5 Trik Jitu Belajar Membaca Anak TK. Anti Bosan dan Menyenangkan!

5 Trik Jitu Belajar Membaca Anak TK. Anti Bosan dan Menyenangkan!

font size A Ǎ

Umumnya, ketika memasuki sekolah Taman Kanak-Kanak, Si Kecil akan mulai diajari membaca. Perlu diketahui, keterampilan yang satu ini sangat penting dikuasai, lho. Sebab, membaca memiliki pengaruh besar terhadap proses belajar anak.

Belajar membaca anak TK biasanya akan didapatkan di sekolah. Namun, orangtua tak bisa mengandalkan hal tersebut saja – melainkan, anak juga harus dapat belajar membaca di rumah. Tentunya, hal tersebut di bawah bimbingan moms, sehingga ia pun mampu menguasai kemampuan ini lebih cepat.

Memang, menngajari anak membaca tidak semudah yang dikira, lho. Apakah moms juga turut merasakannya? Tapi, tak perlu khawatir – karena, ada sejumlah tips yang dapat membantu belajar membaca anak TK menjadi lebih menyenangkan.

Apa saja tips tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

 

Langkah Pertama, Cari Waktu Belajar yang Tepat

5 Trik Jitu Belajar Membaca Anak TK. Anti Bosan dan Menyenangkan!

Credit Image - edukasi.kompas.com

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam urusan belajar membaca anak TK, yaitu mencari waktu belajar yang tepat. Agar proses belajar semakin efektif, maka mengajari anak haruslah dilalukan di saat yang sesuai, lho.

Carilah waktu-waktu dimana mood belajar anak sedang baik – kemudian, pastikan anak tidak sedang mengantuk, lapar, atau lelah. Jika suasana hati Si Kecil sedang kurang baik, maka ia akan cenderung kurang bisa berkonsentrasi dan merasa malas untuk belajar. Akhirnya, moms pun jadi tidak bisa mengajarinya secara optimal.

 

Perkenalkan Anak Dengan Huruf Alfabet

Terkait dengan belajar membaca anak TK juga meliputi perkenalan dengan huruf alphabet ya. Hal ini menjadi langkah awal anak belajar membaca, lho. Untuk itu, kamu harus mengenalkan Si Kecil dengan seluruh huruf alfabet, mulai dari bentuk, serta cara pelafalan yang benar.

Perlu diingat bahwa huruf alfabet memiliki jumlah yang cukup banyak, maka mengajari Si Kecil pun harus secara bertahap ya. Misalnya dalam hari lima huruf saja, yang penting anak benar-benar menguasainya. Selain membaca, mintalah anak juga menuliskan huruf-huruf tersebut supaya ia bisa lebih cepat menghafalkannya.

 

Ajak Si Kecil Menghafalkan Suku Kata

5 Trik Jitu Belajar Membaca Anak TK. Anti Bosan dan Menyenangkan!

Credit Image - parenting.dream.co.id

Jika ia sudah berhasil menghafal semua huruf, maka tahapan belajar membaca anak TK yang perlu diterapkan selanjutnya, yaitu menghafalkan suku kata. Moms, coba ajari Si Kecil berbagai suku mata – mulai dari konsonan B sampai Z.

Selain itu, ajari pula suku kata vokal, seperti A, I, U, E, O. Adapun konsonan B sampai Z yang dapat diajarkan, seperti ba, bi, bu, be, bo – dan begitu pula seterusnya. Dengan menerapkan tahapan yang satu ini – akan membantu anak untuk membaca setiap kata secara utuh.

 

Membaca Kata Secara Utuh

Di tahapan belajar membaca anak TK, umumnya anak akan mengeja beberapa huruf, sampai ia mampu merangkainya menjadi kata utuh. Langkah ini merupakan cara alami yang anak lakukan, sehingga ia mampu membaca kata dengan benar.

Tapi, moms mesti harus melakukan pengawasan, sehingga Si Kecil tidak mengalami kesalahan dalam membaca ya. Kemudian, latih ia untuk membaca kata secara utuh hingga benar-benar lancar. Dan, lanjutnya dengan mengajarinya membaca kalimat pendek.

 

Hindari Untuk Memaksa Ya!

5 Trik Jitu Belajar Membaca Anak TK. Anti Bosan dan Menyenangkan!

Credit Image - klikdokter.com

Melatih belajar membaca anak TK memang memerlukan kesabaran yang ekstra ya. Apakah kamu juga setuju? Untuk itu, hindari terlalu memaksakan Si Kecil, apalagi ketika ia sudah merasa lelah dan kesulitan. Sebaiknya, tetap ajari anak secara perlahan, namun rutin – sehingga, ia tidak merasa terpaksa dalam belajar.

Selain itu, mengajari anak belajar membaca juga tidak harus selalu di rumah, lho. Ketika bepergian, cobalah menunjuk sebuah kata yang ditemui di jalan, kemudian minta anak untuk membacanya. Dengan begitu, ia pun akan berusaha untuk membaca berbagai kata yang ia temui.

 

Wah, itulah kelima tips belajar membaca anak TK yang dapat diterapkan, moms. Nah, agar proses belajar Si Kecil semakin maksimal – jangan lupa, untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisinya, yang juga berperan dalam meningkatkan kecerdasan anak.

Kebutuhan nutrisi anak bisa dipenuhi, salah satunya dengan  memberi asupan multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Multivitamin khusus anak yang satu ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak, bantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, meningkatkan napsu makan, memelihara kesehatan tulang dan gigi, serta menjaga daya tahan tubuh Si Kecil agar tidak mudah sakit.

 

Yuk, moms terapkan sejumlah tips di atas untuk mengajari anak belajar membaca. Selamat mencoba ya!

 

 

Featured Image - halodoc.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!