Tak Hanya Pengaruhi Kekebalan Tubuh, Kurang Vitamin B12 Bisa Sebabkan Hal Ini!

Tak Hanya Pengaruhi Kekebalan Tubuh, Kurang Vitamin B12 Bisa Sebabkan Hal Ini!

Tak bisa dipungkiri, kebutuhan vitamin memang perlu dipenuhi setiap harinya. Ini meliputi Vitamin B Kompleks, termasuk Vitamin B12 – yang punya peran penting, seperti membantu dalam proses pembentukan energi, sekaligus menjaga kekebalan tubuh.

Selain itu, Vitamin B12 juga berfungsi dalam pembentukan sel darah merah, serta membantu memelihara kesehatan saraf, lho. Apakah kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin yang satu ini? Vitamin B12 dapat diperoleh dari beragam jenis makanan, atau dapat dipenuhi dengan mengonsumsi multivitamin.

Lantas, bagaimana kalau tubuh kekurangan Vitamin B12? Wah, bisa jadi kekebalan tubuh melemah, sekaligus kekurangan energi, lho. Kondisi ini biasanya rentan dialami oleh seseorang yang punya anemia berat – sehingga tubuh sulit menyerap Vitamin B12, penderita diabetes, atau seseorang yang memiliki penyakit – jadi, penyerapan usus pun ikut terpengaruhi.

Tak cuma itu saja, namun masih ada sejumlah gejala yang dapat ditimbulkan ketika kamu kekurangan Vitamin B12, lho! Apa saja ya?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

 

Kekebalan Tubuh Melemah, Jadi Tanda Utamanya

Tak Hanya Pengaruhi Kekebalan Tubuh, Kurang Vitamin B12 Bisa Sebabkan Hal Ini!

Credit Image - beritagar.id

Perlu diketahui, kekurangan Vitamin B12 dapat melemahkan kekebalan tubuh. Jadi, memenuhi kebutuhannya penting dilakukan, sehingga imunitas tetap dalam kondisi yang optimal ya. Di masa pandemi – menjaga daya tahan tetap maksimal, menjadi tugas utama setiap orang, lho.

Vitamin B12 dapat berperan untuk mempertahankan respons imunitas, terutama ketika sedang terserang infeksi virus, tak terkecuali virus corona – serta, bakteri dam kuman lainnya. Dalam kata lain, vitamin ini memang punya peran secara langsung dalam peningkatkan kekebalan tubuh.

 

Tubuh Mudah Lemas, Apakah Kamu Alaminya?

Jika beberapa waktu terakhir tubuh kamu mudah lemas, bisa jadi ini disebabkan oleh kekurangan asupan Vitamin B12! Manfaat vitamin ini cukup penting, yaitu membantu proses metabolisme, sekaligus memberikan energi tambahan untuk tubuh.

Energi merupakan poin penting, terutama bagimu yang memiliki aktivitas padat. Dengan bantuan Vitamin B12 – karbohidrat dapat diubah menjadi glukosa, sehingga mampu memberikan sumber energi bagi tubuh, yang tentunya membuatmu tak mudah lelah ya.

 

Kulit Berubah Menjadi Pucat, Wajib Diperhatikan!

Tak Hanya Pengaruhi Kekebalan Tubuh, Kurang Vitamin B12 Bisa Sebabkan Hal Ini!

Credit Image - journal.sociolla.com

Selain kekebalan tubuh yang melemah, kekurangan Vitamin B12 juga seringkali membuat kulit tampak pucat, terutama pada bagian kulit dan bagian matanya. Hal ini terjadi karena asupan vitamin B12 yang kurang menyebabkan penurunan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Kekurangan Vitamin B12 dapat menghambat produksi DNA – yang jika terganggu, tubuh tidak dapat membentuk sel darah merah dengan sempurna. Akibatnya, bentuk sel darah pun menjadi lonjong, besar, dan rapuh.

Sel darah merah yang tidak sempurna tentu tidak mampu membawa oksigen dengan jumlah yang seharusnya. Inilah yang akhirnya membuat kulit dan kelopak mata terlihat pucat. Kondisi tersebut juga dikenal sebagai anemia megaloblastik.

 

Tubuh Terasa Seperti Tertusuk Jarum

Wajib kamu ketahui bahwa defisiensi Vitamin B12, apalagi dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan saraf! Hal ini terjadi karena vitamin ini sangat diperlukan tubuh untuk menghasilan myelin – lemak yang menyelubungi sel saraf, sekaligus dapat memperlancar penghantaran sinyal.

Tanpa asupan Vitamin B12 Yyang cukup, tubuh tidak bisa membentuk myelin dengan sempurna. Sel saraf pun rentan mengalami kerusakan dan pengiriman sinyal menjadi terganggu. Dampaknya, muncul sensasi tertusuk jarum terutama pada tangan dan kaki.

 

Lalu, Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin B12?

Tak Hanya Pengaruhi Kekebalan Tubuh, Kurang Vitamin B12 Bisa Sebabkan Hal Ini!

Credit Image - kompas.com

Kebutuhan vitamin B12 dapat dipenuhi dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan, di antaranya:

  • Ikan, seperti salmon, sarden dan tuna.
  • Daging sapi.
  • Daging ayam.
  • Telur.
  • Berbagai produk olahan susu.
  • Seafood, seperti kepiting dan kerang.
  • Yogurt.

Tapi,  terkadang memenuhi kebutuhan vitamin B12 dari makanan saja belum tentu cukup lho. Apalagi, jika cara mengolah makanannya salah dan vitamin yang terkandung di dalamnya jadi rusak. Jadi, kamu bisa mengonsumsi multivitamin untuk bantu memenuhinya ya.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C baik dalam bentuk tablet – yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat memberikan perlindungan ekstra.

Selain dapat menjaga imun, kandungan Vitamin B Kompleks di dalam Enervon-C pun dapat membantu proses proses metabolisme tubuh sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi sumber energi bagi tubuh.

Dan, yang sudah pasti – dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon-C, asupan Vitamin B12 harianmu dapat terpenuhi, sehingga tubuh tetap memiliki energi ketika beraktivitas, dan kekebalan tubuh makin terjaga!

 

Jadi, sebelum kamu mengalami sejumlah gejala di atas, yuk penuhi kebutuhan sejumlah vitamin, termasuk Vitamin B12 – yang berperan besar dalam menjaga kekebalan tubuh dan mengoptimalkan fungsinya!

 

 

Featured Image - klikdokter.com

 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!