Moms, Yuk Pahami Minat dan Bakat Anak Dengan 5 Tips Ini

Moms, Yuk Pahami Minat dan Bakat Anak Dengan 5 Tips Ini

TAGS : Anak tips minat bakat
font size A Ǎ

Selain bertugas untuk mendukung proses pertumbuhan Si Kecil, orangtua juga punya kewajiban lainnya, yaitu membantu anak memahami minat dan bakat yang dimiliki. Perlu diketahui, seseorang yang tumbuh dewasa tanpa merasa memiliki ketertarikan terhadap sesuatu, dapat berdampak buruk pada kehidupan pribadi, lho.

Setiap orangtua pastinya setuju kalau minat dan bakat harus dikembangkan sejak anak berusia dini. Namun, agar hal tersebut dapat dicapai, moms perlu melakukan sejumlah langkah tepat untuk mendukungnya ya.

Tapi, sebelum melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan minat dan bakat Si Kecil – ada baiknya, ketahui dahulu hal apa yang menjadi bakatnya. Lantas, hal apa yang bisa dilakukan untuk membantu anak memahami minat dan bakat yang ia miliki?

Berikut ini, ada lima langkah yang dapat ditempuh. Yuk, simak ulasannya sampai habis!

 

 

Berikan Anak Waktu Bermain

Moms, Yuk Pahami Minat dan Bakat Anak Dengan 5 Tips Ini

Credit Image - kumparan.com

Tanpa disadari, memberikan anak kebebasan untuk bermain – merupakan salah satu cara untuk membantu ia mengenali minat dan bakat. Selain itu, kegiatan tersebut juga baik untuk proses tumbuh kembangnya, lho.

Dengan membiarkan anak bermain, bahkan mengajaknya untuk mencoba permainan baru, maka lama-kelamaan ia pun dapat menunjukkan minat dan bakatnya. Jadi, hindari melarang Si Kecil bermain – apalagi, dengan alasan keamanan, membuat lupa diri, atau menyebabkannya malas belajar.

 

Hindari Membebaninya Dengan Aturan yang Ketat!

Ingat moms, menjadi orangtua bukan berarti dianggap yang paling benar, atau berhak dalam mengatur segala hal ya. Kalau begini, anak akan semakin sulit untuk mengenali minat bakat yang ia miliki, lho – bahkan, Si Kecil pun cenderung takut melakukan berbagai hal yang baru.

Untuk itu, coba hindari membebani anak dengan tanggung jawab, maupun aturan yang terlalu ketat. Misalnya, memberi batasan waktu bermain – seperti, hanya boleh main selama satu jam saja, memaksa anak harus mandi di waktu yang sudah kamu tentukan, atau harus mengerjakan tugas sebelum pukul 7 malam.

Pola asuh yang kurang menyenangkan dapat menjauhkan anak dari orangtua. Tentunya, hal tersebut akan menyulitkanmu untuk mengamati minat dan bakat yang ia miliki, kan?

 

Bisa Juga Dengan Mengajak Anak ke Tempat Baru

Moms, Yuk Pahami Minat dan Bakat Anak Dengan 5 Tips Ini

Credit Image - klikdokter.com

Cara berikutnya yang dapat membantu orangtua mengenali minat dan bakat Si Kecil, yaitu cobalah mengajaknya ke berbagai tempat baru. Tips yang satu ini dapat mengenali anak dengan sejumlah hal lain yang belum ia ketahui sebelumnya, lho.

Nah, moms semakin banyak hal yang diketahui oleh Si Kecil, maka semakin pula bagimu untuk mengenali minat dan bakat. Kecerdasan yang dibawa anak sejak lahir pun akan mendapat referensi baru – kemudian, dijadikan sebagai aktivitas yang disenanginya.

 

Kenalkan Pada Beberapa Profesi

Setiap minat dan bakat yang dimiliki anak, nantinya akan mengarah pada profesi tertentu. Sudah pasti, aktivitas yang ditekuni Si Kecil di masa mendatang – lebih baik kalau datang hari kegiatan yang memang diminatinya. Apakah moms setuju akan hal tersebut?

Mulai sekarang, cobalah untuk mengenalkan anak pada macam-macam profesi yang ada sejak ia berusia dini. Selain itu, moms juga dapat menunjukkan sejumlah ahli yang telah menggeluti bidang tersebut sejak lama. Kalau perlu, ceritakan bagaimana para ahli bisa meraih prestasi melalui minat dan bakatnya!

Motivasi seperti demikian akan merangsang Si Kecil untuk memilih minatnya, lho. Dan, dibantu dengan dukungan penuh dari orangtua – anak pun semakin mampu mewujudkannya sebagai bentuk prestasi.

 

Mendaftarkan Anak Dalam Kegiatan yang Sesuai Minatnya

Moms, Yuk Pahami Minat dan Bakat Anak Dengan 5 Tips Ini

Credit Image - klikdokter.com

Selain memperkenalkan profesi dan tokohnya melalui cerita – kamu juga dapat memberinya contoh konkret. Misalnya, dengan mendaftarkan anak dalam kegiatan ekstrakulikuler, seperti melukis, seni tari, maupun klub olahraga.

Tapi ingat ya, bebaskan Si Kecil untuk memilih, termasuk ketika ia merasa bosan – atau, bahkan ingin berhenti. Biar minat dan bakat semakin dikenali, cobalah untuk memilih lebih dari satu kegiatan, sehingga anak dapat menemukan aktivitas yang seru baginya.

Dengan melibatkan anak pada sebuah kegiatan, atau kelas juga sangat baik dalam mengajarkan cara bersosialisi dengan banyak anak lain, sehingga ia bisa mengembangkan kemampuan sosialnya.

 

Moms, agar minat dan bakat anak semakin berkembang – jangan lupa, untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil ya. Sebab, hal ini  juga berperan besar dalam mengembangkan minat dan bakatnya. Serta, membantu dalam proses tumbuh kembang anak, termasuk terkait kecerdasannya dalam berbagai bidang.

Tak hanya dengan menyajikan menu makanan bergizi, kebutuhan nutrisi juga bisa diperoleh dengan memberi Si Kecil multivitamin. Tapi, suplemen apa yang direkomendasikan?

Berikan multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai cara tepat mengenali minat dan bakat Si Kecil. Jadi, ternyata membantu anak mengembangkan minatnya bukanlah perkara sulit, kan? Yuk, mulai sekarang lakukan sejumlah upaya yang bisa mendukung perkembangan bakat anak.

 

 

Featured Image - educenter.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!