Di masa kini, sepertinya tak sedikit orang yang mengalami masalah kesehatan dapat meningkat.

Gangguan tidur yang dibiarkan begitu saja berpotensi meningkatkan risiko penyakit berbahaya tidak menular, seperti diabetes tipe 2, imun tubuh ikut menurun. Kamu tentu tidak ingin mengalami sejumlah masalah kesehatan tersebut, kan?

Sebenarnya, gangguan tidur dapat disebabkan oleh berbagai hal, baik secara fisik maupun psikologis. Tapi, ada satu hal lain yang seringkali dilupakan – dan ternyata menjadi penyebab timbulnya gangguan tidur, yaitu kekurangan asupan Vitamin B12.

Kok bisa ya kekurangan Vitamin B12 menyebabkan timbulnya gangguan tidur? Lantas, apa hal yang mesti dilakukan jika mengalami kondisi serupa? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini!

 

 

Gangguan Tidur: Dampak yang Dapat Ditimbulkan

Credit Image - alodokter.com

Seperti diketahui, gaya hidup dan pola tidur yang dimiliki dalam keseharian menjadi penentu kualitas tidur yang kamu dapatkan, lho. Kalau pola hidup kurang sehat – risiko mengalami gangguan tidur pun lebih tinggi. Ini mesti diwaspadai – karena kurang istirahat akan memberi efek negatif terhadap kesehatan.

Tapi, apa saja sih masalah kesehatan yang mungkin terjadi akibat gangguan tidur? Ketika kamu kurang waktu istirahat, kondisi kesehatan yang paling sering dialami, yaitu menurunnya sistem imun. Lalu, tubuh pun akan lebih mudah terserang berbagai macam penyakit.

Bahkan, Menurut penelitian, orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malamnya – akan lebih mudah terserang flu, ketimbang yang waktu istirahatnya tercukupi.

Tak hanya itu, gangguan tidur pun bisa meningkatkan risiko terjadinya depresi, penyakit jantung, sulit berpikir jenih, daya ingat menurun, hingga menyebabkan penuaan dini. Untuk itu, segera mengatasi gangguan tidur – menjadi langkah yang penting dilakukan.

 

Kekurangan Vitamin B12 Bisa Sebabkan Gangguan Tidur, Lho

Credit Image - inakoran.com

Selain penerapan pola hidup yang kurang sehat – gangguan tidur juga dapat disebabkan oleh hal lainnya, seperti kekurangan asupan Vitamin B12. Dilansir dari Detik – menurut penelitian dari National Institutes of Health Office of Dietary Supplements, AS, melaporkan ada 10 persen warga Amerika yang mengalami defisiensi Vitamin B12, kemudian mengalami insomnia kronis.

Meski kadar Vitamin B12 yang rendah tidak memicu gangguan tidur secara langsung, namun kondisi tersebut dapat menyebabkan gejala lainnya, seperti kelelahan, timbul kesemutan di kaki dan tangan, serta depresi – yang menjadi penyebab insominia alias sulit tidur.

Tubuh membutuhkan Vitamin B12 untuk membentuk sel darah merah, serta membantu otak berfungsi secara optimal. Selain itu, Vitamin B12 juga berperan dalam proses sintesis DNA. Ternyata, sejumlah hal tersebut – tanpa disadari berperan dalam proses istirahat tubuh, termasuk di malam hari.

 

Lantas, Gimana Cara Penuhi Kebutuhan Vitamin B12?

Credit Image - foodsafetyhelpline.com

Kebutuhan vitamin B12 dapat dipenuhi dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan, di antaranya:

  • Ikan, seperti salmon, sarden dan tuna.
  • Daging sapi.
  • Daging ayam.
  • Telur.
  • Berbagai produk olahan susu.
  • Seafood, seperti kepiting dan kerang.
  • Yogurt.

Tapi,  terkadang memenuhi kebutuhan vitamin B12 dari makanan saja belum tentu cukup lho. Apalagi, jika cara mengolah makanannya salah dan vitamin yang terkandung di dalamnya jadi rusak. Jadi, kamu bisa mengonsumsi multivitamin untuk bantu memenuhinya ya.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat memberikan perlindungan ekstra.

Dan, untuk yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas!

Selain dapat menjaga imun, kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya dapat membantu proses proses metabolisme tubuh sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi sumber energi bagi tubuh.

 

Jadi, apakah kamu mengalami gangguan tidur belakangan waktu terakhir? Perlu diperhatikan kembali, siapa tahu ini disebabkan karena kekurangan Vitamin B12, lho! Yuk, segera penuhi kebutuhan asupan tersebut dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanannya, dan optimalkan dengan rutin konsumsi multivitamin!

 

 

Featured Image - headtopics.com