anak asupan suplemen dengan kandungan lengkap seperti Enervon-C Plus Sirup.

Multivitamin khusus anak yang satu ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak, bantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, meningkatkan napsu makan, memelihara kesehatan tulang dan gigi, serta menjaga daya tahan tubuh Si Kecil agar tidak mudah sakit.

Dan, untuk mendapatkan produk Enervon-C Plus Sirup, kamu dapat kunjungi apotek terdekat, atau membelinya di official store di platform e-commerce, seperti TokopediaShopeeLazada, dan BukaLapak. Yuk, tunggu apa lagi? Dapatkan segera sejumlah produk multivitamin Enervon, termasuk Enervon-C Plus Sirup ya!

 

Jadi, tunggu apalagi? Sudah saatnya moms memberikan asupan Vitamin B Kompleks yang tepat pada Si Kecil, agar pertumbuhan sekaligus kesehatan anak secara keseluruhan dapat terjaga!

 

 

Featured Image - klikdokter.com