Akhir pekan akan segera tiba! Di momen seperti ini, tak ada salahnya lho untuk rileks sejenak – atau melakukan kegiatan yang biasanya sulit dinikmati karena keterbatasan waktu, seperti sarapan sembari bersantai. Di hari kerja, kamu pasti jarang memiliki waktu sarapan ya? Jadwal yang padat membuatmu harus terburu-buru untuk segera pergi beraktivitas.

Perlu diketahui, sarapan tak dilakukan bukan hanya karena ingin mengisi perut saja, lho. Tapi, lebih dari itu – sarapan baik untuk kesehatan, bahkan dapat mengurangi risiko obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes.

Selain itu, kebiasaan sarapan pun dapat meningkatkan suasana hati, dan membuat diri semakin produktif! Tapi, untuk mendapat sejumlah manfaat tersebut, kamu mesti mengonsumsi menu sarapan yang kaya akan nutrisi dan vitamin ya.

Untuk memaksimalkan kesehatan tubuh, direkomendasikan memilih menu sarapan kaya akan Vitamin C – yang tentunya juga berperan penting dalam menjaga imunitas nih. Lantas, apa saja sih menu sarapan tinggi Vitamin C tersebut?

Yuk, simak ulasannya sampai habis!

 

 

Salad Kale: Menu Sarapan Kaya Vitamin C yang Bisa Dipilih

Credit Image - bonappetit.com

Dikutip Self Nutrition Data, secangkir kale mentah mengandung 80 miligram Vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuhmu, lho. Agar kandungan Vitamin C bisa terserap dengan bak oleh tubuh, ada baiknya kamu mengonsumsi kale dalam keadaan mentah, seperti dijadikan salad.

Sebab, menurut penelitian dalam jurnal Preventive Nutrition and Food Science tahun 2017, mengolah sayuran hijau dengan cara direbus, goreng – atau dikukus bisa mengurangi kandungan nutrisi baiknya, termasuk antioksidan seperti Vitamin C.

 

Omelet Brokoli yang Nikmat dan Menyehatkan

Menu sarapan kaya akan Vitamin C selanjutnya, yaitu omelet brokoli – yang tentunya nikmat dan menyehatkan. Menurut penelitian National Cancer Institute, sayuran tinggi Vitamin C seperti brokoli, bermanfaat untuk menurunkan stres, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

Nah, biar lebih nikmat dan kaya akan nutrisi, kamu dapat mengolah brokoli sebagai campuran omelet ya. Tak kalah dari bahan utamanya, yaitu brokoli – telur juga kaya akan Vitamin D yang baik untuk mendukung sistem imunitas tubuh, lho.

 

Ingin yang Lebih Mengenyangkan? Masak Mashed Potato Saja!

Credit Image - unileverfoodsolutions.co.id

Tahukah kamu bahwa mashed potato – menu yang digemari banyak orang merupakan makanan yang kaya akan Vitamin C? Ya, dalam 173 gram kentang mengandung 28 persen Vitamin C harian yang dianjurkan, lho.

Hal in pun sudah dibuktikan oleh penelitian The Cochrane Database of Systematic Reviews – penelitian tersebut mengatakan bahwa dengan mengonsumsi Vitamin C secara rutin, hal ini dapat membantu mengurangi tingkat keparahan flu, sekaligus menstabilkan kembali daya tahan tubuh – ketika sedang terserang penyakit.

 

Smoothie Bowl, Menu Sarapan kaya Vitamin C yang Tak Kalah Nikmat

Berikutnya, ada pula smoothie bowl yang dapat kamu pilih sebagai menu sarapan kaya Vitamin C di akhir pekan. Ini merupakan bentuk lain dari sajian jus – jadi, cocok untukmu yang bosan minum jus pada umumnya ya! Selain itu, biar lebih nikmat, bisa juga ditambahkan dengan aneka topping sesuai selera.

Untuk membuat smoothie bowl yang bermanfaat untuk daya tahan tubuh – direkomendasikan untuk mencampurkan stroberi dan mangga beku, nih. Sebab, kombinasi kedua buah tersebut kaya akan antioksidan dalam jenis Vitamin C dan Vitamin E.

 

Buah Potong – Buat yang Tak Mau Ribet

Credit Image - oliversmarket.com

Rekomendasi menu terakhir, yaitu buah potong. Sajian yang satu ini cocok sekali buatmu yang tidak ingin ribet dalam menyiapkan sarapan. Tak perlu diragukan, buah memang baik untuk kesehatan, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dilansir dari Healthline, sepiring buah potong – yang berisi kiwi, pepaya, stroberi, dan jeruk sudah terbukti kaya akan Vitamin C. Tentunya, menu yang satu ini dapat menjaga imunitas tubuh, sehingga tak mudah terserang penyakit ya!

 

Selain mengonsumsi sejumlah menu sarapan di atas, asupan Vitamin C juga dapat dipenuhi dengan rutin minum suplemen setiap harinya, lho. Lantas, apa suplemen yang direkomendasikan?

Kamu disarankan untuk mengonsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh.

Dan, untukmu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi – yang lebih tahan lama. Jadi, bisa bikin kamu semakin produktif seharian nih!

 

Dari sejumlah menu sarapan kaya akan Vitamin C di atas, mana nih yang ingin kamu coba terlebih dahulu?

 

 

Featured Image - healthyfood.com