Seperti diketahui, kecerdasan Si Kecil? Manfaat yang satu ini – dapat diperoleh ketika kamu melakukan mainan edukatif ya!

Selain itu, peran orangtua dalam menyediakan permainan anak juga sangat penting, lho. Saat ini, sudah banyak sekali mainan edukatif yang dapat dipilih, termasuk didapatkan di berbagai toko mainan. Tapi, pastikan kamu juga sudah mengetahui jenis permainan yang tepat, serta sesuai dengan usia tumbuh kembang anak.

Nah, untuk memudahkanmu, setidaknya ada 6 jenis mainan edukatif yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Lantas, apa saja permainan tersebut?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Puzzle: Untuk Tingkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah

Credit Image - nakita.grid.id

Mainan edukatif yang satu ini sangat mudah ditemukan di berbagai toko permainan ya, pasti kamu juga setuju kan, moms? Sebaiknya, pilihlah gambar puzzle yang disukai oleh Si Kecil, kemudian cobalah mengajaknya bermain, sekaligus menyusun kembali gambar puzzle yang berserakan.

Melalui mainan edukatif ini, maka kemampuan anak atas problem solving, logika dan motorik halus dapat meningkat, lho. Sebagai langkah awal, pilih pula jenis puzzle yang sederhana, sehingga anak tak terlalu bingung.

Lalu, seiring dengan berjalannya waktu, moms bisa membelikan puzzle dalam tingkatan yang lebih sulit, sehingga kemampuan anak dalam memecahkan masalah akan semakin terasah.

 

Permainan Alfabet yang Bisa Meningkatkan Memori

Mainan edukatif yang satu ini juga dapat dijadikan pilihan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus, memori, dan imajinasi. Ya, permainan alfabet yang terdiri dari 25 huruf sangat cocok digunakan oleh orangtua dalam memperkenalkan abjad secara bertahap, lho. Selain itu, mainan edukatif tersebut juga akan membantu anak membedakan huruf vokal dan konsonan.

Nantinya, permainan alfabet ini juga dapat membantu Si Kecil dalam mengeja beberapa huruf dengan baik, hingga akhirnya ia pun dapat menyusun kata-kata sederhana dengan baik. Dari sejumlah manfaat baik tersebut, memang permainan ini dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat dalam mendukung pertumbuhan anak, ya?

 

Bantu Anak Mengenal Lingkungan Sekitar, Ajak Ia Melakukan Permainan Binatang

Credit Image - review.bukalapak.com

Di sekitarmu, ada banyak sekali jenis hewan yang dapat membuat anak semakin perhatian dengan lingkungan. Moms, dapat memberikan mainan edukatif anak berupa minatur binatang – kemudian, secara perlahan bisa memperkenalkan berbagai jenis binatang beserta habitat kepada Si Kecil.

Dapat dibilang bahwa cara ini merupakan alternatif tepat – tanpa harus pergi ke kebun binatang, atau bertemu binatang tersebut secara langsung. Meski demikian, sesekali, moms bisa ajak anak ke kebun binatang untuk melihat langsung rupa dari hewan tersebut dalam kehidupan nyata.

 

Permainan Warna Untuk Meningkatkan Kreativitas

Apakah Si Kecil memiliki jiwa seni di dalam dirinya? Wah, artinya kamu dapat mencoba memberikan mainan edukatif, berupa pensil warna maupun krayon. Cara ini dapat membantu anak berkenalan dengan warna sejak dini, lho. Biar ia semakin tertarik, kamu dapat menyediakan sebuah kertas sebagai lembar untuk anak berkreasi.

Selanjutnya, kamu juga dapat memberikan berbagai gambar bentuk sederhana, kemudian minta anak untuk mewarnai bentuk tersebut sesuai keinginannya. Melalui permainan ini, anak mampu menumbuhkan jiwa seninya, sekaligus meningkatkan kreativitas.

 

Block Bricks Bisa Membantu Melatih Daya Imajinasi

Credit Image - review.bukalapak.com

Mainan edukatif selanjutnya, yaitu block bricks untuk membantu meningkatkan daya imajinasi Si Kecil. Umumnya, permainan ini terdiri dari berbagai warna cerah dan menarik – yang juga dapat membantu anak belajar mengenai warna. Tapi, mainan edukatif ini sebaiknya diberikan pada anak yang sudah dapat melakukan kegiatan mandiri ya.

Dari permainan block bricks, Si Kecil dapat berkreasi untuk meningkatkan imajiasi – dalam bentuk berbagai bangunan hingga benda. Ini dilakukan dengan menyusun potongan block secara perlahan. Dan, lebih menariknya lagi, anak pun dapat mencoba membentuk robot, maupun lainnya dengan bantuan block bricks, lho!

 

Permainan Angka Baik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Berpikir

Yang terakhir, jangan lupa untuk mengenalkan anak pada angka pada anak di usia pertumbuhannya ya! Sebagai langkah awal, kamu dapat memberikan mainan edukatif berupa angka dengan rentang 0 hingga 9. Jika anak sudah familiar, maka  tingkatkan kembali levelnya.

Untuk level lebih tinggi, berikan mainan edukatif yang dapat mengasah kecerdasan dalam berpikir. Misalnya, mengajak anak untuk belajar berhitung sederhana dengan tetap menggunakan permainan angka tersebut.

 

Selain dengan mengajak Si Kecil melakukan berbagai mainan edukatif, untuk mendukung kecerdasan, sekaligus tumbuh kembangnya – pastikan moms sudah memberikan kebutuhan nutrisinya ya. Tentu saja, hal ini dapat membantu daya tahan tubuh anak, lho.

Berikan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi, termasuk vitamin. Sebagai pelengkap, kamu juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk si kecil. Namun, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Tak hanya itu, Enervon-C Plus Sirup pun dapat bantu optimalkan tambuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai sejumlah pilihan mainan edukatif untuk Si Kecil – yang tentunya dapat dipilih. Dari keenam permainan di atas, moms ingin mengajak anak melakukan yang mana dahulu nih?

 

 

Featured Image - blibli.com