Meningkatkan daya tahan tubuh memang dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menjaga, sekaligus meningkatkan imunitas – terutama ketika terserang virus?

Ya, dilansir dari Healthline, menurut studi yang dilakukan pada tahun 2003 silam, seorang ahli dari Carneige Mellon University, Pittsburgh, Amerika Serikat – sengaja memberikan virus flu pada 300 partisipan sehat. Hasilnya, partisipan yang tidak bahagia, bisa terserang flu tiga kali lebih besar, dibanding orang yang bahagia, lho!

Dari penelitian yang sama, partisipan yang lebih bahagia pun disebutkan cenderung memiliki respons antibodi dua kali lipat lebih kuat, dibanding yang sedang tidak bahagia. Jadi, dalam kata lain kelompok yang bahagia tersebut – punya daya tahan tubuh yang jauh lebih kuat, ya?

Dikutip dari Kompas, efek bahagia dapat memengaruhi imunitas tubuh – untuk sementara, ahli menyimpulkan bahwa hal ini terkait dengan aktivitas hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA). Respons di otak ini turut memengaruhi sistem kekebalan tubuh, hormon, kinerja pencernaan, sampai stres.

Tak hanya itu, ternyata para ahli juga menyimpulkan kalau orang yang bahagia cenderung mau aktif bergerak dan berperilaku sehat. Namun, ingatlah bahwa bahagia dalam upaya meningkatkan kekebaaln tubuh – jangan dilakukan secara asal-asalan!

Ingatlh bahwa praktik bahagia untuk kesehatan harus dilakukan sepenuh hati. Studi menyebutkan, orang yang berpura-pura bahagia selama dua minggu, justru bisa memperburuk suasana hati. Sebaliknya, saat pikiran bersungguh-sungguh bahagia dari hati dengan fokus pada pikiran dan kenangan yang menyenangkan, suasana hati dan produktivitas meningkat.

Nah, tidak membutuhkan hal yang repot kok – pikiran bahagia bisa diciptakan dari kebiasaan sehari-hari. Dengan menerapkan sejumlah tips ini, daya tahan tubuh pun bisa ikut meningkat.

Adapun hal yang direkomendasikan, yaitu:

 

 

Tidur Yang Cukup, Jadi Senjata Utamanya

Credit Image - klikdokter.com

Perlu diketahui, tidur yang cukup – alias tidak berlebihan, atau kurang tidur merupakan salah satu cara tepat untuk menjaga suasana hati agar tetap positif dan bahagia.

Orang yang susah tidur cenderung mengalami berbagai masalah kesehatan seperti kelebihan berat badan, ganguan suasana hati, sampai imun yang melemah. Jadi, pastikan kamu sudah disiplin dalam menerapkan waktu tidur ya.

 

Melatih Kecerdasan Emosional Juga Penting Dilakukan

Orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi biasanya percaya diri, punya rencana yang jelas dan berkomitmen menjalankannya, adaptif, dan tidak kaku. Nah, orang seperti ini – umumnya lebih mudah menghadapi stres dan gampang bangkit dari keterpurukan.

Kecerdasan emosional ini bisa dilatih dengan belajar kemampuan sosial, empati, motivasi, menghargai diri sendiri, dan disiplin pada diri sendiri. Kamu juga perlu mengenali diri sendiri. Kenali apa kelebihan diri. Serta paham menganalisis kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas diri.

 

Tidak Khawatir Berlebihan Pun Penting, Lho!

Credit Image - guesehat.com

Perlu diketahui, kebahagiaan bisa kamu peroleh ketika tidak khawatir berlebihan, atau punya kebiasaan overthinking. Sebab, hal ini justru dapat menurunkan imunitas tubuh, sehingga lebih mudah terserang penyakit.

Ingatlah bahwa setiap hal tidak harus selalu dikhawatirkan. Bentuk cemas tersebut biasanya berisi skenario terburuk dari suatu keadaan yang belum tentu menjadi kenyataan. Coba pahami apa yang terjadi saat ini agar pikiran tidak jadi khawatir berlebihan. Dengan begitu, kamu jadi punya ruang untuk berbahagia.

 

Jangan Lupa, Konsumsi Multivitamin Untuk Lengkapi Hidup Sehatmu Ya

Menerapkan kebiasaan hidup sehat juga meliputi memenuhi kebutuhan vitamin harian, lho. Ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap – yang tentunya dapat bantu menjaga daya tahan tubuh.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh!

Untuk yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

 

Nah, itulah keempat kebiasaan baik – yang juga dapat membantumu memperoleh kebahagiaan. Jadi, apakah kamu sudah menerapkan tips tersebut?

 

 

Featured Image - idntimes.com

Source - kompas.com