Moms, tahukah kamu bahwa gadget tak melulu membawa dampak negatif terhadap anak-anak? Meski demikian, bukan berarti penggunaannya dibebaskan begitu saja ya. Orangtua tetap harus mengawasi buah hatinya ketika sedang menggunakan barang elektronik tersebut.

Tak hanya itu, ragam aplikasi ponsel pun kini tak melulu berisi aplikasi permainan yang menyebabkan kecanduan, lho. Namun, ada juga aplikasi belajar yang dapat membantu Si Kecil dalam meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, serta keterampilannya.

Yang pasti, moms mesti mempertimbangkan ketika memilih aplikasi belajar yang tepat, terutama untuk anak prasekolah. Di antaranya, apakah kualitas aplikasi tersebut sudah bagus dan sesuai dengan usia anak? Mudahkah digunakan? Atau, apakah aplikasi belajar akan disukai Si Kecil?

Nah, kombinasi yang tepat mungkin dengan memilih aplikasi belajar – dengan menggabungkan sejumlah aspek, seperti kesenangan dengan pendidikan, sehingga proses belajar anak semakin maksimal. Lantas, aplikasi belajar apa ya yang direkomendasikan?

Yuk, simak ulasan lengkapnya sampai habis!

 

 

The Very Hungry Caterpillar: Dapat Dicoba, Moms

Credit Image - caterpillarplay.com

Aplikasi belajar yang pertama, yaitu The Very Hungry Caterpillar – yang merupakan aplikasi pop-up interaktif dengan menampilkan karakter dari buku yang berjudul sama. Aplikasi ini terdiri dari sejumlah permainan dan teka-teki, yang dapat membantu anak-anak kecil berlatih berhitung, menyortir, dan keterampilan mengingat.

Aplikasi belajar tersebut juga dapat membantu Si Kecil menemukan fakta tentang ulat bulu dan hewan lainnya, serta belajar tentang makan sehat. Yang menarik, The Very Hungry Caterpillar dilengkapi dengan ilustrasi yang cantik, sekaligus ada fitur berhadiah badges – buat anak yang berhasil memecahkan teka-teki. Dijamin, Si Kecil semakin semangat belajar sekaligus bermain!

 

Homer: Kids Learn To Read, Untuk Meningkatkan Minat Baca

Selanjutnya, ada pula aplikasi belajar interaktif Homer: Kids Learn To Read yang dapat meningkatkan keinginan Si Kecil untuk membaca, sekaligus membangun keterampilan kritis dengan rencana belajar baca yang disusun untuk kebutuhan personal.

Seperti diketahui, anak seringkali membaca mengenai hal yang ia sukai dahulu – kemudian, barulah anak mulai menyukai kegiatan membaca. Nah, aplikasi belajar ini telah mencakup ribuan pelajaran tentang fonik, kata-kata penglihatan, A-B-C, dan lainnya.

 

Ingin Mengenalkan Bentuk dan Warna? Unduh Aplikasi Busy Shapes & Colours Ya!

Credit Image - youtube.com/kidsgameTV

Apakah moms sedang ingin mengenalkan bentuk dan warna pada anak? Nah, aplikasi belajar yang ini merupakan pilihan yang tepat, lho. Busy Shapes & Colours – merupakan aplikasi yang melibatkan serangkaian teka-teki, serta mengharuskan anak untuk memindahkan bentuk ke lubang yang sesuai.

Tentu saja, hal tersebut mengharuskan anak untuk mengenali fitur-fitur seperti ukuran, bentuk dan warna objek, kan? Nantinya, semakin jauh Si Kecil naik level dalam aplikasi belajar ini, maka semakin sulit teka-teki yang harus dipecahkan.

Melalui aplikasi belajar Busy Shapes & Colours dapat memastikan bahwa anak menantang diri sendiri untuk maju melalui level dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang ragam bentuk dan warna.

 

Writing Wizard: Bisa Bantu Anak Belajar Menulis

Selanjutnya, bagi Si Kecil yang tengah belajar menulis, kamu bisa mengunduh aplikasi belajar Writing Wizard ya. Aplikasi yang satu ini dapat membantu anak belajar menulis surat dari L'Acapadou – yang dirancang untuk membantu anak-anak belajar cara melacak huruf dan angka.

Selain itu, aplikasi belajar ini juga mencakup berbagai penamaan huruf dan suara fonetik, lho. Dengan demikian, fitur tersebut dapat memungkinkan anak untuk belajar menulis dalam bentuk yang lebih kecil dan panjang.

 

Todo Math, Untuk Belajar Mengenai Angka

Credit Image - todomath.zendesk.com

Aplikasi belajar Todo Math dapat membantu Si Kecil belajar mengenai angka, seperti menghitung, menambah, mengurangi hingga angka 99, serta perkalian, lho. Selain itu, anak pun dapat  mempelajari korespondensi 1-ke-1, sekaligus berlatih menulis angka dengan benar.

Nah, aplikasi belajar ini merupakan aplikasi matematika yang sangat mudah digunakan kok, moms. Sebab, Todo Math dirancang secara khusus untuk membantu anak-anak dari semua kemampuan dalam berlatih matematika dengan menggunakan visual dan suara yang menarik, serta purposeful touch.

 

Wah, itulah kelima rekomendasi aplikasi belajar yang bisa kamu pilih untuk Si Kecil ya. Kalau moms, tertarik menggunakan aplikasi yang mana nih?

 

 

Featured Image - parade.com