Waspadai! 6 Penyebab Kecelakaan Kerja yang Akibat Manusia

Waspadai! 6 Penyebab Kecelakaan Kerja yang Akibat Manusia

font size A Ǎ

Pernahkah kamu mendengar ungkapan “lebih baik berhati-hati berulang kali, daripada terbunuh sekali”? Ya, ungkapan yang satu ini memang penting direnungi oleh para pekerja, sehingga aspek berhati-hati terus diterapkan. Bukan tanpa alasan, hal tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko mengalami kecelakaan kerja yang merugikan diri sendiri, maupun orang lainnya.

Menurut sebuah data, sebanyak 80 dari 100 kecelakaan kerja yang terjadi, umumnya disebabkan karena faktor kesalahan manusia, lho. Fakta ini menunjukkan bahwa pekerja seringkali tidak mengambil tindakan pencegahan yang tepat, atau justru malas untuk melakukannya. Wah, padahal lebih baik mencegah daripada mengobati ya?

Nah, setidaknya ada 7 penyebab kecelakaan dari faktor manusia yang wajib kamu waspadai. Dan, yang pasti – jangan pernah mengabaikan sejumlah penyebab ini, sehingga risiko buruk pun dapat diminimalisir.

Penasaran apa saja penyebab tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Suka Ambil Jalan Pintas? Sebaiknya Hindari Hal Ini!

Waspadai! 6 Penyebab Kecelakaan Kerja yang Akibat Manusia

Credit Image - safetysignindonesia.id

Penyebab kecelakaan kerja karena faktor manusia yang pertama, yaitu mengambil jalan pintas. Memang, manusia terkadang suka cari cara yang lebih mudah. Sehingga, kemudian memilih melakukan jalan pintas, termasuk dalam urusan pekerjaan. Padahal, hal ini berbahaya, lho.

Apalagi, ketika pekerja tersebut melakukan tugasnya di dekat mesin-mesin – atau, dengan bahan kimia yang berisiko tinggi. Ingat, dengan memilih jalan mudah, justru bisa menjadi boomerang dan membahayakan diri!

Dengan begitu bisa dikatakan kalau jalan pintas yang dipilih pekerja hanya akan meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan kerja.

 

Terlalu Percaya Diri Juga Perlu Diperhatikan

Apakah kamu termasuk pekerja yang terlalu percaya diri? Wah, sikap yang satu ini juga ternyata bisa memicu kecelakaan kerja akibat faktor manusia, nih. Perlu diketahui, dengan sikap over confidence – seseorang cenderung menggampangkan segala sesuatunya.

Hal tersebut juga termasuk mengenai perlindungan kerja, lho. Akibatnya, pekerja pun menjadi kurang waspada, dan cenderung melakukan prosedur yang salah. Kalau sudah begini, kelalaian akan berdampak pada peningkatan risiko kecelakaan kerja ya.

 

Tempat Kerja yang Tidak Rapih

Waspadai! 6 Penyebab Kecelakaan Kerja yang Akibat Manusia

Credit Image - yudasmara.wordpress.com

Kerapian tempat kerja sangat dibutuhkan untuk membuat berbagai hal menjadi teratur. Kalau sudah rapih, maka proses bekerja pun akan terasa lebih nyaman. Kamu pasti setuju, kan? Dan, tentunya hal ini bisa mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja.

Sebaliknya, jika kondisi tempat kerja berantakan alias semrawut – secara tidak langsung menimbulkan potensi kecelakaan kerja. Untuk itu, pihak perusahaan juga mesti ambil andil dalam hal ini. Pastikan tempat kerja selalu terjaga kerapihannya. Dan, pekerja juga harus melakukan tindakan serupa.

 

Mulai Pekerjaan Tanpa Mengetahui Informasi yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pekerjaan, pastikan seluruh pekerja sudah tahu informasi yang diperlukan. Dengan begitu, kamu pun mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan – serta, bagaimana situasi kerja yang dihadapi.

Pekerja yang memulai pekerjaan tanpa informasi yang lengkap – akan merasa kebingungan nantinya. Hal ini bisa memicu pelanggaran prosedur, atau memperlambat proses kerja. Jika kamu kurang paham, bisa juga lho bertanya terlebih dahulu, dan pahami informasi yang dibutuhkan tersebut.

 

Mengabaikan Prosedur Keselamatan Dengan Sengaja? Wajib Dihindari!

Waspadai! 6 Penyebab Kecelakaan Kerja yang Akibat Manusia

Credit Image - ilmu-ekonomi-id.com

Penyebab kecelakaan kerja yang satu ini – merupakan yang paling buruk, tapi sayangnya paling sering dilakukan. Ini mungkin faktor penyebab yang sering dilakukan oleh pihak karyawan sendiri, lho. Padahal, prosedur kerja dibuat sedemikian rupa, untuk mengamankan jiwa pekerjanya, tapi dengan sengaja dilanggar.

Hati-hati, mengabaikan prosedur keselamatan kerja bisa berdampak fatal! Hal ini tak hanya dapat membahayakan diri sendiri, tetapi bisa berisiko tinggi bagi pekerja di sekitarnya. Jadi, pastikan kamu selalu mematuhi prosedur keselamatan kerja yang ada ya!

 

Kecelakaan Kerja Juga Bisa Terjadi Karena Kurang Persiapan

Kamu pasti setuju kalau tanpa adanya persiapan yang baik, maka berbagai hal yang dilakukan pun cenderung lebih berantakan. Benar begitu, kan? Sama halnya dalam urusan pekerjaan – harus direncanakan dahulu, sehingga berbagai aspek bisa dijalani dengan maksimal, dan tentunya aman.

Pekerja mesti sudah harus siap dengan apa saja yang perlu disiapkan. Setelah persiapan sudah selesai, barulah proses pekerjaan dapat dilakukan. Cara ini juga penting lho untuk mengurangi terjadinya risiko kecelakaan kerja.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai penyebab kecelakaan kerja yang terjadi akibat manusia. Nah, mulai sekarang – yuk, tetap waspada dan ingatlah bahwa keselamatan merupakan hal utama. Jadi, jangan sampai karena kelalaian diri sendiri, kemudian menimbulkan rasa sesal ya!

 

 

Featured Image - blog.klikmro.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!