Buah kiwi tidak hanya lezat tetapi juga memiliki banyak nutrisi. Kiwi kaya akan vitamin C, kandungan folat, potassium, vitamin K, dan juga vitamin E. Tidak hanya kaya akan nutrisi saja, buah kiwi juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi berkat kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah kiwi.

Selain itu, kiwi juga memiliki beberapa manfaat lainnya untuk tubuh, yaitu:

1. Kaya akan vitamin C, yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Credit: Liputan6

Banyak orang berpikir bahwa buah lemon dan jeruk memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi diantara buah lainnya, tetapi ternyata buah kiwi justru memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari kedua buah tersebut. Setiap 100 gram buah kiwi mengandung 158% vitamin C, dua kali lebih tinggi dibanding buah lemon atau jeruk.

Antioksidan yang terkandung dalam vitamin C dapat menyingkirkan radikal bebas yang dapat mengakibatkan inflamasi atau kanker. Ditambah lagi, vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar kamu tidak mudah jatuh sakit.

2. Gudang vitamin dan mineral

Credit: Detik Health

Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, kiwi juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral lainnya seperti vitamin A, B6, B12, E, potassium,  kalsium, zat besi, magnesium, omega 3, carotenoid, dan polyphenol. Vitamin dan mineral ini dapat melancarkan peredaran darah, mengurangi stress, menyehatkan tulang dan gigi, serta mendukung kesehatan mata.

Kandungan potassium yang tinggi juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah, sedangkan magnesium dapat membantu otot dan saraf agar bekerja dengan normal. Dan omega 3, carotenoid, serta polyphenol bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung.

3. Membantu tidur jadi lebih nyenyak

Credit: Liputan6

Menurut riset dari Taipei Medical University, berbagai studi telah mengungkapkan bahwa kiwi memiliki kandungan baik seperti antioksidan dan serotonin untuk membantu orang yang sulit tidur. Dengan mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur dapat memulihkan insomnia dan membantu kamu tidur dengan cepat.

4. Sumber serat yang baik

Credit: Hello Sehat

Buah kiwi kaya akan serat yang membantu mencegah tubuh terserang berbagai macam penyakit. Selain itu, serat juga dapat membuat perut lebih kenyang, membantu menjaga tekanan darah, mengontrol kadar gula, dan juga membantu tubuhmu terhindari dari penyakit kolesterol.

Menurut sebuah studi, dengan rajin mengonsumsi berbagai macam makanan yang kaya akan serta juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung serta aman bagi penderita diabetes.

5. Melancarkan pencernaan

Credit: Detik Health

Mirip seperti buah papaya, kiwi mengandung enzim bernama actinidain  yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Jadi, jika kamu mengalami konstripasi atau kesulitan untuk buang air besar, kamu bisa mengatasinya dengan rajin mengonsumsi buah kiwi setiap hari.

6. Bermanfaat untuk wanita hamil

Credit: Jawa Pos

Kiwi sangat baik untuk kesehatan wanita hamil, karena memiliki kandungan folat. Kandungan ini dapat menyehatkan dan membantu pertumbuhan janin dalam kandungan. Dan selain itu, kiwi juga baik untuk pertumbuhan anak- anak.

7. Mempercantik kulit

Credit: Hello Sehat

Tubuh dan kulit yang sehat membutuhkan tingkat pH yang stabil. Sifat alkaline dalam kiwi dapat menetralisir tubuh jika kamu sering mengonsumsi makanan yang bersifat asam. Selain itu, antioksidan dalam buah kiwi juga baik untuk menjaga kulit agar tetap awet muda.

 

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat dari buah kiwi, cobalah untuk mulai mengonsumsi buah ini, ya! Dan utuk memenuhi kebutuhan vitamin C mu konsumsi multivitamin dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk menjaga daya tahan tubuh biar nggak gampang sakit. 

Atau Enervon Active, dengan kandungan vitamin C dan zinc-nya yang aman di lambung, serta dapat membuatmu tetap aktif dan bugar sepanjang hari. 

 

Featured Image - Liputan6