Menjaga sekaligus meningkatkan imunitas tubuh merupakan salah satu senjata ampuh untuk menghindari risiko terinfeksi virus corona. Meskipun, vaksin Covid-19 tengah diberikan, namun bukan berarti masyarakat boleh lengah dan tidak menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Jadi, tetap patuhi langkah pencegahan secara disiplin.

Selain menerapkan protokol kesehatan, menjaga imunitas juga bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti memiliki pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, serta mengelola stres. Tak lupa – jaga selalu kebersihan dengan mencuci tangan secara rutin.

Memang, sejumlah cara tersebut dianggap efektif dalam meningkatkan imun, sehingga tak mudah terserang berbagai macam penyakit, termasuk virus corona. Namun, sebenarnya bagaimana sih cara kerja imunitas tubuh?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Cara Imunitas Tubuh Melawan Covid-19

Credit Image - liputan6.com

Seperti diketahui, imun tubuh yang kuat berperan dalam melawan infeksi virus. Ketika patogen tersebut berhasil memasuki tubuh – Covid-19 akan menempel di dinding sel-sel saluran pernapasan dan paru-paru, kemudian masuk ke dalamnya untuk mengembangkan infeksi. Tentunya, proses tersebut akan terdeteksi sistem imun.

Selanjutnya, sistem imun akan beraksi dengan cara mengirim sel darah putih untuk membentuk antibodi yang akan melawan virus tersebut. Reaksi perlawanan tersebut pun akan memunculkan berbagai gejala, seperti demam, batuk, maupun gejala lainnya. Gejala ini umumnya akan muncul dalam 2-14 hari, usai virus memasuki tubuh.

Pada orang yang sistem imunnya kuat – virus corona yang menginfeksi tubuh akan berhasil kalah, sehingga gejalanya pun mereda, dan pasien pun akan sembuh dengan sendirinya.

Namun, jika sistem imun seseorang tidak cukup kuat, atau justru bereaksi berlebihan – maka pasien tersebut akan mengalami gejala yang lebih berat. Misalnya, demam tinggi, sesak napas, hingga kerusakan organ. Kondisi ini juga berisiko pada orang lanjut usia dan pasien dengan komorbid, seperti diabetes, kanker, hipertensi, asma, maupun penyakit jantung.

 

Lalu, Bagaimana Cara Menjaga Kekebalan Tubuh?

Credit Image - dream.co.id

Dapat disimpulkan bahwa memiliki sistem imun yang kuat – merupakan hal yang penting, sekaligus menjadi kunci utama dalam melawan virus. Untuk itu, pastikan kamu sudah menerapkan upaya peningkatan kekebalan tubuh.

Berikut ini sejumlah tips yang dapat dilakukan.

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Langkah pertama – dan paling banyak disarankan, yaitu menerapkan pola makan yang sehat. Mengapa demikian? Dengan asupan makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi, maka kesehatan tubuh secara keseluruhan pun semakin terjaga, otomatis imun akan ikut meningkat.

Disarankan perbanyak makan sayur, buah-buahan, dan biji-bijian utuh – seperti oat dan nasi merah. Dan, cobalah batasi makanan tinggi lemak dan gula ya. Pastikan kamu selalu konsumsi hidangan sehat seimbang, yang terdiri dari karbohidrat, serat, dan protein.

Tak perlu khawatir, karena ada berbagai macam menu sederhana yang bisa dipilih kok, seperti nasi, bayam, dan ikan.

2. Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

Olahraga merupakan kegiatan penting untuk membuat tubuh tetap segar dan bugar. Tak perlu repot pergi ke tempat gym – kamu dapat melakukan olahraga ringan di rumah saja.

Jika tak memiliki waktu khusus untuk berolahraga, ada sejumlah aktivitas fisik yang dapat dilakukan, misalnya melakukan pekerjaan rumah, seperti menyapu dan mengepel lantai. Aktivitas ini bisa membakar hingga 160 kalori dalam 20 menit.

3. Mengelola Stres Dengan Baik

Perlu diketahui, stres berkepanjangan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol – yang bisa menyebabkan kerja sistem imun dalam melawan infeksi dapat terganggu. Untuk itu, usahakan selalu mengelola stres dengan baik.

Tapi, bagaimana caranya? Tak perlu repot – kamu bisa dengan meluangkan waktu untuk hobi, melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan, serta melakukan meditasi.

4. Istirahat yang Cukup

Ingatlah bahwa tubuh juga harus mendapatkan istirahat yang cukup. Kalau kekurangan waktu tidur – tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan, mulai dari menurunnya kekebalan tubuh, hingga sistem pencernaan yang terganggu.

Jika kamu sedang tidak memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari – tak perlu khawatir tidur siang bisa menggantikan waktu istirahat. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, maka energi pun dapat bertambah, suasana hati membaik, dan daya ingat semakin meningkat!

5. Konsumsi Suplemen Vitamin C

Kamu pasti sudah tahu bahwa untuk menjaga imun tetap optimal – tentu, diperlukan dukungan dari sejumlah vitamin, terutama Vitamin C. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin tersebut, sistem kekebalan akan semakin kuat dan tubuh pun tak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Tapi, tahukah kamu bahwa kebutuhan Vitamin C – mungkin tidak tercukupi hanya dengan konsumsi makanan saja? Untuk itu, kamu sangat disarankan mengonsumsi multivitamin secara rutin.

Lantas, multivitamin seperti apa yang direkomendasikan? Nah, produk multivitamin dari Enervon bisa menjadi pilihan yang tepat!

Konsumsi multivitamin Enervon-C tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Untuk perlindungan ekstra, dapat konsumsi Enervon-C Effervescent – yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg. Cocok diminum bagi yang sudah melakukan berbagai aktivitas di luar rumah!

Dan, bagi yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan imunitas!

 

Itulah ulasan mengenai cara kerja sistem imunitas dalam melawan virus, sekaligus cara tepat untuk meningkatkannya. Selama pandemi, yuk pastikan kamu sudah menerapkan berbagai langkah pencegahan secara tepat – agar risiko terinfeksi virus dapat diminimalisir.

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - halodoc.com