Bagi sebagian orang, ada yang merasa excited ketika menyambut akhir pekan. Bahkan, ada pula yang semangat untuk olahraga, jalan-jalan, kulineran, berbelanja, hingga melakukan hobi.

Tapi, tak sedikit pula yang justru memilih untuk rebahan sebagai pelampiasan setelah lelah bekerja selama 5 hari lamanya. Maka dari itu, tak heran kalau tipikal orang seperti ini – disebut sebagai kaum rebahan ya. Apakah kamu juga termasuk?

Sebenarnya, tak masalah menjadi kaum rebahan di saat akhir pekan. Namun, jangan sampai kamu melupakan memenuhi asupan nutrisi dari makanan – akibat terlalu asyik rebahan! Nah, untuk itu ada 5 pilihan menu makan akhir pekan yang cocok bagimu yang sedang malas nih.

Apa saja menu tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Asam Pedas Baung, Menu Sehat Nggak Pakai Ribet

Credit Image - eljohnnews.com

Populer di Kepulauan Riau, menu ikan yang satu ini dapat menjadi pilihan menu di akhir pekan bagi para kaum rebahan. Ikan asam baung dapat kamu nikmati setiap saat, apalagi jika dibuat dalam jumlah yang banyak, lho.

Ikan baung yang sudah dibersihkan, dapat kamu masak bersama bumbu rempah dan cabai merah – lalu, jangan lupa tambahkan air ya. Tanpa memerlukan waktu yang lama – ikan baung sudah siap disantap bersama dengan nasi putih hangat. Hmm…terdengar nikmat, kan?

 

Ayam Pongteh yang Juga Populer di Malaysia

Credit Image - asianfoodnetwork.com

Apakah kamu pernah mendengar menu yang satu ini? Ya, selain di Indonesia – menu ayam pongteh juga ternyata punya banyak penggemar di Malaysia, lho. Tapi bedanya, kalau di Indonesia, menu yang satu ini disebut sebagai semur ayam kentang dan tidak diberi tambahan jamur shitake.

Selain kecap manis dan berbagai macam bumbu, ayam pongteh juga bisa dimasak dengan tambahan bumbu tauco, lho. Cara memasaknya pun mudah, serta tidak memerlukan waktu yang lama – jadi, cocok untuk kamu yang mager memasak di akhir pekan. Ayam pongteh memang nikmat disantai, karena rasa pedas yang dipadukan dengan rasa manis dan gurih!

 

Bulgogi: Olahan Daging Asal Korea

Credit Image - kompas.com

Kamu pasti sudah familiar dengan menu yang satu ini, kan? Mengingat, kini makanan Korea cukup populer dan banyak diminati di Indonesia. Jadi, tak heran kalau bulgogi pun disukai banyak orang. Bertabur wijen yang meriah, olahan daging sapi ini memang cocok dijadikan menu akhir pekan bagi para kaum rebahan.

Bulgogi dimasak dengan cara dipanggang ya. Daging sapi yang dipilih untuk masakan ini, biasanya has luar – maupun dalam, yang kemudian direndam dalam campuran kecap, gula, bawang merah, bawang putih, biji wijen, minyak wijen, dan lada hitam – ini dilakukan selama kurang lebih satu jam, lalu baru di panggang.

 

Mapo Tofu, Menu Alternatif Lainnya

Credit Image - cookidoo.thermomix.com

Bagi kaum rebahan yang ingin memasak menu praktis lainnya, mapo tofu bisa jadi pilihan yang tepat, lho. Kamu pun bisa menambahkan campuran daging sapi sebagai pelengkap kenikmatannya. Nah, mapo tofu sendiri merupakan tumis tahu sutra potong dadu khas Tiongkok, yang nikmat jika disantap dengan nasi.

Memiliki rasa manis, gurih, dan sedikit pedas – mapo tofu dioleh dengan fermentasi kacang hitam, atau dikenal juga dengan dou-chi. Sedangkan, untuk rasanya sendiri – mapo tofu mengandalkan lada Sichuan yang membuat masakan semakin lezat.

 

Orh Luak yang Dijadikan Sebagai Lauk Pendamping Nasi

Credit Image - uncoverasia.com

Apakah kamu pernah mendengar menu sehat yang satu ini? Orh luak merupakan menu makanan yang disantai bersama aneka ragam saus – dan tentunya, akan semakin sedap jika dijadikan sebagai lauk untuk pendamping nasi, lho.

Menu asal Taiwan tersebut ialah masakan dengan bahan dasar telur yang diolah dengan bahan lainnya, seperti tiram, daun bawang, dan daun peterseli. Kemudian, kamu juga dapat menyampur masakan ini dengan tepung ubi jalar dan tepung beras ya.

 

Nah, bagi kaum rebahan – jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan vitamin harian di akhir pekan ya! Selain dengan membuat sejumlah olahan di atas, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti produk dari Enervon.

Kamu dapat memilih konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg. Tapi, apapun pilihamu – kedua jenis Enervon-C tersebut dapat bantu menjaga kesehatan, terutama imun tubuh.

Untuk kamu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah – sekaligus optimalkan kekebalan tubuhmu.

Dengan rutin mengonsumsi Enervon-C maupun Enervon Active – tubuh dapat memperoleh sumber energi yang tahan lama nih. Sebab, kandungan Vitamin B Kompleks dapat meningkatkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi energi untuk beraktivitas.

 

Wah, bagaimana nih? Apakah kamu tertarik untuk mencoba membuat salah satu menu di atas saat akhir pekan nanti? Dijamin, semua jenis menu tersebut – mudah untuk dibuat dan tentunya punya cita rasa yang lezat, lho!

 

 

Featured Image - thespruceeats.com