Tak bisa dipungkiri, menjaga sekaligus menghindari risiko terinfeksi virus corona. Bahkan, hal tersebut juga sangat penting – bagi seseorang yang tengah melawan Covid-19, lho. Dengan kekebalan yang kuat, maka virus pun akan semakin mudah untuk diperangi.

Melakukan protokol kesehatan 5M, yaitu mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas – memang penting diterapkan untuk meminimalisir risiko terpapar virus corona. Namun, bagaimana kalau akhirnya terinfeksi – dan dinyatakan positif Covid-19?

Tak perlu khawatir! Karena, ada sejumlah hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan imun tubuh, sehingga virus pun dapat diperangi secara maksimal. Nah, setidaknya ada 6 hal yang bisa kamu terapkan nih.

Apa saja hal tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

 

Tetap Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Credit Image - okadoc.com

Meningkatkan imun tubuh memiliki kaitan erat dengan nutrisi yang kamu konsumsi. Ya, jika asupan nutrisi sudah baik – maka kekebalan tubuh pun ikut meningkat. Ingat, apa yang dikonsumsi menentukan kualitas daya tahan tubuh, lho.

Untuk itu, kamu mesti mengonsumsi makronutrisi – seperti makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu, mikronutrisi berupa vitamin dan mineral juga diperlukan untuk membantu meningkatkan imun tubuh.

Tak hanya dapat meningkatkan imun saja, namun dengan mengonsumsi mikronutrisi dan makronutrisi secara lengkap – ini dapat mengoptimalkan metabolisme yang berpengaruh pada kondisi energi dan stamina tubuh.

 

Jangan Lupa Untuk Berolahraga Ya!

Meskipun sedang berjuang melawan virus corona, tapi tetap jangan lupakan kegiatan berolahraga! Tak perlu aktivitas fisik yang terlalu berat – cukup lakukan olahraga ringan, maupun stretching saja. Kegiatan ini dianggap dapat membantu meningkatkan imun tubuh, lho.

Lakukan olahraga dengan intensitas rendah, setidaknya selama 30-45 menit per hari. Selain dapat meningkatkan imun tubuh, rutin melakukan olahraga juga dapat membuat tubuhmu terasa lebih segar dan bugar.

 

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Credit Image - sehatq.com

Perlu diketahui, kualitas dan volume air yang kamu minum – juga turut berpengaruh dalam meningkatkan imun tubuh nih. Setidaknya, dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak 2 sampai 2,5 liter per hari.

Tak hanya dapat melemahkan kekebalan tubuh saja, namun kekurangan cairan tubuh pun bisa menyebabkan risiko dehidrasi, serta membuat metabolisme menurun. Kedua hal tersebut juga berpengaruh pada kualitas imun, lho.

 

Dapatkan Paparan Sinar Matahari

Cara untuk meningkatkan imun tubuh – ketika sedang terinfeksi Covid-19 selanjutnya, yaitu mendapatkan asupan sinar matahari pagi. Cara yang satu ini dapat meningkatkan kualitas Vitamin D – yang juga berperan dalam menjaga kekebalan.

Kamu cukup berjemur selama 15 menit sampai 20 menit per harinya secara rutin ya. Lakukan kegiatan ini di pagi hari, dan kebutuhan Vitamin D tubuh pun dapat terpenuhi. Bukan hanya untuk pasien Covid-19 saja lho, namun berjemur juga bisa dilakukan setiap hari – bagi kamu yang dalam keadaan sehat sekalipun.

 

Menjaga Sirkulasi Udara Juga Penting Dilakukan

Credit Image - omanobserver.om

Nah, hal yang satu ini – tak hanya dapat meningkatkan imun tubuh, tapi juga penting untuk mendapatkan suplai oksigen yang baik. Meskipun sedang isolasi mandiri, tapi pastikan kamu tetap rutin membuka pintu atau jendela di pagi hari ya.

Cara ini dapat membantu proses pertukaran oksigen lama dengan yang baru. Tentu saja, hal tersebut penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Sebab, untuk menjaga kesehatan – tubuh mesti mendapatkan oksigen dengan kualitas yang baik.

 

Rutin Konsumsi Suplemen – Sangat Direkomendasikan!

Bagi kamu yang sedang melawan infeksi Covid-19, mengonsumsi suplemen secara rutin juga sangat direkomendasikan untuk meningkatkan imun tubuh, lho. Terutama, suplemen yang mengandung Vitamin C dan Vitamin B Kompleks. Kombinasi keduanya dikenal ampuh untuk meningkatkan kekebalan, sekaligus bantu proses pemulihan ketika sakit.

Lantas, suplemen seperti apa yang direkomendasikan? Kamu disarankan mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang memiliki sejumlah kandungan lengkap.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit. Konsumsi multivitamin ini sehari dua kali ya.

Kamu dapat minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat berikan perlindungan ekstra.

 

Jadi, bagi kamu yang sedang melawan Covid-19 – yuk, lakukan sejumlah tips meningkatkan imun tubuh di atas agar proses pemulihan bisa berjalan secara maksimal!

 

 

Featured Image - kfor.com