5 Cara Mencegah Sakit Leher Ketika Bekerja Di Depan Komputer

TAGS : Kesehatan
font size A Ǎ

Meski hanya duduk, bekerja seharian di depan komputer sering membuat badan kaku, pegal, dan sakit. Terutama di bagian leher dan punggung. Rasa kaku ini nantinya bisa berujung pada sakit kepala, bahkan gangguan kesehatan. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencegah leher kaku saat kerja di depan komputer? Berikut cara- caranya

1. Posisikan kepala tetap lurus

5 Cara Mencegah Sakit Leher Ketika Bekerja Di Depan Komputer

Credit: Suara 

Saat bekerja di depan komputer, leher sakit bisa terjadi karena posisi kepala yang cenderung menekuk atau condong bungkuk ke bawah. Hal ini bisa membuat leher menjadi seperti titik tumpu  bagi kepala. Jika hal ini terus menerus dilakukan maka lehermu akan terasa kaku dan sakit.

Untuk mencegah leher yang kaku terasa sakit, sebaiknya tempatkan monitor komputer atau laptop sejajar dengan mata. Dengan begitu, leher tidak perlu menekuk. Namun, jika tidak memungkinkan untuk mengubah tinggi meja, gunakan bantalan tambahan untuk laptop atau komputer.

2. Duduk dalam posisi rileks agar leher tidak kaku

5 Cara Mencegah Sakit Leher Ketika Bekerja Di Depan Komputer

Credit: Hello Sehat

Selain menyesuaikan posisi layar dengan mata, kamu juga perlu menemukan posisi duduk yang tepat untuk mencegah timbulnya rasa kaku pada leher.

Postur tubuh yang buruk saat duduk membuatmu rentan terkena sakit leher dan punggung. Cobalah untuk duduk lebih rileks dengan posisi bersandar dengan bagian belakang kursi yang tetap tegak. Pastikan posisi siku dan tangan bertumpu pada meja, dan tidak menggantung.

3. Gerakan tubuh dengan cara yang benar

5 Cara Mencegah Sakit Leher Ketika Bekerja Di Depan Komputer

Credit: Buzzfeed

Tidak hanya posisi duduk yang sering membuat lehermu sakit. Gerakan tubuh yang salah terutama saat mengambil atau mengangkat benda- benda berat juga sering menjadi pemicunya.  Ketika akan mengambil barang, banyak orang yang hanya memiringkan atau memutar badannya dengan posisi yang kurang pas. Akibatnya, leher, punggung, dan tulang belakang menjadi sakit.

Cara untuk mencegah leher dan bagian belakang tubuh lainnya agar tidak sakit ketika mengambil atau mengangkat  barang terutama dari bawah kursi adalah dengan bangun dan mengambilnya sembari menekuk pinggul dan lutut. Selain itu, hindari hanya memutar badan saja.

Untuk mengangkatnya dari posisi jongkok, pastikan gunakan lututmu sebagai tumpuan ketika kamu hendak bangun (bukan dengan punggung). Gunakan juga kedua tanganmu untuk mengangkat beban.

4. Lakukan peregangan

5 Cara Mencegah Sakit Leher Ketika Bekerja Di Depan Komputer

Credit: Hello Sehat

Ketika kamu sudah bekerja seharian, sebaiknya kamu luangkan waktu untuk beranjak sebentar dan melakukan peregangan. Kamu bisa bangun dan berjalan- jalan sejenak tiap 30 menit sekali jika memungkinkan. Hal ini berfungsi untuk mencegah terjadinya rasa tegang dan lelah pada leher yang bisa berujung pada rasa sakit.

Jika banyaknya pekerjaan membuatmu tidak bisa beranjak dari kursi, usahakan untuk melakukan beberapa peregangan sederhana sembari duduk. Misalnya, dengan posisi seperti nguler, menarik tangan ke atas, memutar bahu, dan memutar kepala dengan perlahan searah jarum jam dan sebaliknya.

5. Minum air putih yang cukup

5 Cara Mencegah Sakit Leher Ketika Bekerja Di Depan Komputer

Credit: Fox News

Sebagai pekerja kantoran yang banyak duduk dan jarang bergerak, kamu harus menjaga asupan cairan. Minum air putih dapat membantu menghidrasi bantalan tulang belakang sebagai penopang tubuh. Bantalan tulang belakang memiliki tekstur kenyal yang terletak di antara ruas tulang belakang, termasuk leher. Bagian tubuh yang satu ini sebagian besar terdiri dari air.

Untuk itu, dengan minum air putih yang cukup dapat membuat bantalan tetap lentur dan kuat. Dan idealnya, setiap orang wajib minum air putih paling tidak delapan gelas sehari.

 

Featured Image - Halo Doc


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!