Kurang Minum Air Putih Bikin Sulit Konsentrasi Saat Bekerja

TAGS : Karir
font size A Ǎ

Kebanyakan orang mungkin lebih sering meminum kopi atau minuman berenergi agar bisa terus melek dan segar selama bekerja seharian. Padahal, jika ingin tetap focus dan produktif di kantor, seharusnya kamu minum air putih. Kurang minum air putih di kantor tanpa disadari dapat membuat otak jadi kurang focus sehingga konsentrasi kamu jadi lebih gampang buyar.

Kenapa kurang minum air putih di kantor bikin sulit fokus bekerja?

Kurang Minum Air Putih Bikin Sulit Konsentrasi Saat Bekerja

Credit: Tribunnews

Banyak penelitian yang menyebutkan dehidrasi dapat menurunkan tingkat konsentrasi dan kewaspadaan seseorang termasuk saat bekerja di kantor.

Semakin jarang kamu minum, semakin sedikit pula cadangan cairan tubuh yang dapat membantu melarutkan kandungan garam dalam darah. Ini artinya, darahmu akan mengandung banyak garam. Tingginya kandungan garam ini dapat membuat darah menjadi semakin kental, dan akibatnya volume darah secara keseluruhan akan berkurang. Hal ini membuat jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah segar yang lebih banyak lagi untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke otak.

Otak yang kekurangan asupan darah beroksigen tidak dapat berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan kamu sulit bepikir jernih, sulit mengingat, sulit untuk berhitung, dan sulit focus. Selain itu, dehidrasi juga membuat kamu sakit kepala, sangat mengantuk, merasa linglung, dan memiliki respon refleks lambat sehingga sulit untuk sigap dalam mengambil kepurusan penting saat keadaan darurat.

Tidak hanya itu, kurang minum air putih juga dapat mempengaruhi mood kamu saat di kantor. Karyawan kantor yang kekurangan cairan tubuh mengalami penurunan mood lebih buruk dibandingkan dengan rekan kerja mereka yang cukup air minum air putih. Mereka yang cukup minum air putih bisa bekerja lebih tenang dan dapat berkonsentrasi dengan baik.

Dalam jangka panjang, dehidrasi dan kekurangan cairan terus menerus dapat berdampak buruk bagi kesehatan ginjalmu. Risiko kamu untuk terkena penyakit ginjal dan batu ginjal dapat meningkat bila kamu kekurangan cairan dalam jangka panjang. Maka, pastikan kamu selalu menyempatkan diri untuk minum air putih sesibuk apapun kegiatan di kantor.

Tips agar lebih banyak minum air putih saat di kantor

Kurang Minum Air Putih Bikin Sulit Konsentrasi Saat Bekerja

Credit: Kumparan

Jangan jadikan kesibukan kantor sebagai alasan untuk jarang minum air putih. Segera minum setiap kali kamu mulai merasa harus atau ketika tenggorokan terasa kering.

Akan lebih mudah untuk mengingat agar banyak minum ketika sumber airnya dekat. Triknya, begitu sampai di kantor pada pagi hari, langsung isi botol air besar hingga penuh dan taruh di atas meja. Selain itu, kamu bisa mengatur alarm ponsel per dua jam sekali (atau lebih sering) untuk mengingatkan kamu lebih banyak minum air putih.

Saat di kamar mandi, kamu juga bisa memperhatikan warna urinmu. Bila urin berwarna kuning pekat dan berbau pesing, ini tandanya kamu sudah kekurangan cairan. Kemudian, setiap selesai dari kamar mandi, ada baiknya kamu kembali meminum segelas air.

 

Featured Image - Hello Sehat


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!