Setiap orang pasti setuju kalau kesehatan merupakan harta yang tidak ternilai harganya. Apakah kamu juga sependapat dengan hal tersebut? Tak dapat dipungkiri, inilah salah satu alasan mengapa banyak sekali orang yang semakin gencar menerapkan gaya hidup sehat.

Dilansir dari Streetdirectory, ketika tubuh sehat dan bugar – maka, kamu dapat mengatasi tekanan hidup sehari-hari, bahkan mampu menjaga kesehatan fisik serta mental. Untuk memperolehnya, kamu mesti menerapkan hidup sehat, seperti pola makan tepat, olahraga teratur, dan berbagai kebiasaan sehat lainnya.

Jika telah menerapkan berbagai pola hidup yang baik, maka sudahkah kamu memiliki tubuh yang sehat? Setidaknya ada 6 ciri yang dapat kamu perhatikan, lho. Jika sudah punya sejumlah ciri berikut ini – maka, dapat dikatakan bahwa dirimu memiliki tubuh sehat.

Penasaran apa saja sejumlah ciri-ciri tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya sampai habis!

 

 

Usai Berolahraga, Detak Jantung Tetap Dalam Kondisi Baik

Credit Image - econsultancy.com

Ciri tubuh sehat yang pertama, yaitu terkait dengan detak jantung. Latihan fisik memang memiliki peran penting dalam menjaga kebugaran tubuh.  Lalu, salah satu ciri tubuh sehat pun melibatkan kesehatan jantung.

Menurut Aging, ada banyak tanda peringatan dari jantung yang tidak sehat dan dianggap sebagai ketidaknyamanan sederhana, atau masalah medis tidak serius. Untuk itu, cobalah perhatikan mengenai reaksi tubuh usai berolahraga.

Jika kamu memiliki tubuh sehat, maka detak jantungnya akan kembali normal. Sedangkan bagi orang yang mungkin sedang tidak dalam kondisi prima, bisa jadi akan merasa terengah-engah dan mencoba mengatur napas.

 

Tidak Punya Kelebihan Lemak di Perut Maupun Paha

Memang sih, memiliki kelebihan lemak di perut maupun paha membuat sebagian besar orang merasa tidak percaya diri. Namun lebih dari itu, ternyata hal tersebut pun termasuk indikasi – apakah seseorang sudah memiliki tubuh sehat.

Dilansir dari Insider, dijelaskan bahwa jika ingin memiliki tubuh sehat, maka dapat mengubah komposisi tubuh dengan menghilangkan lemak sambil mempertahankan otot. Pasalnya, ciri orang yang sehat dan bugar – punya kaitan erat dengan kelebihan lemak tubuh, lho.

Tidak adanya lapisan lemak di perut atau paha bisa menjadi indikator, bahwa tingkat kebugaran tubuhmu sudah lebih baik dibanding sebelumnya.

 

Tubuh Dapat Bergerak Dengan Baik Juga Menjadi Ciri Tubuh Sehat, Lho

Credit Image - halodoc.com

Ciri tubuh sehat selanjutnya, yaitu dapat bergerak secara baik. Dipaparkan oleh Fitday, menjaga berat badan sehat – diperlukan untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas hidup, baik secara fisik maupun emosional.

Jika tubuh dapat bergerak bebas tanpa adanya rasa sakit, maka dapat dikatakan ini merupakan indikasi bahwa kamu memiliki tubuh sehat. Perlu diketahui, tubuh sehat memiliki tulang dan otot yang mampu bekerja sama dengan baik dalam sistem gerak.

Masalahnya, jika serabut otot berkontraksi tidak dapat membuat kamu duduk, berdiri, berjalan atau berlari – berarti ada pergerakan yang tidak terkontrol.

 

Ketika Berolahraga, Dapat Berkeringat Lebih Awal

Tahukah kamu bahwa keringat merupakan hal penting untuk kesehatan? Ya, meskipun sebagian orang justru menghindari hal ini, tapi keringat punya peran yang baik, agar tubuh sehat pun dapat diperoleh, lho.

Diungkapkan oleh Healthline bahwa – keringat memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, seperti mengeliminasi bahan kimia, sekaligus membantu proses pembersihan bakteri. Selain itu, kamu juga wajib mengetahui kalau seseorang yang mampu berkeringat lebih awal ketika latihan fisik, artinya tubuh dalam keadaan sehat dan bugar.

Misalnya, berjalan – kemudian mulai berkeringat, itu bisa menjadi tanda bahwa tubuh kamu sudah terbiasa untuk berolahraga.

 

Memiliki Postur Tubuh yang Baik, Termasuk Saat Berolahraga

Credit Image - kumparan.com

Postur yang baik penting untuk lebih dari sekedar tampilan yang menarik, namun juga membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, lho. Dikutip dari Muscleandfitness, pada dasarnya postur tubuh mengacu pada kesejajaran dan pemosisian seluruh tubuh yang tidak ada struktur tertekan.

Jika kamu tidak memiliki masalah pada postur tubuh ketika berolahraga, termasuk saat melakukan latihan beban – bisa dikatakan kamu memiliki tubuh sehat dan bugar. Seperti halnya fleksibilitas, postur tubuh yang baik dapat menunjukkan bahwa otot inti dan otot kaki terbilang kuat.

 

Ingin Miliki Tubuh Sehat? Lakukan Hal Ini!

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memiliki tubuh sehat dapat diperoleh dengan menjalani sejumlah kebiasaan yang sehat. Adapun hal yang dianjurkan, seperti memiliki pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga — aktif bergerak bisa kurangi risiko infeksi virus, miliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, serta kelola stres dengan baik.

Selain itu, penuhi juga kebutuhan vitamin harian — terutama vitamin C yang berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Vitamin yang satu ini juga bisa didapat dengan rutin mengonsumsi suplemen multivitamin.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Dan, untuk yang memiliki aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan daya tahan tubuh.

Selain untuk mendukung imun tubuh, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active, dapat bantu optimalkan proses metabolisme. Sehingga, makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi untuk tubuh — yang tentunya dapat bertahan lebih lama.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai ciri-ciri tubuh yang sehat. Jadi, apakah kamu sudah memiliki sejumlah indikasi tersebut?

 

 

Featured Image - halodoc.com