5 Tips Menjaga Stamina Saat Traveling

TAGS :
font size A Ǎ

Meski traveling merupakan salah satu kegiatan untuk menghilangkan penat dan stress, namun traveling juga merupakan kegiatan yang menguras tenaga. Sedikit saja tubuh kamu drop atau melemah, maka sensasi traveling akan berkurang sehingga bukannya liburan, tapi kamu malah jatuh sakit. Terutama jika kamu tidak terbiasa berpergian dan tidak melakukan tindakan preventif untuk mencegah kelelahan.

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu wajib menjaga stamina selama perjalanan. Mulai dari mengonsumsi makanan yang sehat dan istirahat yang cukup. Selain itu, kamu bisa mengikut 5 tips berikut ini untuk tetap menjaga stamina selama traveling:

1. Meninggikan posisi kaki saat tidur

5 Tips Menjaga Stamina Saat Traveling

Credit: Fimela

Saat kamu pergi hiking  atau berjalan jauh saat traveling, cara meningkatkan stamina yang paling sederhana adalah dengan tidur. Saat tidur, posisikan kakimu di atas bantal selama beberapa saat. Karena ketika kaki terangkat, posisi ini akan membantu membersihkan kelenjar getah bening dan air retensi, yang merupakan penyebab timbulnya rasa sakit dan kaki lelah. Tindakan sederhana ini bisa kamu lakukan selama 20 menit.

2. Merendam kaki dengan air hangat

5 Tips Menjaga Stamina Saat Traveling

Credit: Hipwee

Berendam dengan air hangat juga merupakan salah satu cara meningkatkan stamina yang paling mudah saat traveling. Jika tempat kamu menginap dilengkapi dengan fasilitas bath tube, kamu bisa mengisi bak tersebut dengan air hangat dan rendam kakimu.

Jika tidak tersedia, kamu dapat menghangatkan handuk dengan air panas dan membungkus kaki untuk menghilangkan rasa nyeri dan lelah. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks.

3. Menjaga jumlah cairan dalam tubuh

5 Tips Menjaga Stamina Saat Traveling

Credit: Tribunnews

Berpergian dalam waktu yang cukup lama, bisa menyebabkan cairan dalam tubuhmu berkurang. Pastikan agar jumlah cairan dalam tubuh tetap terjaga dengan baik. Karena, kekurangan cairan juga menjadi penyebab dari berkurangnya stamina saat traveling.

Cara meningkatkan stamina tubuhmu saat traveling adalah dengan mengonsumsi air putih maupun minuman yang mengandung ion. Saat cairan dalam tubuh terjaga dengan baik maka tubuhmu akan selalu aktif dan dapat berfungsi dengan baik.

4. Bawa vitamin dan obat- obatan

5 Tips Menjaga Stamina Saat Traveling

Credit: Cosmopolitan

Jika kamu memiliki penyakit tertentu, sebaiknya kamu membawa obat- obatan yang sudah direkomendasikan oleh dokter. Selain itu, kamu juga bisa membawa vitamin seperti vitamin C yang dapat membantumu menjaga stamina selama berpergian.

5. Sesuaikan tempat wisata dengan kondisi fisik

5 Tips Menjaga Stamina Saat Traveling

Credit: Travel Wyoming

Kadang, hal ini sering disepelekan. Padahal, pemilihan tempat wisata dapat mempengaruhi kinerja stamina selama kamu traveling. Jika kamu memiliki riwayat penyakit pernapasan seperti asma, sebaiknya hindari tempat wisata yang dingin atau berdebu. Atau jika kamu memiliki alergi terhadap air garam, maka hindari tempat wisata yang berada di pinggir pantai.

 

Featured Image - Practical Wanderlust


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!