Tahukah kamu bahwa partikel yang dikeluarkan tersebut akan tersebar melalui udara, dan akhirnya menular ke orang-orang yang ada di sekitarnya.

Apalagi, jika virus terhirup oleh orang lain yang imun tubuhnya sedang lemah – bisa jadi, penyakit tersebut akan semakin mudah masuk dan menyerang tubuh orang tersebut, lho. Untuk itu, kamu mesti waspada akan sejumlah penyakit menular, terutama di masa pandemi!

Lantas, sebenarnya seberapa umumkah kondisi tersebut dapat terjadi? Dan, bagaimana cara tepat untuk mencegah terkena penyakit menular, termasuk yang menyebar melalui udara? Untuk ulasan lengkapnya – yuk, simak di bawah ini!

 

 

Apa Itu Penyakit Menular Melalui Udara?

Credit Image - cnnindonesia.com

Sebelum memasuki ke bahasan mengenai cara pencegahan penyakit menular – ada baiknya kamu mengetahui definisi kondisi yang satu ini ya. Penyakit menular melalui udara merupakan infeksi yang disebarkan oleh patogen – atau mikroorganisme di udara. Patogen meliputi bakteri, virus, dan kuman.

Dalam banyak kasus, penyakit akan menular ketika seseorang menghirup udara yang telah terkontaminasi oleh patogen-patogen tersebut. Misalnya, seseorang yang sakit flu juga dapat menularkan patogen, terutama saat bersin atau batuk.

Patogen dapat menempel di mana saja lho, seperti pada debu, droplet, maupun cairan tubuh lainnya. Inilah sebabnya, penyakit menular lebih mudah menyebar melalui udara. Kemudian, menginfeksi orang lain di sekitarnya.

Saat patogen masuk ke dalam tubuh, infeksi terjadi dan gejala-gejala penyakit pun mulai muncul. Nah, untuk gejala penyakit yang muncul – ini  tergantung pada jenis patogen yang menginfeksi tubuh ya.

 

Seberapa Umum Kondisi Ini Terjadi?

Credit Image - halodoc.com

Penyakit menular melalui udara adalah kondisi yang umum ditemukan di mana saja – serta dapat menyerang siapa pun. Penularan lebih mudah terjadi di tempat-tempat yang dipenuhi kerumunan, seperti sekolah, rumah makan, pasar, dan lainnya.

Selain itu, tempat yang memiliki sistem sanitasi – maupun kebersihan yang kurang terjaga juga menjadi sarana yang paling rentan mengalami penularan penyakit, lho. Jadi, tak heran kalau kamu memang harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Adapun sejumlah jenis penyakit menular yang mesti diwaspadai, yaitu batuk pilek, influenza, TBC, cacar air, campak, difteri, dan penyakit yang tengah mewabah saat ini – adalah virus corona yang rentan menular.

 

Lantas, Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Menular?

Credit Image - sehatq.com

Agar kamu terhindar dari penyakit menular melalui udara tersebut, penting bagimu untuk terus melakukan langkah pencegahan. Ya, memang benar adanya kalau mencegah lebih baik daripada mengobati.

Lalu, apa saja cara tepat yang dapat dilakukan untuk mencegah terkena penyakit menular? Berikut ini sejumlah upaya yang bisa kamu terapkan secara disiplin.

Selain itu, penyakit menular melalui udara juga memiliki kaitan erat dengan imun tubuh, lho. Jadi, menjaga kekebalan tetap optimal – termasuk salah satu cara tepat untuk mencegah sejumlah penyakit tersebut. Miliki gaya hidup sehat, yang meliputi pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup.

Lalu, kamu juga sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi suplemen Vitamin C untuk bantu meningkatkan imunitas tubuh. Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon yang punya sejumlah kandungan lengkap.

Konsumsi  Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit. Konsumsi multivitamin ini sehari dua kali ya.

Kamu dapat minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat berikan perlindungan ekstra.

Dan, untuk yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk bantu menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan daya tahan tubuhmu!

 

Jadi, selalu lakukan upaya pencegahan di atas untuk meminimalisir risiko terinfeksi penyakit menular melalui udara ya. Dan, tetap pertahankan kekebalan tubuh di masa pandemi – karena, imun yang kuat merupakan kunci utamanya!

 

 

Featured Image - orami.co.id