5 Tips Atur Pola Makan Lebih Sehat. Bantu Jaga Imun Saat Pandemi

5 Tips Atur Pola Makan Lebih Sehat. Bantu Jaga Imun Saat Pandemi

font size A Ǎ

Tahukah kamu bahwa menerapkan pola makan yang sehat merupakan kunci penting dalam menjaga kesehatan tubuh – sekalius mempertahankan imunitas? Ya, di masa pandemi – kekebalan tubuh yang baik memang menjadi hal terpenting, terutama untuk mengurangi risiko infeksi virus. Jadi, penerapan pola makan sehat menjadi tugas yang mesti kamu jalani.

Selain dapat menjaga kesehatan, serta meningkatkan imun tubuh – pola makan yang sehat pun berpengaruh pada penurunan berat badan bagi yang sedang menjalani diet, lho. Bahkan, hal ini juga terbukti mengurangi risiko penyakit kronis.

Tak perlu langkah yang repot, kamu dapat mengatur pola makan untuk menjaga kesehatan dengan melakukan sejumlah perubahan kecil terlebih dahulu. Apa saja yang bisa dilakukan? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

Perhatikan Jam Makan

5 Tips Atur Pola Makan Lebih Sehat. Bantu Jaga Imun Saat Pandemi

Credit Image - haibunda.com

Yang pertama, yaitu perhatikan jam makan dan pastikan kamu sudah makan secara teratur. Kunci untuk menjaga daya tahan tubuh, sekaligus penerapan diet yang sukses – dimulai dengan pola makan yang teratur setiap harinya.

Cobalah untuk membuat jadwal makan sesuai kebutuhan, mulai dari makan pagi, siang, sore, atau malam hari. Selain itu, jangan lupakan jadwal camilan sehat – yang boleh dikonsumsi di antara jeda makan berat.

Ingat, hindari pula melewatkan sarapan, karena makan di pagi hari sebelum memulai aktivitas dapat membantu memenuhi kebutuhan energi, serta membantu proses metabolisme, lho. Untuk sarapan, sebaiknya konsumsi makanan berprotein tinggi, seperti telur.

 

Pilih Sumber Karbohidrat yang Lebih Sehat

Selanjutnya, memperhatikan asupan karbohidrat yang tepat juga penting kamu lakukan. Ada baiknya, ganti sumber karbohidrat dengan asupan yang memiliki indeks glikemik lebih rendah. Misalnya, kamu dapat mengganti nasi putih dengan beras merah, atau bisa juga dengan roti gandum.

Nah, roti gandum dapat menjadi pilihan yang tepat, karena makanan ini mengandung Vitamin B Kompleks, Serat, dan beberapa mineral penting – seperti Zinc, Magnesium, dan Mangan yang bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh. Dan, pilihlah roti gandum yang terbuat dari biji-bijian utuh ya.

 

Tingkatkan Asupan Proteinmu!

5 Tips Atur Pola Makan Lebih Sehat. Bantu Jaga Imun Saat Pandemi

Credit Image - gatra.com

Yang tidak kalah penting dalam pola makan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh, yaitu meningkatkan asupan protein. Bahkan, nutrisi ini dapat membantu menurunkan berat badan, lho. Karena, protein memiliki kemampuan untuk memengaruhi hormon lapar dan kenyang.

Sebuah studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein dari 15 persen menjadi 30 persen kalori – dapat membantu seseorang makan lebih sedikit. Selain itu, asupan protein tinggi juga akan meningkatkan kalori yang dibakar, hingga 80-100 kalori per hari.

Dan, protein dapat membantu mempertahankan massa otot yang menentukan laju metabolisme. Hal tersebut sangat penting untuk mencegah hilangnya massa otot – yang mungkin terjadi selama proses penurunan berat badan, serta seiringnya bertambah usia.

 

Minum Air Putih yang Cukup

Tahukah kamu pola makan sehat untuk mendukung imun – juga meliputi mencukupi kebutuhan cairan tubuh? Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air yang cukup dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan imun, menurunkan berat badan, serta mempertahankan berat badan.

Ada pula studi yang menunjukkan bahwa minum air putih sebelum makan dapat mengurangi napsu makan dan asupan kalori ketika makan, lho. Sementara, ada juga yang menyebutkan kalau orang yang minum lebih banyak air putih mengonsumsi 200 kalori lebih sedikit per hari dibandingkan orang yang minum-minuman lain.

 

Penuhi Kebutuhan Vitamin Juga Tak Boleh Ketinggalan

5 Tips Atur Pola Makan Lebih Sehat. Bantu Jaga Imun Saat Pandemi

Credit Image - sehatalami.co

Dalam penerapan pola makan sehat, tetap memenuhi kebutuhan vitamin tubuh merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Untuk memenuhi asupan nutrisi tersebut, tentunya bisa dilakukan dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan kaya vitamin, termasuk buah dan sayur.

Tapi sayangnya, mengonsumsi makanan belum tentu bisa memenuhi kebutuhan vitamin harian, lho. Apalagi, jika makanan yang kamu konsumsi, diolah dengan cara yang kurang tepat – seperti dibakar, sehingga kandungan nutrisi pun akan berubah.

Lantas, hal apa yang bisa dilakukan? Kamu sangat disarankan mengonsumsi multivitamin – yang juga dapat membantu menjaga imun tubuh selama pandemi. Adapun multivitamin yang direkomendasikan, yaitu produk dari Enervon.

Seperti, Enervon-C yang mengandung yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh.

Atau, buat kamu yang memiliki aktivitas padat, dapat minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain dapat menjaga daya tahan tubuh, sejumlah multivitamin Enervon juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi untuk tubuh, lho. Manfaat yang satu ini, sudah pasti karena kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya ya.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai cara menerapkan pola makan sehat untuk bantu meningkatkan imun selama pandemi. Jadi, tunggu apalagi? Sudah saatnya kamu menjalani sejumlah kebiasaan sehat di atas – dan rasakan manfaat baiknya untuk tubuh!

 

 

Featured Image - macworld.web.id

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!