Seiring meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia, masyarakat terus diingatkan dengan penerapan protokol kesehatan 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Sejumlah hal tersebut merupakan upaya utama untuk meminimalisir risiko penularan virus. Meski demikian, ada pula cara lain yang disarankan, yaitu menjaga sekaligus meningkatkan imunitas tubuh.

Seperti namanya, sistem kekebalan tubuh atau imun adalah yang membentengi tubuh manusia dari penyakit. Imunitas memiliki berbagai proses untuk mengusir berbagai patogen dari bakteri hingga virus keluar dari tubuh.

Memiliki imun yang kuat bisa diperoleh dengan menerapkan berbagai kebiasaan sehat, termasuk rutin berolahraga. Memang semua aktivitas fisik umumnya bisa meningkatkan imun, namun setidaknya ada lima olahraga yang direkomendasikan – dan, bisa dilakukan di rumah, lho.

Tak hanya imunitas saja, namun kelima olahraga ini juga mampu meningkatkan stamina, sekaligus energi tubuh. Dijamin, kamu menjadi tak mudah lelah selama beraktivitas seharian. Sudah penasaran, apa saja sih olahraga tersebut?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini.

 

 

Standing Thoracic Expansion

Credit Image - blackroll.com

Siapa di sini yang seringkali duduk dalam waktu lama karena bekerja? Tak jarang, kebiasaan ini bisa membuat bahu menjadi bungkuk. Nah, untuk mengatasinya – kamu bisa melakukan gerakan yang satu ini ya. Selain itu, olahraga ini bisa bantu meregangkan dan melemaskan bagian tengah, punggung, serta rusuk, lho.

Untuk melakukannya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Satukan kedua telapak tangan dan regangkan ke atas, lalu ke arah punggung. Jangan lupa untuk membusungkan dada, dan dongakkan kepala ke arah langit-langit.
  • Saat hampir mencapai punggung, pisahkan kedua telapak tanganmu dan rentangkan sejauh mungkin lalu kembali ke posisi pertama.
  • Lakukan 10 kali repetisi dengan 3 - 5 set.

 

Supported Squat and Forward Bend

Gerakan selanjutnya juga sangat direkomendasikan untuk dilakukan secara rutin, lho. Gerakan ini berguna untuk meregangkan pinggul, punggung, dan bagian hamstring. Untuk melakukannya, kamu membutuhkan sebuah kursi ya.

Cara melakukannya, yaitu:

  • Berpegang pada kursi, lalu lakukan posisi squat serendah yang kamu bisa (jangan sampai merasa sakit!). Kursi ini berfungsi sebagai pegangan bagi mereka yang memiliki masalah dengan mata kaki sehingga tidak bisa squat.
  • Bangun, lalu bungkuklah ke depan dengan punggung tetap lurus, sementara pinggul tertarik ke arah berlawanan. Tahan beberapa detik. Lalu kembali ke posisi awal.
  • Lakukan 10 kali repetisi dengan 3 - 5 set.

 

Supported Side-Bend Lunge

Credit Image - ekhartyoga.com

Untukmu yang biasanya hanya melatih bagian tangan, kaki, dada, dan perut – gerakan ketiga ini akan bantu meregangkan kedua sisi di bagian atas dan bawah tubuh, lho. Sama seperti olahraga sebelumnya, kamu membutuhkan kursi untuk melakukan gerakan ini.

  • Letakkan kursi di depan kaki yang menjadi tumpuanmu. Jarak kaki harus dua kali dari jarak bahu.
  • Taruhlah tangan dari sisi yang sama pada kursi (jika kaki kanan menjadi tumpuan, maka letakkan tangan kanan dan sebaliknya) atau bisa juga dengan alat bantu lain, lalu rentangkan tangan dari sisi berlawanan ke atas dan cobalah meraih ke arah tumpuan (jika kaki kanan menjadi tumpuan, tangan kiri meregang ke sisi kanan, dan sebaliknya).
  • Usahakan dada tetap busung dan punggung tetap lurus agar kamu dapat merasakan sensasi regangan.
  • Tahan posisi 3 - 5 detik, dan kembali ke posisi semula, ganti ke sisi badan lain.
  • Lakukan lima kali repetisi untuk tiap sisi tubuh dengan 3 - 5 set.

 

Plank Twist With Push-Up

Sama seperti namanya, gerakan yang satu ini merupakan kombinasi dari push-up dan plank ya. Meski terdengar sulit, tapi jangan patah semangat dulu! Gerakan yang satu ini bermanfaat untuk melatih tubuh bagian atas, membuat tubuh semakin lentur, serta menguatkan tubuh bagian tengah.

  • Buat posisi push-up, lalu tekukkan lutut ke lantai dan angkat satu tangan ke atas sementara dada terbuka ke sisi samping atas.
  • Kembali ke posisi pertama dan lakukan dengan tangan dari sisi yang berlawanan. Itu terhitung sebagai satu repetisi
  • Lakukan 6 - 10 repetisi dengan 3 - 5 set.

 

Bicycle

Credit Image - inshape.com

Gerakan yang terakhir – dan tentunya dapat meningkatkan imun tubuh, yaitu bicycle. Gerakan ini sudah cukup populer, lho. Kamu pun bisa melakukannya di mana saja, termasuk di atas kasur. Dengan rutin melakukan gerakan bicycle, bagian perut bisa terlatih secara maksimal.

Bagaimana cara melakukannya? Berikut ini sejumlah langkah yang perlu dilakukan.

  • Berbaringlah telentang dengan lutut tertekuk siku-siku. Topang kepala dengan tanganmu.
  • Angkat bahu dan kaki dari lantai dan mulai mengayuh.
  • Kayuh kaki agar lutut bertemu dengan siku tangan dari sisi berlawanan (jika kaki kanan mengayuh, lutut kanan bertemu dengan siku kiri, dan sebaliknya).
  • Lakukan 15 - 30 repetisi dengan 3 - 5 set.

 

Nah, selain dengan rutin melakukan olahraga, menjaga imunitas tubuh juga perlu dioptimalkan dengan mendapatkan asupan vitamin yang cukup. Selain dari sumber makanan, vitamin juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi multivitamin, lho.

Tapi, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Dan tentunya, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg, lho.

 

Wah, itulah kelima olahraga yang bisa dilakukan untuk bantu meningkatkan imunitas tubuh, sekaligus menjaga energi. Jadi, kamu ingin melakukan gerakan yang mana dahulu nih?

 

 

Featured Image - wellandgood.com

Source - idntimes.com