Menjaga sekaligus meningkatkan motivasi dalam berkarir memang tak selalu berjalan mulus. Apakah kamu setuju dengan hal tersebut? Dibutuhkan berbagai cara untuk tetap semangat mencapai kesuksesan – salah satunya, yaitu dengan memberikan self reward.

Jangan salah! Self reward termasuk poin penting untuk mempertahankan motivasi, sekaligus dapat meningkatkan produktivitas, lho. Dengan demikian, kamu pun bisa lebih semangat dalam menjalani pekerjaan – sekaligus semakin mudah untuk mencapai cita-cita ya.

Tak hanya itu, tetapi self reward alias pemberian hadiah bagi diri sendiri juga memiliki banyak dampak positif lainnya, lho. Tapi, mengapa sih hal ini penting dilakukan? Dan, apa saja bentuk self reward yang bisa diikuti?

Untuk menjawab sejumlah pertanyaan tersebut, simak ulasannya di bawah ini ya!

 

 

Apa Itu Self Reward?

Credit Image - blog.javan.co.id

Sebelum memasuki ulasan mengenai pentingnya self reward, serta bagaimana cara tepat untuk melakukannya – nah, kamu mesti tahu dahulu definisi dari hal tersebut ya. Self reward merupakan salah satu bentuk penghargaan untuk diri sendiri.

Misalnya, ketika kamu berhasil mencapai goal atau impian – cobalah untuk memberikan selamat pada diri sendiri. Bukan hanya ucapan selamat, namun self reward juga bisa dilakukan dengan memberi barang atau sesuatu yang sedang diinginkan.

 

Mengapa Sih Self Reward Penting?

Credit Image - glints.com

Memangnya, mengapa sih hal ini penting diberikan pada diri sendiri? Setidaknya ada 3 alasan mengapa self reward mesti diberikan. Berikut ini di antaranya.

Membuat diri senang dan makin termotivasi

Melansir Stunning Motivationself reward merupakan satu cara untuk membuatmu bisa melakukan lebih banyak hal, lho. Ini bisa dilakukan dengan memberi hadiah, maupun imbalan atas semua hal yang berhasil dicapai.

Memberikan hadiah pada diri sendiri terbukti mampu membuat mood menjadi lebih baik, sekaligus menjaganya tetap positif selama bekerja. Bahkan, hal ini bisa meningkatkan produktivitasmu. Pasalnya, menerima hal yang disukai – akan memicu dopamine, yaitu zat kimia dalam tubuh yang membuat perasaan menjadi lebih senang.

 

Membangun positive reinforcement

Salah satu manfaat positif lainnya dari menerima self reward, yaitu terbentuknya positive reinforcement ­  merupakan pengulangan suatu perilaku setelah mendapat imbalan atau hadiah atas hal tersebut.

Perlu diketahui, manusia cenderung terdorong untuk melakukan sesuatu lagi, jika tahu akan mendapat suatu hal baik pada akhirnya. Nah, inilah cara membangun kebiasaan yang baik dan meningkatkan produktivitas.

 

Self Reward Dibutuhkan Setiap Orang, Lho

Sesibuk apapun dirimu – atau, setinggi apapun target dalam hidup, kamu tak boleh melupakan bahwa dirimu penting. Untuk itu, memberikan self reward bagi diri sendiri – penting dilakukan, karena kamu sudah berjuang dan berhasil berada di titik ini.

Tanpa pemberian self reward dan hanya bekerja saja, dapat menyebabkan burnout terus menerus, bahkan bisa membuatmu kehilangan motivasi kerja, lho. Dilansir dari Glints – hadiah untuk diri sendiri adalah hal yang perlu untuk menjaga kesehatan mental yang baik.

 

Apa Saja Bentuk Self Reward yang Bisa Dilakukan?

Credit Image - diadona.id

Memberikan self reward bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Umumnya, setiap orang memiliki definisi penghargaan yang berbeda-beda. Jadi, dirimu sendirilah yang paling mengetahui – kira-kira hal apa yang bisa membuatmu lebih bahagia usai melakukan berbagai jerih payah.

Tapi, apapun self reward yang akan diberikan pada dirimu sendiri – ada beberapa hal yang mesti diingat nih, yaitu:

  • Pastikan penghargaan yang diberikan relevan dan tidak bertolak belakang dengan tujuan
  • Tetap batasi diri dengan menetapkan budget
  • Cari reward yang dapat memotivasi
  • Berikan penghargaan maupun hadiah yang mudah didapat

 

Memang, memberikan self reward bisa membantu meningkatkan produktivitas, sekaligus menjaga motivasimu dalam mencapai suatu tujuan ya. Tapi, yang tak boleh dilupakan – pastikan kamu tetap memenuhi kebutuhan vitamin, sehingga semua aspek dalam urusan pekerjaan bisa dijalani dengan lancar.

Selain dari makanan, kebutuhan vitamin juga bisa kamu penuhi dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active ya.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah.

Dan pastinya, kandungan Vitamin C dalam Enervon Active mampu menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak gampang terserang berbagai macam penyakit ya.

 

Wah, itulah serba-serbi mengenai self reward yang perlu diketahui. Jadi, sudahkah kamu rutin memberikan hadiah pada diri sendiri? Jika belum, yuk coba terapkan hal yang satu ini – agar produktivitas semakin meningkat!

 

 

Featured Image - swara.tunaiku.com