1.. Tidak Menyantap Makanan Tertentu

Jika terkena gejala diabetes, ada baiknya kamu mulai memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, beberapa makanan diketahui bisa menaikkan kadar gula dalam darah secara instan. Oleh sebab itu, bijaklah memilih makanan agar keadaan tubuh kamu tidak semakin buruk.

Penderita diabetes perlu menghindari makanan seperti biskuit, jeroan, tepung, permen, daging berlemak, dan buah kering. Sementara itu, jenis buah yang patut dijauhi penderita diabetes adalah nangka, manggis, durian, dan anggur. Kamu juga dianjurkan berhenti mengonsumsi minuman bersoda untuk meminimalisir masalah kesehatan.

2. Berolahraga agar Berat Badan Terjaga dengan Baik

Para penderita diabetes perlu berolahraga agar kondisi tubuh tetap bugar. Jangan paksakan diri menjalani latihan olahraga berat bila kondisi tubuh tak mendukung. Kamu sendiri cukup melakukan olahraga ringan secara konsisten untuk menjaga daya tahan fisik.

Contoh olahraga ringan yang mudah dan aman dijajal penderita diabetes adalah memperbanyak jalan kaki atau bersepeda secara rutin. Jangan lupa juga mengganti pola makan menjadi lebih sehat dan berserat. Hal ini dimaksudkan agar kamu dapat menurunkan tingkat kalori dan gula di dalam tubuh.

3. Menyantap Makanan Berkabohidrat Baik

Kamu perlu cermat memilih asupan karbohidrat jika sudah terkena gejala diabetes. Mulailah mengonsumsi sumber karbohidrat yang memberi dampak baik terhadap kesehatan. Penderita diabetes bisa menyantap makanan dengan jenis karbohidrat baik seperti beras hitam, jagung, talas, beras merah organik, kentang, dan ubi.

4. Memakan Obat Herbal yang Berizin

Kadar gula dalam tubuh dapat diturunkan dengan mengonsumsi beragam obat herbal. Contohnya seperti temulawak, kunyit, sambiloto, dan mengkudu. Pastikan kamu memilih obat herbal yang sudah dilabeli sertifikat halal MUI serta izin BPOM.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih dan Makanan berserat

Salah satu cara efektif untuk menjaga keseimbangan gula darah adalah meminum air putih. Air putih diyakini mampu memudahkan ginjal dalam mengeluarkan kadar gula darah yang terlalu banyak lewat urin. Bukan cuma air putih, makanan berserat juga mampu menurunkan kadar gula darah.

Penderita diabetes juga bisa menghambat penyerapan gula ke dalam tubuh lewat makanan berserat. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi risiko bertambahnya gula darah dan meningkatkan kontrol gula darah. Jika sempat, penderita diabetes juga bisa minum air putih disertai dengan infused water segar.

Source

Feature Image - nypost.com