Selama pandemi, memastikan meminimalisir risiko infeksi.

Sebenarnya, nutrisi yang dibutuhkan ada beragam macam, namun yang paling penting, yaitu vitamin dan mineral – yang tentunya memiliki fungsi dalam membangun sistem kekebalan kuat, sehingga mampu menangkal virus.

Dari sekian banyaknya vitamin dan mineral, setidaknya ada 6 jenisnya yang dibutuhkan anak – sehingga ia tetap bugar dan sehat. Lantas, apa saja vitamin dan mineral tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Vitamin A – yang Punya Peran Untuk Meningkatkan Imun

Credit Image - idntimes.com

Yang pertama, yaitu Vitamin A yang penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. selain itu, Vitamin A juga berperan dalam perkembangan tulang, peningkatan penglihatan, serta meningkatkan pertumbuhan sel dan jaringan yang sehat.

Perlu diketahui, anak yang mengalami defiensi klinis vitamin A, memiliki kemungkinan lebih tinggi terserang berbagai penyakit menular dan berisiko lebih tinggi mengalami masalah penglihatan termasuk kebutaan.

Vitamin A dapat ditemukan pada wortel, labu, ubi jalar, aprikot, bayam, brokoli, kol, minyak ikan, kuning telur, salmon, dan produk susu yang terbuat dari lemak susu seperti mentega dan ghee.

Selain itu, asupan Vitamin A juga dapat dipenuhi dengan memberi Si Kecil multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Vitamin C Juga Penting Diberikan, Moms

Vitamin C merupakan jenis nutrisi penting untuk meningkatkan imun tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit, termasuk virus corona. Nutrisi yang satu ini juga dapat bantu meningkatkan produksi sitokin oleh sel darah putih. Sitokin berfungsi sebagai protein komunikasi yang dilepaskan dari sel darah putih tertentu – dan dapat mengirimkan informasi ke sel lain, sehingga meningkatkan respons imun.

Selain itu, Vitamin C juga mengandung antioksidan yang dapat menurunkan risiko peradangan paru-paru akibat Covid-19, lho. Biasanya, vitamin C dapat ditemukan secara alami pada jeruk, stroberi, pepaya, paprika merah, dan bayam.

Mengonsumsi sumber makanan vitamin C memang dapat bantu memenuhi kebutuhan hariannya, tapi cara ini belum tentu cukup. Untuk itu, moms bisa berikan multivitamin Enervon-C Plus Sirup pada Si Kecil – yang tentunya memiliki kandungan Vitamin C ya.

 

Vitamin D Untuk Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Credit Image - vifamedia.com

Seperti diketahui, Vitamin D akan bekerja dengan kalsium untuk membangun tulang yang kuat, serta menjaga kesehatan gigi. Vitamin ini pun juga berperan dalam melindungi anak, sehingga ia terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kronis.

Asupan Vitamin D dapat diperoleh dari paparan sinar matahari alami. Namun, sinar matahari tak selalu baik untuk kesehatan kulit, dikarenakan adanya sinar ultraviolet yang berbahaya. Jadi, untuk alternatif yang aman – kamu bisa memasukan makanan seperti salmon, kuning telur, sarden, daging merah, dan hati pada menu harian Si Kecil.

Selain itu, Vitamin D juga bisa diperoleh dengan memberikan anak Enervon-C Plus Sirup, lho. Sudah dijelaskan sebelumnya, multivitamin yang satu ini juga kaya akan kandungan Vitamin D.

 

Protein yang Berperan Dalam Pembentukan Energi

Protein adalah nutrisi penting lainnya yang membantu tubuh anak membangun sel, memecah makanan menjadi energi, melawan infeksi, dan membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.

Mendapatkan asupan protein harian tidaklah sulit kok. Sebab, nutrisi yang satu ini sangat mudah ditemukan dalam berbagai sumber makanan, seperti daging, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan produk susu.

Protein menyediakan asam amino esensial yang berkontribusi pada kesehatan mental dan fisik, jadi jika Si Kecil menunjukkan tanda-tanda konsentrasi yang buruk, kelelahan, pertumbuhan yang melambat, dan kekebalan yang rendah, moms mungkin perlu lebih memperhatikan asupan proteinnya ya.

Cara temudah dan ramah di kantong untuk menyediakan cukup protein bagi anak, yaitu dengan menambahkan telur ke dalam menu makanan hariannya. Telur bisa menyediakan sekitar 6 gram protein, jadi membiarkan anak makan dua hingga tiga sehari bisa menjadi solusi termudah, lho.

 

Kalsium: Nutrisi Penting Lain yang Mesti Dipenuhi

Credit Image - jovee.id

Kalsium sangat penting untuk membangun kesehatan tulang dan gigi anak. Tak hanya penting selama masa pertumbuhan formatif saja, namun kalsium juga berperan penting untuk membangun cadangan, karena ada kemungkinan anak mengalami keropos tulang di tahun-tahun berikutnya.

Selain itu, kalsium juga berperan penting dalam pembekuan darah, serta menjaga fungsi optimal saraf, otot, dan jantung. Untuk mendapatkan nutrisi yang satu ini – berikan sejumlah sumber makanan, seperti susu, keju, yogurt, telur, brokoli, bayam, dan tahu.

 

Zat Besi – Berperan Untuk Mengedarkan Oksigen

Dan, adapula zat besi yang juga diperlukan oleh anak setiap harinya. Nutrisi yang satu ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan darah – yang membawa oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh. Ini penting untuk Si Kecil selama masa pertumbuhan, lho.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan banyak masalah pada pertumbuhan anak, seperti kelelahan yang teratur, jantung berdebar cepat, lidah sakit atau bengkak atau limpa yang membesar.

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian Si Kecil, pastikan kamu memberikan sejumlah sumber makanan yang kaya akan kandungan tersebut, seperti daging merah, unggas, kerang, kacang-kacangan, roti yang diperkaya, dan sereal dalam menu makanan hariannya.

 

Wah, itulah keenam vitamin dan mineral yang penting dipenuhi oleh Si Kecil, sehingga daya tahan tubuh, sekaligus kesehatan secara keseluruhan dapat terjaga secara maksimal. Yuk, moms mulai sekarang, berikan sejumlah asupan nutrisi tersebut ya!

 

 

Featured Image - yesiaftania.wordpress.com

Source - cnnindonesia.com