Tak bisa dipungkiri, rasa stres dan cemas seringkali menghampiri, terutama di masa pandemi Covid-19. Berada di situasi yang tidak menentu – menjadi pemicu kekhawatiran yang terus-menerus terjadi. Tentunya, kondisi tersebut bisa menguras energi, bahkan membuat seseorang kehilangan semangat untuk hidup. Apakah kamu pernah merasakan hal tersebut?

Bukan cuma itu saja, namun daya tahan tubuh yang melemah. Akhirnya, sejumlah hal ini bisa membuat seseorang lebih mudah jatuh sakit.

Memang, mengatasi stres dan cemas tidaklah mudah dilakukan. Namun, setidaknya ada 5 cara mudah dan efektif yang bisa kamu terapkan, nih. Penasaran apa saja cara tersebut?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Rutin Berolahraga Bisa Jadi ‘Obat’ yang Efektif

Credit Image - klikdokter.com

Kamu pasti sudah sering mendengar bahwa stres dapat dilawan dengan rutin melakukan olahraga. Dengan beraktivitas fisik, maka hormon stres pun akan menurun dalam jangka panjang. Selain itu, kualitas tidur ikut meningkat, dan kamu pun merasa lebih percaya diri.

Tak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup berjalan cepat, joggin, maupun yoga. Nah, berolahraga teratur akan menurunkan stres dan kecemasan – dengan melepaskan endorfin yang ada di dalam tubuh, lho.

 

Cobalah Dengan Mengurangi Asupan Kafein

Kafein merupakan stimulan yang umumnya ditemukan dalam kopi, teh, cokelat, dan minuman berenergi. Perlu diketahui nih, mengonsumsi kafein dengan dosis yang terlalu tinggi dapat meningkatkan kecemasan.

Tentunya, setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda dalam hal mengonsumsi kafein ya. Jika kamu merasa kandungan ini membuatmu lebih mudah gelisah maupun cemas, maka lebih baik kurangi dosis asupannya.

Meskipun banyak penelitian menunjukkan bahwa kopi bisa sehat dalam jumlah sedang, namun itu kembali lagi kepada toleransi tubuh menerimanya. Sebab, jumlah kafein yang tinggi dapat meningkatkan stres dan kecemasan.

 

Bisa Juga Dengan Menulis Lho

Credit Image - sevima.com

Tahukah kamu bahwa menulis juga menjadi cara yang sederhana, namun tetap efektif dalam melawan rasa stres dan cemas yang seringkali menghampiri. Ini bisa dilakukan dengan mencatat hal apa saja yang kamu syukur selama menjalani kehidupan.

Rasa syukur tersebut dapat membantu mengatasi stres dan cemas dengan memfokuskan pikiran pada berbagai hal positif dalam hidup. Jadi, cara yang satu ini terbilang dapat membantu untuk meredakan kekhawatiran yang ada di pikiranmu ya!

 

Tertawa, Cara Ampuh Redakan Stres

Dalam keadaan stres dan cemas – sepertinya, tertawa menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan ya. Apakah kamu setuju? Untuk itu, cobalah berada di lingkungan sosial yang dapat memberikan energi positif, sehingga kamu lebih mudah untuk tertawa.

Dengan tertawa, rasa tegang pun bisa dikurangi, lho. Selain itu, tertawa pun bermanfaat untuk jangka panjang, yaitu dengan membantu meningkatkan sistem kekebalan, serta suasana hati yang semakin membaik.

Temukan humor dalam kehidupan sehari-hari, habiskan waktu bersama teman-teman lucu, atau dengan mudah kamu bisa menonton acara komedi untuk membantu menghilangkan stres.

 

Yuk, Belajar Untuk Mengatakan “Tidak”

Credit Image - hipwee.com

Menerapkan cara yang satu ini juga terbilang efektif untuk meredakan stres, lho. Dengan belajar mengatakan “tidak” – kamu merasa tak terbebani akan berbagai hal yang tak ingin dilakukan. Ingat, kamu tak perlu menjadi orang yang “tidak enakkan”, lho.

Selain itu, bisa mengatakan “tidak” juga perlu diterapkan, sehingga kamu bisa mengendalikan hidupmu sendiri. Cara ini memiliki peran dalam menghindari rasa stres, maupun cemas. Jadi, cobalah untuk berkata “tidak” – pada hal yang tidak kamu senangi ya.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai cara atasi stres dam cemas selama pandemi. Dari sejumlah cara di atas, kamu paling tertarik untuk menerapkan cara yang mana dahulu nih?

 

 

Featured Image - ngovee.com

Source - popmama.com