Sering Dibiarkan, 6 Keluhan Ini Bisa Jadi Tanda Masalah Metabolisme

TAGS : Kesehatan
font size A Ǎ

Seperti yang diketahui, metabolisme memiliki peran yang penting untuk tubuh. metabolisme berfungsi untuk mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi di dalam tubuh. Kamu mungkin menganggap selama ini metabolisme tubuhmu dalam keadaan yang baik- baik saja. Tetapi, seiring bertambahnya usia, ada beberapa saat dimana metabolismemu cenderung menurun dan melambat. Meski hal ini memang tergolong normal, tapi kamu tetap harus mewaspadai tanda- tanda tubuhmu sedang mengalami masalah metabolisme.

Apa itu metabolisme?

Sering Dibiarkan, 6 Keluhan Ini Bisa Jadi Tanda Masalah Metabolisme

Credit: Alodokter

Metabolisme merupakan proses dimana tubuh mengubah apa yang kamu makan dan minum menjadi energi yang digunakan untuk beraktivitas. Energi diperlukan untuk menjaga fungsi tubuh agar tetap berjalan dengan baik. Proses metabolisme ini terus berjalan setiap saat, termasuk saat kamu sedang tidur. Karena, energi yang dihasilkan tetap dibutuhkan untuk menjalani fungsi pernapasan, melancarkan sirkulasi darah, penyesuaian tingkat hormon, pertumbuhan dan perbaikan sel yang banyak terjadi saat tidur.

Sama seperti bagian tubuh lainnya, metabolisme juga dapat mengalami proses penuaan. Ini artinya, metabolisme juga bisa mengalami masalah dan berjalan lebih lambat dari biasanya. Hal ini disebabkan karena semakin bertambahnya usia, jumlah otot akan semakin menurun dan digantikan oleh komposisi lemak yang mendominasi berat badan. Akibatnya, pembakaran kalori dalam tubuh juga melambat sehingga menandakan metabolismemu juga ikut melambat.

Apa saja tanda adanya masalah metabolisme dalam tubuh?

1. Mudah lelah

Sering Dibiarkan, 6 Keluhan Ini Bisa Jadi Tanda Masalah Metabolisme

Credit: Liputan6

ada banyak hal yang membuat tubuhmu cepat lelah, misalnya karena kurang tidur atau berolahraga terlalu keras dan berlebihan. Selain itu, mudah lelah juga menjadi salah satu pertanda bahwa metabolisme tubuhmu sedang berjalan lambat. Hal ini dikarenakan tubuh mengalami kesulitan dalam mencerna makanan sehingga tubuh tidak mendapatkan pasokan energi untuk menjalankan aktivitas.

2. Rambut dan kulit kering

Sering Dibiarkan, 6 Keluhan Ini Bisa Jadi Tanda Masalah Metabolisme

Credit: Honest Docs

Kondisi rambut dan kulit kering menjadi salah satu pertanda tubuhmu sedang mengalami masalah metabolisme. Karena metabolisme yang buruk membuat tubuh tidak dapat memperbaiki sel- sel mati dengan cepat sehingga kesehatan kulit dan rambut menjadi tidak terjaga.

Selain itu, masalah rambut dan kulit kering juga bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan lain, contohnya karena masalah gizi yang buruk.

3. Sering ngidam dan nafsu makan yang meningkat

Sering Dibiarkan, 6 Keluhan Ini Bisa Jadi Tanda Masalah Metabolisme

Credit: Grid.id

Mengidam merupakan salah satu sinyal yang diberikan oleh tubuh saat kekurangan energi. Jika kamu sudah cukup tidur dan makan teratur tetapi malah sering mengidam, bisa jadi metabolisme tubuhmu sedang dalam kondisi yang tidak maksimal.

Hal ini dikarenakan tubuh tidak dapat mengubah asupan makanan menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan baik. Dan akibatnya, kamu jadi mudah lapar serta banyak ngidam untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh.

4. Berat badan cepat naik

Sering Dibiarkan, 6 Keluhan Ini Bisa Jadi Tanda Masalah Metabolisme

Credit: Halodoc

Mengalami kesulitan saat berusaha mempertahankan berat badan merupakan hal yang normal terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Sayangnya, hal ini juga menjadi pertanda adanya masalah metabolisme bila berat badan tetap saja bertambah, walaupun kamu sudah mengendalikan asupan makanan dengan baik. Untuk mengetahui penyebabnya dengan tepat, kamu bisa mengkonsultasikan hal ini pada ahli gizi atau dokter.

5. Sering merasa kedinginan

Sering Dibiarkan, 6 Keluhan Ini Bisa Jadi Tanda Masalah Metabolisme

Credit: Tribunnews

Saat metabolisme tubuh berjalan dengan baik, tubuh akan menghasilkan panas sehingga kamu cenderung merasakan hangat. Sebaliknya, jika kamu sering merasa kedinginan maka bisa jadi metabolisme kamu sedang melambat dan menjadi gejala hipotiroidisme.

Hipotiroidisme merupakan penurunan produksi hormon tiroid dalam tubuh sehingga menyebabkan proses metabolisme dalam tubuh ikut melambat. Hasilnya, kamu akan menjadi lebih sering memakai jaket atau selimut untuk mempertahankan suhu tubuh dan mendapatkan kehangatan.

6. Suasana hati mudah berubah

Sering Dibiarkan, 6 Keluhan Ini Bisa Jadi Tanda Masalah Metabolisme

Credit: Detik Health

Perubahan suasana hati secara dratis tidak selalu menggambarkan metabolisme tubuhmu lebih lambar dari biasanya. Namun, bisa jadi salah satu penyebab kamu mudah murung adalah rasa lelah akibat penurunan metabolisme tubuh.

Ada beberapa tes yang dapat dilakukan oleh dokter untuk mengetahui penyebab gangguan metabolisme dalam tubuh. Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan tes kalorimetri. Tes ini dilakukan dengan sedikit memodifikasi makananmu dalam satu hari dan beristirahat sambal menggunakan masker. Dan cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tes darah.

Selain itu, untuk tetap menjaga metabolisme tubuh tetap stabil kamu bisa mengonsumsi makanan bergizi, cukup istirahat, dan konsumsi suplemen vitamin C secara rutin. Namun, bila kamu merasakan ada yang tidak beres dengan sistem metabolisme tubuhmu, sebaiknya segera tanyakan kepada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Featured Image - Detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!