Masak Bareng Anak di Akhir Pekan Punya Banyak Manfaat Lho, Apa Saja?

Masak Bareng Anak di Akhir Pekan Punya Banyak Manfaat Lho, Apa Saja?

font size A Ǎ

Dari berbagai kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak, memasak menjadi salah satu pilihan yang tepat, moms. Selain menyenangkan – aktivitas yang satu ini juga dapat mengusir rasa bosan anak, apalagi selama pandemi Covid-19, waktu Si Kecil bermain di luar rumah juga terbatas ya. Jadi, di akhir pekan ini – kamu bisa mengajak anak memasak bareng, nih!

Tak cukup sampai situ, memasak juga ternyata dapat mendatangkan berbagai manfaat untuk Si Kecil lho, bahkan mampu menstimulasi berbagai pertumbuhan anak, serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.

Selain itu, masih ada berbagai manfaat baik lainnya – yang bisa diperoleh ketika melakukan kegiatan memasak bersama anak. Apa saja hal tersebut?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Dapat Membangun Kepercayaan Diri Anak

Masak Bareng Anak di Akhir Pekan Punya Banyak Manfaat Lho, Apa Saja?

Credit Image - sisternet.co.id

Ternyata, memasak memang bisa meningkatkan kepercayaan diri anak, terutama ketika moms banyak melibatkan dirinya untuk membantu menyiapkan alat, bahan, dan ikut serta dalam proses pembuatannya.

Dengan melibatkan Si Kecil dalam proses memasak, berarti kamu menunjukkan sebuah kerja sama di dalam tim. Tunjukkanlah bahwa usaha yang dilakukan bersama-sama bisa membuahkan hasil terbaik.

Usai memasak, berikanlah apresiasi – dalam bentuk pujian pada anak, sebagai tanda bahwa kamu menghargai usahanya. Dengan demikian, Si Kecil pun akan semakin percaya diri, dan kedekatan antara kamu dan dirinya dapat semakin kuat.

 

Membantu Meningkatkan Imajinasi

Meskipun kamu masih menggunakan resep dalam memasak, tak ada salahnya lho untuk melakukan eksprimen dengan Si Kecil.

Misalnya, kamu dapat menuntun anak untuk menuangkan imajiasinya ke dalam sebuah kreasi masakan. Seperti, membiatkan ia memberi ide – untuk menggunakan metode memasaknya di luar resep. Kemudian, biarkan ia menambahkan bahan makanan lain, atau berikan anak kebebasan saat menghias sajian makanan.

Jikapun hasil masakannya tidak sesuai ekspektasi – ini bukanlah masalah besar ya! Yang terpenting anak sudah menggunakan imajinasinya. Selain itu, anak pun juga sudah berani untuk berkreasi dengan suatu hal, yaitu memasak.

 

Memberikan Pengalaman Sensorik

Masak Bareng Anak di Akhir Pekan Punya Banyak Manfaat Lho, Apa Saja?

Credit Image - klikdokter.com

Moms, pasti tahu kalau anak-anak memang memiliki rasa keinginan tahu yang tinggi ya? Apalagi, ketika  ia mengeksplorasi atau bertemu dengan hal baru.

Kalau sudah begini, masak bersama anak bisa digunakan juga untuk melatih kemampuan sensorik – terutama indra-indra di tubuhnya agar lebih peka. Misalnya, dari indera pendengaran, yaitu dengan mendengar suara makanan yang diolah. Atau, indera penciuman – dari mencium aroma makanan yang sedang di masak.

Bahkan, memasak juga dapat membuat anak jadi lebih fokus ke beberapa indranya, baik secara kolektif maupun individual. Jadi, tak heran apabila dewasa nanti anak bisa melakukan beberapa aktivitas sekaligus dan menyelesaikannya secara on time.

 

Mengajarkan Soal Tanggung Jawab

Masak bersama anak memang menyenangkan – namun, pastinya ada waktu-waktu tertentu di mana orangtua merasa kewalahan. Hal ini bisa saja disebabkan karena Si Kecil ingin tahu banyak hal, atau malah membuat dapur menjadi berantakan.

Tapi, jangan khawatir ya, sebab hal ini merupakan proses belajar maupun hal baru bagi Si Kecil. Jadi, orangtua diharapkan dapat bersabar dan tetap membantu mengarahkan anak. Nah, hal ini pun juga bisa menjadi ajang untuk belajar bertanggung jawab, lho.

Misalnya saat moms memasak, minta tolong Si Kecil untuk mencuci sayur. Biarkan anak melakukan tugasnya sendiri sembari diawasi,  dan berikan bantuan jika memang ada kesulitan. Secara tidak langsung, kamu sudah mengajari tanggung jawab kepada anak untuk menyelesaikan suatu hal.

 

Mempererat Hubungan Keluarga

Masak Bareng Anak di Akhir Pekan Punya Banyak Manfaat Lho, Apa Saja?

Credit Image - id.berita.yahoo.com

Selain menyenangkan, masak bersama ternyata punya manfaat untuk mempererat ikatan antara orangtua dan anak, lho. Bahkan, kamu juga bisa sekaligus mengajari tradisi keluarga, seperti ajarkan anak memasak makanan tradisional turun temurun. Lalu, kamu juga bisa menyajikan makanan masa kecil untuk diperkenalkan ke anak.

Tak hanya itu, memasak bersama juga membuat anak menjadi semakin kompak, serta membangun ikatan yang kuat dengan saudaranya yang lain. Terlihat sederhana ya? Tapi, masak bersama anak memberikan pengalaman yang menyenangkan dan tentunya akan diingat oleh Si Kecil hingga dewasa nanti.

 

Moms, agar tumbuh kembang anak semakin maksimal, selain mengajaknya untuk memasak bersama – jangan lupa, untuk tetap untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil ya.

Tak hanya dengan menyajikan menu makanan bergizi, kebutuhan nutrisi juga bisa diperoleh dengan memberi Si Kecil multivitamin. Tapi, suplemen apa yang direkomendasikan?

Berikan multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

Wah, itulah kelima manfaat yang dapat diperoleh dengan memasak bersama Si Kecil. Jadi, moms apakah kamu tertarik mengajak anak memasak di akhir pekan nanti? Bahkan, tidak ada salahnya lho untuk melakukan aktivitas yang satu ini secara rutin!

 

 

Featured Image - pikiran-rakyat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!