Ada berbagai cara untuk memiliki pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga, hingga mencukupi waktu istirahat.

Selain itu, ada pula anjuran untuk minum air putih dalam takaran yang cukup. Hal yang satu ini terdengar cukup sepele ya? Namun, jangan diabaikan! Ternyata, minum air putih juga punya pengaruh yang besar dalam meningkatkan, sekaligus menjaga daya tahan tubuh, lho.

Dilansir dari Detik – menurut sejumlah ahli kesehatan, air merupakan kebutuhan kedua paling penting bagi manusia, setelah oksigen. Perlu diketahui bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa asupan air. Tubuh manusia dewasa sendiri pun terdiri dari 60% air.

Kemudian, otak dan hati terdiri dari 73% air, dan paru-paru pun mengandung 85% air. Tidak ketinggalan, tulang juga mengandung sebesar 31% air. Jadi, tak heran kalau minum air putih yang cukup – menjadi hal penting untuk menjaga kelangsungan fungsi organ tubuh.

Fungsi penting air untuk manusia – hal ini dibuktikan dengan kenyataan bahwa manusia bisa bertahan hidup beberapa hari tanpa makanan. Tetapi, tanpa konsumsi air orang hanya bisa bertahan beberapa air saja.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, minum air putih yang cukup punya peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Lalu, apa saja fungsinya?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Minum Air Putih yang Cukup: Pertahanan Pertama Dalam Melawan Penyakit

Credit Image - health.detik.com

Tahukah kamu bahwa air merupakan alat pertahanan pertama dalam melawan penyakit, termasuk yang kronis sekalipun? Ya, dengan minum air putih yang cukup – ini sudah bisa membuat tubuh mampu menangkal berbagai jenis penyakit serius, seperti arthritis dan sakit sendi.

Ternyata, air pun kaya akan kalsium – yang tentunya bisa mencegah kedua penyakit tersebut, bahkan bisa mengendalikannya. Jika tubuh kekurangan air, hal tersebut bisa menyebabkan otak kurang memproduksi serontonin, yang juga bisa memicu kondisi insomnia.

 

Air Juga Mendukung Produksi Getah Bening, Lho

Perlu diketahui, sistem kekebalan tubuh menggunakan getah bening untuk mendistribusikan sel darah putih DNA ke seluruh jaringan. Nah, tubuh pun memerlukan getah bening yang berperan untuk memproduksi sel darah putih – sel untuk membantu imun melawan berbagai macam penyakit.

Lalu, bagaimana jika tubuh kekurangan getah bening? Maka, sel darah putih dan berbagai sel kekebalan lainnya tidak bisa menyebar secara merata ke seluruh tubuh. Akibatnya, tubuh akan semakin sulit dalam melawan penyakit. Jadi, pastikan kamu sudah minum air putih yang cukup setiap harinya ya!

 

Rutin Minum Air Putih Dapat Melancarkan Pencernaan

Credit Image - klikdokter.com

Daya tahan tubuh yang kuat memang dapat diperoleh dari asupan makanan bernutrisi. Sementara itu, makanan yang penuh nutrisi tersebut – akan dicerna atau diproses secara maksimal dari bantuan air. Untuk itu, minum air putih yang cukup mesti dilakukan setiap harinya ya.

Kekurangan air dapat menyebabkan usus dan sistem pencernaan tidak berfungsi secara maksimal, lho. Umumnya, orang pun menjadi lebih mudah mengalami konstipasi – atau kesulitan buang air besar. Selain itu, risiko mengalami gangguan pencernaan lainnya juga semakin meningkat.

 

Air Dapat Bantu Membersihkan Racun

Seperti darah, air atau cairan di dalam tubuh berperan untuk membawa oksigen, kemudian mengedarkannya ke seluruh bagian tubuh. Cara tersebut juga penting agar sistem kekebalan dapat beroperasi secara maksimal.

Dengan minum air putih yang cukup – hal ini bisa membuat ginjal mampu mengeluarkan semua racun di dalam tubuh. Sebaliknya, jika kekurangan cairan, maka racun akan merusak jaringan tubuh, termasuk sel imun – yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya.

 

Nah, selain dengan minum air putih yang cukup – agar  sistem imunitas tubuh tetap terjaga, sehingga kamu tak kekurangan energi. Disarankan untuk rutin mengonsumsi multivitamin yang mengandung Vitamin C dan Vitamin B Kompleks, lho.

Lantas, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Dan tentunya, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg, lho.

Bagimu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan!

 

Wah, itulah ulasan mengenai minum air putih yang cukup bisa membantu menjaga imunitas tubuh. Mulai sekarang, yuk cukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya – sehingga, kesehatan semakin terjaga dan kamu bisa terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya!

 

 

Featured Image - jeda.id